Kamu tentu setuju bahwa deretan tempat wisata ikonik di Bali seperti Pantai Kuta telah menyita banyak wisatawan dari berbagai daerah bahkan luar negeri. Bisa jadi kamu adalah salah satu yang pernah ke sana. Namun tahukah kamu bahwa Bali memiliki perkembangan yang sangat pesat dalam hal membuka tempat wisata baru? Mulai dari wisata alam yang masih murni dan tersembunyi hingga yang berkonsep edukasi yang cocok untuk semua usia bisa kamu temukan di sini. Untuk memudahkan kamu menemukannya, di bawah ini kami pilihkan beberapa destinasi wisata di Bali terbaru yang hits di kalangan wisatawan.

Destinasi Wisata di Bali: Terbaru dan Hits 2023

1. Air Terjun Gembleng

Rasakan segarnya mandi di bawah air terjun yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Bahkan terdapat tiga kolam alami dari batu yang akan membuat pengunjung seakan-akan berendam di kolam alam milik pribadi. Tentu saja pemandangan dari atas air terjun sangat memukau siapa pun yang menghabiskan waktu di sini.

2. Pinggan Sunrise View

Sumber: Google oleh Monika Kubickova

Menjadi salah satu lokasi yang terpencil, Desa Pinggan menawarkan spot di dataran tinggi yang memungkinkan kamu menikmati Gunung Batur dari kejauhan. Nikmati suasana tenang dan udara yang bersih sambil menyaksikan keindahan langit saat matahari terbit dan matahari terbenam.

3. Pura Lempuyang Luhur

Sumber: Google oleh Urban

Spot foto paling menakjubkan di Bali khususnya pada waktu senja tentu saja Pura Lempuyang Luhur di puncak Gunung Lempuyang. Saat cuaca cerah, kamu bisa berfoto di depan gapura Candi Bentar dengan latar belakang Gunung Agung, Pantai Amed, dan lautan awan yang cantik.

4. Bali Safari & Marine Park (BSMP)

Sumber: Google oleh Tourist Attraction

Dibuka kembali pada tahun 2020, Bali Safari & Marine Park menjadi rumah bagi lebih dari 60 spesies fauna liar. Kamu dapat berkeliling dan berinteraksi dari dekat dengan para satwa melalui mobil khusus, baik pagi atau malam hari (Night Safari). Jangan lupa juga menyaksikan pertunjukan Tari Api pada malam hari untuk melengkapi pengalaman liburan selama di Bali.

5. Tirta Empul

Sumber: Google oleh Rajendra Chaudhary

Tirta Empul berarti mata air suci dalam Bahasa Bali dan sudah menjadi tempat melukat (pembersihan diri) sejak dulu. Aktivitas mandi sesuai adat budaya Bali menjadi salah satu cara untuk menikmati destinasi yang satu ini. Selain membersihkan raga, mandi di salah satu kolam di sini dipercaya mampu menyucikan diri dari roh jahat dan membawa keberuntungan.

6. Taman Edelweis Bali

Sumber: Google oleh Yulius Paga

Satu lagi destinasi sejuk di Bali dengan pemandangan dataran tinggi yang cantik, yaitu di Taman Edelweis Bali. Sesuai namanya, kamu akan menemukan hamparan bunga edelweis dan spot foto instagramable. Untuk mendapatkan pemandangan mekarnya edelweiss, datanglah saat hari cerah setelah musim hujan sekitar bulan April hingga September.

7. Pakerisan River Tubing

Sumber: res.klook.com

Untuk kamu yang tidak berani melakukan arung jeram, river tubing adalah alternatif yang harus dicoba terutama di Pakerisan River Tubing. Dengan durasi 1,5 jam, kamu akan diajak mengarungi Sungai Pakerisan sejauh 4,5 km. Nikmati suasana alam yang bersih dan murni lebih dekat. Bahkan kamu bisa mengajak anak-anak untuk aktivitas seru ini.

Masih banyak lagi destinasi wisata Bali yang tak boleh dilewatkan. Daftar di atas merupakan tempat wisata yang baru buka beberapa tahun lalu namun sudah mulai populer menjadi tujuan wisata. Beberapa rekomendasi lain yang juga menarik dikunjungi adalah Gili Putih Sumberkima, Water Slide Lemukih, Nusa Lembongan, Nusa Penida, hingga Nusa Ceningan.

Tips Sehat Menjelajahi Bali

Hampir semua destinasi wisata di Bali tersebut merupakan wisata alam. Jadi kesehatan fisik dan stamina adalah kunci penjelajahan yang optimal. Cuaca dan suhu di Bali rata-rata adalah cerah dan cenderung panas. Seperti tempat lainnya, dataran tinggi di Bali juga memiliki suhu yang lebih rendah. Sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tips sehat menjelajahi Bali di bawah ini.

1. Lengkapi Barang Bawaan

Tips pertama adalah dengan memastikan kamu membawa barang bawaan pribadi dengan lengkap. Mulai dari alat kebersihan seperti sabun cuci tangan, hand sanitizer, tisu basah antiseptik, dan sebagainya. Hingga barang yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari langsung. Termasuk botol minum pribadi, losion anti nyamuk, serta obat-obatan pribadi. Meski terkesan ribet, namun setiap barang memiliki manfaat untuk mencegah tubuh terserang penyakit.

2. Bijak Memilih Menu Makan

Kemudian perhatikan menu makan kamu dari sarapan hingga makan malam. Karena liburan identik dengan wisata kuliner, usahakan untuk mengurangi atau menghindari makanan yang tidak sehat. Pilih makanan yang menggunakan bahan segar dengan pengolahan yang tidak berlebihan. Restoran atau warung yang dikelola oleh warga lokal biasanya menerapkan teknik pengolahan tradisional dan lebih sehat.

3. Jaga Waktu Istirahat

Meskipun keinginan untuk menjelajahi berbagai tempat wisata sangat tinggi, tentu saja istirahat yang cukup tetap harus diperhatikan. Pastikan kamu memiliki jam tidur berkualitas minimal 7-8 jam per hari.

Dukung Kesehatan Tubuh Bersama Enervon

Menyambung pada tips di atas, mengonsumsi suplemen penambah stamina juga bisa menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh selama liburan. Selain memenuhi kebutuhan zat gizi harian, mengonsumsi tambahan makanan ini juga akan membantu menjaga daya tahan tubuh.

Enervon sebagai salah satu penyedia suplemen terpercaya di Indonesia memberikan kamu dan keluarga pilihan produk yang lengkap. Enervon-C Effervescent akan menjaga imun tubuh keluarga, baik anak-anak maupun dewasa. Dapatkan semua produk tersebut dari satu tempat sekaligus di toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Google oleh F. Bader