Momen liburan akhir tahun menjadi salah satu agenda yang pastinya kamu tunggu-tunggu. Nah, jika kamu saat ini masih bingung dalam memutuskan tempat mana yang ingin kamu kunjungi, pertimbangkan untuk mengisi liburan kali ini dengan mengunjungi destinasi wisata yang ada di tanah air. Banyak tempat wisata di Indonesia yang pastinya tak kalah menarik dengan yang ada di mancanegara. Berikut ini beberapa list destinasi wisata yang bisa kamu tuju untuk menghabiskan waktu akhir tahun kali ini.

Tempat Liburan Akhir Tahun

1. Bali

Bali adalah destinasi wisata terpopuler yang ada di tanah air. Tak hanya jadi favorit wisatawan domestik saja, tapi juga turis asing. Bahkan, banyak warga negara asing yang susah move on dari pulau eksotis yang satu ini lho!

Hampir semua sudut di Bali menyimpan objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Tak hanya jejeran pantai dan wisata alam lainnya yang memukau, kamu juga bisa mengunjungi situs sejarah, pura, desa wisata, cagar alam, villa, beach club, resort and spa, serta lain-lainnya.

Bagi kamu yang sedang mencari spot untuk merayakan pergantian malam tahun baru di Bali, beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu datangi yaitu Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Kawasan Seminyak, Canggu, Uluwatu, dan Garuda Wisnu Kencana.
 

2. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah kawasan di Nusa Tenggara Timur yang saat ini sedang naik daun. Pasalnya, keindahan alam yang ditawarkannya memang tiada duanya. Di sini, kamu bisa mengunjungi gugusan pulau yang dikelilingi oleh lautan jernih serta pemandangan yang menakjubkan. 

Berbagai spot wisata unggulan yang bisa kamu kunjungi saat datang ke Labuan Bajo di antaranya adalah Pulau Padar, Pulau Kelor, Taman Nasional Komodo, Pulau Rinca, Bukit Cinta, Air Terjun Cunca Wulang, dan lain-lain.

 

 

3. Lombok

Buat kamu yang bosan dengan suasana crowded di Bali, maka bisa beralih ke Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat. Menariknya, pantai-pantai yang ada di sini tak kalah elok dengan yang ada di Bali lho! Bahkan lebih asri dan tenang, jadi sangat cocok buat kamu yang tidak terlalu suka dengan keramaian.

Nah, beberapa spot wisata yang wajib masuk ke daftar itinerary selama di Lombok antara lain Pantai Seger Kuta, Taman Wisata Pusuk Sembalun, Rumah Pohon Gangga, Bukit Selong, Pantai Tanjung Aan, Pantai Selong Belanak, Gunung Rinjani, Pantai Tangsi, Pantai Senggigi, Bukit Pergasingan, dan Dusun Sade.

 

4. Yogyakarta

Destinasi wisata berikutnya yang tak kalah menarik untuk disambangi adalah Yogyakarta. Sebagai kota budaya, kamu bisa menemukan banyak situs sejarah dan tempat-tempat peninggalan leluhur dengan sejuta kisah di dalamnya seperti Keraton Yogyakarta, Kompleks Tamansari, Kotagede, Situs Warungboto, dan lain-lain.

Nah, beberapa spot unggulan yang selalu ramai dibanjiri oleh wisatawan saat liburan akhir tahun adalah Malioboro, Kawasan Tugu Pal Jogja, Pantai Parangtritis, Bukit Bintang, Kawasan Kaliurang, Tebing Breksi, Candi Prambanan, dan pantai-pantai di Gunungkidul. 

 

 

5. Magelang

Tak jauh dari Yogyakarta, kamu juga bisa singgah ke kota Magelang. Meski tergolong kota kecil, ada banyak spot wisata menarik yang bisa kamu eksplor selama berada di sini. Memang, kota Magelang populer dengan objek wisata Candi Borobudur yang sudah mendunia, tapi masih ada tempat-tempat indah lainnya yang tidak boleh untuk kamu lewatkan.

Jika kamu berencana untuk mampir ke kota Magelang, yuk kunjungi Desa Sukomakmur, Nepal van Java, Silancur Highland, Desa Mangli, Hutan Pinus Kragilan, Punthuk Setumbu, dan lain-lain.

 

6. Wonosobo

Jika ingin menghabiskan liburan akhir tahun di kawasan pegunungan, maka Wonosobo jadi pilihan yang tepat. Jangan salah, di sini kamu bisa menyaksikan banyak pemandangan alam yang sangat menyegarkan mata dan menenangkan jiwa. Mau tahu, rekomendasi tempat wisata mana saja yang jadi favorit para pelancong?

Pilihannya antara lain Dieng, Telaga Warna, Gunung Sikunir, Kebun Teh Tambi, Telaga Bedakah, Gunung Cilik, Gunung Sindoro, dan lain-lain.

 

 

7. Bandung

Bandung juga jadi pilihan liburan akhir tahun yang tak kalah seru lho. Kota yang dijuluki Paris van Java ini memiliki segudang objek wisata yang tak ada habisnya, mulai dari wisata alam, wisata belanja, kuliner, dan rekreasi.

Selain Tangkuban Perahu, beberapa tempat di Bandung yang wajib kamu sambangi yaitu Kawah Putih, Ranca Upas, Floating Market Lembang, Lodge Maribaya, Orchid Forest Cikole, Kawasan Dago, Braga, Saung Angklung Udjo, dan lain-lain.

 

8. Jakarta

Kota metropolitan sekaligus ibu kota dari Indonesia ini juga punya banyak tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Jakarta tidak hanya punya Monas saja lho, tapi masih ada banyak tempat wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi saat liburan akhir tahun.

Kira-kira spot wisata mana saja ya yang wajib masuk daftar itinerary kamu? Beberapa opsi tempat wisata yang wajib kamu catat di antaranya adalah kawasan wisata Kota Tua, TMII, Ancol, Pantai Indah Kapuk, Pulau Seribu, dan lain-lain.

 

 

Supaya badan selalu sehat dan fit selama liburan akhir tahun, kamu harus melakukan persiapan fisik seperti menjaga pola makan sehat, banyak minum air putih, rajin mencuci tangan, dan juga mengonsumsi multivitamin.

Rekomendasi multivitamin terbaik yang bisa kamu pilih untuk menemani hari-hari selama berlibur adalah Enervon-C Effervescent. Hadir dalam bentuk tablet larut air, multivitamin yang satu ini tak hanya menyehatkan tapi juga menyegarkan.

Dalam setiap tablet Enervon-C Effervescent terkandung vitamin C yang bantu meningkatkan sistem imun, serta vitamin B-Kompleks yang berperan dalam pembentukan energi. Namun, tak hanya itu saja, kamu juga bisa menemukan produk vitamin lain dari Enervon yang bisa dipilih sesuai kebutuhan seperti Enervon Gold.


Yuk segera dapatkan produk-produk Enervon di atas secara online sekarang juga melalui tautan Shopee dan Tokopedia berikut ya!