Liburan akhir tahun sudah semakin dekat. Sebagai momen yang hanya datang setahun sekali saja, tentu kamu ingin liburan akhir tahun ini berjalan lancar tanpa ada hambatan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempersiapkan berbagai hal sebelum pergi berlibur.

Berikut ini 5 tips yang bisa kamu lakukan agar liburan akhir tahunmu jadi menyenangkan.

1. Pilih jadwal liburan

Credit: atcsagacity.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan jadwal. Pastikan kapan dan berapa lama waktu liburanmu nanti. Karena, kamu perlu menentukan jumlah hari cuti yang harus diajukan di tempatmu bekerja.

Menentukan jadwal liburan bisa membantumu menyiapkan keperluan dengan baik. Kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan budget, memilih destinasi, dan memesan transportasi dan akomodasi. Dengan begitu, liburan akan berjalan sesuai rencana.

2. Persiapkan dana liburanmu dengan matang

Credit: nationaldebtrelief.com

Kamu harus menyiapkan dana untuk kebutuhan primer seperti transportasi, penginapan, dan biaya makan disana. Kemudian, siapkan kebutuhan tersier liburan seperti tiket masuk tempat wisata dan oleh- oleh. Biasanya, kebutuhan tersier inilah yang kurang terencana dengan baik, sehingga sering memakan banyak budget liburan.

3. Tentukan destinasi liburan

Credit: tui.co.uk

Nah sekarang saatnya tentukan destinasi mana yang ingin dikunjungi. Kamu bisa mulai bertanya pada diri sendiri, dimana kamu ingin menghabiskan libur akhir tahun? Apakah pantai, gunung, atau hanya sekedar keliling kota.

Jika sudah ditentukan, kamu bisa mengalokasikan budget yang tepat untuk liburan. Jangan sampai memilih destinasi yang tidak sesuai kantong, sehingga kamu harus sangat berhemat dan tidak bisa menikmati liburanmu.

4. Siapkan kebutuhan transportasi, akomodasi, dan hiburan

Credit: esterre.com

Pastikan kamu sudah menyiapkan dan memesan kebutuhan transportasi, akomodasi, dan hiburan jauh sebelum waktu keberangkatanmu. Dengan begitu, saat sudah sampai kota atau negara tujuan, kamu tidak lagi kerepotan untuk mengurusi hal- hal ini.

5. Jaga kesehatan

Credit: mountainviewcarecenteraz.com

Tidak ada liburan yang menyenangkan jika dijalani saat sedang sakit. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama liburan. Kamu bisa meminum air putih dengan cukup untuk menjaga hidrasi dalam tubuh. selain itu, lakukanlah olahraga ringan seperti jogging secara rutin.

Jangan lupa untuk menjaga pola makan dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah. Atau kamu juga bisa meninum vitamin C dari Enervon yang bisa membantu tubuhmu tetap sehat dan bugar. Hal- hal sederhana ini tentu dapat membantu kamu untuk menjaga stamina selama liburan tahun baru.

 

Itulah 5 tips untuk mempersiapkan liburan akhir tahun yang bisa kamu terapkan. Agar lebih maksimal, siapkan semua hal dari jauh- jauh hari. Sehingga, saat mendekati hari H kamu tidak lagi kerepotan mengurusi semua kebutuhan liburanmu.

 

 

 

Featured Image - oxleytravel.com.au