Setiap orang pasti membutuhkan liburan, termasuk ibu yang mungkin baru saja melahirkan. Perubahan suasana sekaligus kesempatan untuk refreshing sangat bermanfaat untukmu dan juga si kecil. Namun, travelling bersama bayi seringkali membuat kamu menjadi bingung dan khawatir.

Tapi, tenang saja! Berikut ini tips travelling dengan bayi yang dapat membantumu mempersiapkan segala sesuatunya untuk menjamin perjalananmu jadi nyaman dan aman!

Ikuti waktu berangkat dan pulang dengan kemauan bayi

Credit: travelstart.co.za

Saat sedang membeli tiket akomodasi atau merencanakan perjalanan, carilah waktu berpergian yang bersahabat dengan bayi. Hindari berangkat terlalu malam atau diri hari. Selain bisa mengganggu rutinitas bayi, waktu perjalanan ini juga bisa membuatmu repot.

Selain waktu berpergian yang tepat, carilah tempat penginapan yang cocok dan nyaman untuk si kecil. Dan selama jalan- jalan di kota tujuan, kamu wajib menyiapkan sat utas kecil yang bisa dibawa kemana pun dan bisa masuk semua barang- barang bayi yang kamu butuhkan saat perjalanan, seperti makanan bayi, mainan, botol susu, termos, baju ganti, popok cadnagan, kain lap, dan lain sebagainya.

Apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan dengan bayi?

Credit: momjunction.com

Selama kamu mempersiapkannya dengan baik, travelling dengan bayi bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Saat packing barang yang perlu dibawa, buatlah daftar barang dan perlengkapan apa saja yang kira- kira akan dibutuhkan oleh si kecil saat perjalanan nanti. Dan apa saja yang perlu kamu bawa, tentu tergantung dari usia bayi kamu.

Mulailah dengan menyesuaikan kebutuhan travelling bayi seperti yang biasanya kamu siapkan di rumah. Misalnya, baju ganti dan popok serta perlengkapan mandi. Pastikan bahan dan jenis baju bayi yang kamu bawa sesuai dengan iklim dan cuaca di kota atau negara tujuan. Pakaian bayi harus bisa menjaga panas di saat ia berada di lokasi yang dingin, dan mengeluarkan panas ketika ia berada di tempat dengan cuaca panas.

Kemudian, sesuaikan jumlah pakaian gantinya dengan destinasi tujuanmu dan berapa lama kamu akan berlibur disana. Umumnya, bayi harus memakai satu lapisan tambahan pakaian lebih dari yang kamu pakai. Misalnya, kamu hanya menggunakan kaos oblong, maka pakaikan anakmu kaos oblong dan jaket tipis.

Saat berpergian, bawalah selendang yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan privasi saat harus menyusui di luar ruangan. Bagi ibu yang sudah menyiapkan ASI perah atau susu formula selama liburan, jangan lupa untuk membawa cadangan yang diperlukan, misalnya pompa cadangan, susu bubuk ekstra, botol dan dot bersih, termos, ASI beku, serta  alat sterilisasi untuk menghangatkan ASI yang sudah diperah.

Camilan untuk si kecil pun jangan sampai terlupa untuk dibawa. Kamu bisa membawa bubuk bubur, roti, biscuit bayi ataupun buah- buahan untuk si kecil. Selain itu, bawalah celemek bayi dan kantong plastik untuk membungkus peralatan makan bayi yang kotor. Dan agar lebih ringkas, cobalah kemas makanan bayi dalam toples atau tempat makan kecil.

Buatlah si kecil tetap merasakan suasana rumah meski sedang berpergian jauh sehingga ia bisa tetap tenang dan tidak rewel. Selain hal- hal diatas, kamu bisa membawa mainan anak atau menyetel lagi anak- anak yang ia sukai sepanjang perjalanan, agar si kecil tetap terhibur.

 

 

 

Featured Image - medibank.com.au