Pada kebanyakan sektor di dunia kerja, public speaking adalah salah satu keterampilan (hard skill) yang sangat dibutuhkan. Seseorang dengan public speaking yang baik mampu menyampaikan ide, gagasan, dan pesan secara efektif kepada audiens. Sering juga disebut sebagai seni berkomunikasi secara lisan, kemampuan ini tidak hanya dibutuhkan saat presentasi atau rapat saja. Namun lebih daripada itu, membuat audiens memahami maksud pembicara dan menyetujui apa yang disampaikan adalah level yang membutuhkan banyak latihan. Belajar public speaking bukan hal yang sulit dan manfaatnya sangat luas bagi produktivitas pekerja. Mari memahami pentingnya mengembangkan kemampuan berbicara dan tips mudah memulainya.

Pentingnya Kemampuan Public Speaking di Dunia Kerja

Hal pertama yang perlu dipahami adalah kemampuan public speaking dasar setidaknya harus dimiliki oleh pekerja di bagian mana pun ia ditempatkan untuk meningkatkan efektivitas komunikasi antar tim kerja. Artinya, jangan menganggap public speaking hanya penting bagi tim pemasaran atau pelayanan konsumen saja. Secara singkat, inilah daftar pentingnya memiliki kemampuan berbicara di depan publik di dunia kerja.

  • Meningkatkan keterampilan komunikasi oral
  • Meningkatkan rasa percaya diri, baik saat menyampaikan saran maupun saat bertemu dengan klien dan investor
  • Menguatkan kemampuan analisis dan berpikir kritis
  • Mendukung kemampuan menulis laporan, email, hasil penelitian, dan lain-lain
  • Menjadi perwakilan perusahaan yang baik bagi pihak luar
  • Memudahkan pekerja memperluas jaringan kerja
  • Mengembangkan jiwa kepemimpinan
  • Memengaruhi orang lain untuk sependapat dengan pembicara dan melakukan perubahan
  • Membantu melatih kemampuan mendengar lawan bicara
  • Menjadi salah satu indikator peningkatan karier di tempat kerja

Tips Belajar Public Speaking

1. Teknik Pernapasan dan Latihan Vokal

Gugup dan panik adalah penyebab dari sulitnya bernapas dan hal ini akan memengaruhi suara saat berbicara. Ketidakstabilan suara bisa kurang menjangkau audiens di bagian belakang. Salah satu teknik pernapasan yang bisa dicoba adalah dengan menarik napas dari hidung dalam 4 hitungan lalu hembuskan melalui mulut perlahan. Lakukan cara ini hingga bahu, tangan, dan kaki rileks.

Kemudian lanjutkan dengan latihan vokal sederhana seperti membuat gerakan membuka dan menutup mulut sambil membuat suara a, i, u, e, o, menirukan suara motor “brrr”, hingga menirukan suara sirene dengan volume yang bervariasi.

2. Trik Kontak Mata

Kontak mata dengan audiens adalah cara sederhana namun memberikan efek personal kepada pendengar secara individu. Membangun hubungan dengan audiens akan menarik minat mereka terhadap apa yang kamu bicarakan. Triknya adalah dengan menatap mata satu orang selama masing 3-5 detik pada sisi kanan, kiri, depan, dan belakang sehingga efeknya dapat menyeluruh meski kamu tidak kontak mata satu per satu dengan audiens.

3. Intonasi dan Nada Bicara

Intonasi dan nada bicara yang sesuai akan memudahkan tersampaikannya maksud kamu dan makna dari setiap kata. Nada tinggi saat kamu bersemangat akan membuat audiens paham bahwa kamu sedang senang, serta ekspresi lainnya. Semakin baik kamu memanfaatkan intonasi dan nada bicara maka semakin fleksibel pula dalam menyampaikan pesan.

4. Tidak Terlalu Cepat Bicara

Kata dan kalimat yang diucapkan dengan cepat, misal saat gugup, akan membuat maknanya menjadi kabur dan sulit ditangkap oleh telinga audiens. Untuk mengetahui tingkat kecepatan yang paling sesuai adalah mencoba merekam suara kamu saat mengucapkan kalimat dalam satu menit dengan kecepatan yang berbeda-beda. Hati-hati, berbicara terlalu lambat juga akan secara tidak langsung memisahkan audiens dari materi yang kamu bawa.

5. Artikulasi Kata yang Jelas

Selain kecepatan, artikulasi yang jelas juga perlu diperhatikan. Jangan sampai lawan bicara atau audiens harus meminta kamu mengulangi kalimat karena kata yang kamu ucapkan tidak terdengar dengan jelas. Gunakan bibir, gigi, dan lidah untuk membuat bunyi kata yang rapi. Bedakan kata yang hampir mirip bunyinya dengan pelafalan yang tepat. Kumpulan kalimat pembelit lidah (tongue twister) bisa menjadi cara efektif dan menyenangkan untuk berlatih.

6. Postur dan Gerakan Tubuh

Manfaatkan cermin di kamar untuk memastikan postur tubuh kamu tidak kaku atau terkesan canggung. Gerakan tubuh khusus saat berbicara di depan umum adalah bagian dari komunikasi efektif. Mulai dari cara berdiri yang memberikan kesan percaya diri, bahu rileks, tangan yang tidak banyak bergerak, kepala tegak, dan lain sebagainya.

7. Buat Catatan untuk Membantu Mengingat Ide Pokok

Agar kamu tidak lupa dengan poin-poin yang harus disampaikan, buatlah catatan kecil khusus untuk dirimu sendiri di buku atau note yang mudah dijangkau. Bahkan jika perlu, buat juga daftar kemungkinan pertanyaan yang muncul dari audiens beserta jawabannya. Termasuk menyikapi pertanyaan yang belum kamu ketahui jawabannya.

8. Jangan Menunggu Ada Acara Penting

Belajar public speaking akan lebih efektif dan optimal hasilnya jika dilakukan sedikit demi sedikit namun konsisten dalam jangka panjang. Jadi jangan menunggu ditunjuk atasan atau saat acara penting akan dilaksanakan baru berlatih ya.

Jaga Produktivitas dengan Tubuh yang Sehat

Belajar public speaking bukan soal berapa lama kamu melakukannya, namun seberapa banyak hal yang didapatkan selama mempraktikkan seni komunikasi ini. Melihat besarnya manfaat bagi perjalanan karier di dunia kerja akan menyadarkan kembali bahwa kemampuan ini bahkan akan bermanfaat pada situasi atau kondisi yang tidak terduga di luar lingkungan profesionalitas.

Untuk mendukung kamu memulai pembelajaran mandiri, tubuh yang terjaga kesehatannya adalah kunci yang tak boleh diremehkan. Jangan sampai tubuh yang lelah setelah kuliah atau bekerja membuat kamu malas memulai belajar public speaking. Enervon Active hadir untuk membantu menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Suplemen dengan bahan yang aman bagi lambung ini mengandung multivitamin dan mineral yang diformulasikan khusus bagi kamu yang aktif berkegiatan. Dapatkan produknya dengan mudah melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.