Liburan bersama keluarga, baik keluarga besar maupun keluarga inti, bisa diisi dengan berbagai kegiatan lho. Mulai dari road trip, penjelajahan tempat wisata baru, hingga menikmati waktu bersama di tengah alam terbuka adalah segelintir aktivitas seru yang bisa dipilih. Jika kalian merencanakan untuk menghirup udara segar dan menikmati pemandangan alam yang asri, Bogor adalah kota dengan deretan wisata alam yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Di bawah ini adalah daftar tempat wisata alam Bogor yang harus masuk dalam itinerari keluarga kalian, selain Taman Safari Indonesia dan Kebun Raya Bogor. Simak juga tips sehat saat liburan bareng pada akhir rekomendasi.

Wisata Alam Bogor yang Cocok bagi Keluarga

1. Kebun Raya Cibodas

Sumber: kebunraya.id

Menjadi tempat wisata alam sekaligus edukasi, Kebun Raya Cibodas menawarkan koleksi beragam jenis tanaman hingga ribuan spesies. Berlokasi di dataran tinggi Bogor membuat destinasi ini memiliki udara yang bersih dan suhu yang sejuk. Beberapa wahana yang harus dijelajahi di sana adalah Taman Sakura, Taman Rhododendron, Rumah Kaca, Taman Lumut, Air Terjun Cibogo, dan Air Terjun Ciismun.

2. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Suka suasana hutan dengan pohon yang menjulang tinggi? Datanglah ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Selain menjadi bumi perkemahan, objek wisata ini juga menawarkan beberapa spot lain yang tak kalah keren dijelajahi. Di antaranya adalah Hutan Hujan Sentul, Gua Agung Garunggang, hingga pemandian air panas. Tidak hanya jalan kaki, kalian juga bisa mengelilingi area ini dengan bersepeda di jalur khusus.

3. Wana Wisata Rusa Jaya

Sumber: tempatwisata.pro

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan penangkaran untuk tiga jenis rusa yaitu Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan Rusa Bawean. Tidak hanya melihat langsung habitat mereka, pengunjung termasuk anak-anak juga bisa memberi makan dan menyentuh rusa. Karena cuacanya yang sejuk, berkemah dan outbound menjadi aktivitas yang bisa dicoba.

4. Suaka Elang Loji

Sumber: ksmtour.com

Satu lagi tempat wisata alam edukasi berbasis konservasi fauna di Bogor, yaitu Suaka Elang Loji. Selain spot berkemah di hutan pinus yang luas, kalian bisa melihat langsung kandang elang beserta penghuninya di sana. Selain itu, jembatan gantung dan Curug Cibadak adalah daya tarik lain yang sayang untuk dilewatkan.

5. The Farm Pancawati

Sumber: asset.kompas.com

Menjadi tempat wisata yang belum lama dibuka, The Farm Pancawati menawarkan keseruan wisata alam bagi anak-anak dan dewasa yang lengkap. Mulai dari kebun binatang mini, kolam renang, tempat makan, hingga tempat bermain untuk anak-anak dan penginapan keluarga. Lokasinya yang ada di dataran tinggi akan memanjakan kalian dengan pemandangan yang cantik.

6. Kuntum Farm Field

Sumber: sudutwisata.com

Jika anak-anak suka berinteraksi dengan hewan ternak atau keluarga lansia punya rutinitas beternak, Kuntum Farm Field harus dikunjungi. Pengunjung akan merasakan keseruan memberi makan hewan ternak seperti sapi, kambing, unggas, ikan, dan kelinci. Tidak berhenti di situ saja, pengalaman berkebun dan bercocok tanam juga bisa didapatkan di sini. Anak-anak tidak hanya diajak praktik memanen, tapi juga menanam bibit, menangkap ikan, dan masih banyak lagi keseruan lainnya.

Tips Menjaga Kesehatan Keluarga Selama Perjalanan

1. Persiapkan Kegiatan Fisik: Nutrisi dan Stamina

Melihat rekomendasi spot wisata alam Bogor di atas, ada banyak kesempatan untuk melakukan beragam aktivitas fisik bersama. Jika keluarga menghendaki mencoba banyak hal, pastikan mereka mempersiapkan stamina tubuh. Mulai dari istirahat malam yang cukup, sarapan bernutrisi lengkap, hingga membawa bekal yang sehat. Hal ini untuk mencegah keluarga terlalu lelah sepulang dari liburan.

2. Cek Kembali Suhu dan Cuaca Spot Wisata Tujuan

Malam sebelum keberangkatan, jangan lupa untuk mengecek prediksi cuaca dan suhu di spot wisata yang akan dituju. Langkah ini untuk membantu kalian mempersiapkan pakaian yang akan dikenakan. Termasuk barang bawaan sederhana namun sangat penting, seperti krim tabir surya, kacamata hitam, payung, syal, jaket, mantel hujan, dan lain sebagainya.

3. Barang Bawaan Penunjang Kebersihan

Untuk mengurangi risiko terpapar virus dan bakteri pembawa penyakit dari mana saja, pastikan kebersihan diri selalu diutamakan. Penting sekali untuk melengkapi alat kebersihan pribadi seperti sabun cuci tangan, cairan antiseptik, tisu basah dan kering, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

4. Bila Perlu, Lakukan Pengecekan Kesehatan Sebelum Berangkat

Apabila perjalanan memakan waktu yang lama atau harus berganti beberapa transportasi, sebaiknya dilakukan pengecekan kesehatan beberapa hari sebelum berangkat. Terutama jika terdapat anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit serius. Dokter umumnya akan memberikan saran dan daftar obat-obatan yang perlu dibawa bila diperlukan.

5. Perhatikan Kecukupan Cairan Tubuh

Satu lagi upaya untuk menjaga kesehatan selama liburan, yaitu memastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Selain memastikan setiap anggota keluarga membawa botol minum pribadi, pastikan juga mereka mengonsumsinya secara rutin. Meskipun tidak panas atau tidak haus, tercukupinya cairan tubuh adalah kunci kebugaran tubuh.

Temani Perjalanan Kalian dengan Manfaat Enervon-C Effervescent

Menyambung pembahasan sebelumnya, kami menambahkan satu lagi barang bawaan penting untuk mendukung tips pada poin pertama dan terakhir. Barang yang dimaksud adalah membawa serta suplemen yang cocok untuk semua usia anggota keluarga. Enervon-C Effervescent adalah multivitamin yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa. Dengan tablet effervescent yang mudah larut dalam air putih, proses penyerapan tubuh juga akan lebih cepat. Tidak hanya pemenuhan energi dan nutrisi, daya tahan tubuh juga akan lebih terjaga. Jangan sampai sakit atau kelelahan berlebih merusak momen bersama keluarga. Dapatkan produknya dalam kemasan travel melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee agar persiapan liburan kalian akan lebih mudah dan praktis!

Featured Image - asset.kompas.com