Kota Tua Jakarta masih menjadi daya tari tersendiri bagi sebagian besar turis. Kawasan ini selalu dipenuhi oleh pengunjung, mulai dari hari biasa atau di akhir pekan. Banyak hal yang bisa kamu eksplor dari Kawasan Kota Tua ini, termasuk museum- museum di sana.

Saking dekatnya jarak antara satu museum dengan museum lain, kamu bisa menempuhnya dengan hanya berjalan kaki. Jadi ngga perlu repot- repot lagi deh! Nah, berikut ini museum- museumnya!

1. Museum Bank Indonesia

Credit: sovialida.com

Kamu bisa berkunjung ke Museum Bank Indonesia, yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.3. dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, kamu bisa belajar tentang sejarah uang di Indonesia, mulai dari era colonial Belanda, sampai sekarang!

Museum ini buka mulai dari hari Selasa sampai Jumat dari jam 08.00- 15.30 dan Sabtu sampai Minggu dari jam 08.00- 16.00. Tertarik untuk mengunjunginya?

2. Museum Mandiri

Credit: ceciliaadrianto.wordpress.com

Museum Mandiri terletak di sebelah Museum Bank Indonesia, sehingga kamu bisa berjalan kaki. Di museum ini terdapat koleksi yang berhubungan dengan perbankan tempo dulu dan perkembangannya. Selain itu, ada benda- benda yang membantu proses perbankan, seperti mesin ketik, kalkulator, mesin penghitung uang logam, serta mesim ATM yang bentuknya unik!

Harga masuk Museum Mandiri ini seharga Rp 5.000. Dan buka dari hari Selasa sampai Jumat jam 09.00- 15.30. Serta hari Sabtu dan Minggu jam 09.00- 18.30.

3. Museum Sejarah Jakarta

Credit: http://www.melsdorm.com/

Sesuai dengan namanya, museum ini berisi tentang perjalanan sejarah Jakarta dari waktu ke waktu, hingga menjadi seperti sekarang ini. Bagi pengunjung yang baru pertama kali kesini, biasanya akan merasa bingung dengan alur jalannya, karena museum ini sangat luas, bahkan mencapai 1.300 meter persegi.

Museum Sejarah Jakarta buka setiap hari Selasa sampai Minggu jam 08.00- 17.00, dan tutup pada hari Senin serta di hari libur nasional. Dan untuk tiket masuknya seharga Rp 5.000 saja per orang.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik

Credit: travelspromo.com

Setelah mengunjungi Museum Sejarah Jakarta, kamu bisa berjalan kaki menuju Museum Seni Rupa dan Keramik. Di museum ini, ada berbagai lukisan dan keramik lokal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari peninggalan Kerajaan Majapahit, hingga dari berbagai negara di dunia.

Ingin berkunjung? Museum Seni Rupa dan Keramik ini buka dari hari Selasa sampai Minggu jam 08.00- 17.00. Dan untuk pengunjung umum, kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang, dan Rp 3.000 untuk mahasiswa dan pelajar.

5. Museum Wayang

Credit: bobo.grid.id

Yang terakhir, kamu bisa mengunjungi Museum Wayang, yang memiliki berbagai macam wayang dan boneka yang dipajang di seluruh ruangan. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang potehi, sampai wayang dari negara lain. Yang bikin seru, setiap akhir pekan selalu ada pagelaran wayang dan musik gamelan. Ada karakter Si Unyil juga lho di Museum Wayang ini!

Untuk kamu yang ingin berkunjung, Museum Wayang buka dari hari Selasa sampai Jumat jam 09.00- 16.30. Dan untuk tiket masuknya adalah Rp 5.000 bagi pengunjung umum berusia dewasa, sementara untuk mahasiswa, pelajar, dan anak- anak cukup membayar Rp 3.000 saja.

 

Itulah, kelima museum di area Kota Tua Jakarta yang bisa kamu kunjungi hanya dengan berjalan kaki saja. Siapkan energimu ya, karena berjalan kaki seharian mengelilingi museum akan melelahkan, lho.

 

 

Featured Image - idetrips.com