Solusi untuk kamu yang ingin staycation namun bosan dengan pemandangan dan suasana hotel, maka glamping adalah jawabannya. Glamping adalah istilah yang berasal dari kata glamour yang berarti mewah dan camping yang berarti berkemah. Konsep wisata ini mengadopsi kegiatan kemah namun memungkinkan pengunjung beristirahat di dalam tenda yang cukup luas dengan fasilitas lengkap. Bahkan beberapa fasilitas yang ada bisa dinikmati bersama keluarga dan teman satu geng. Untuk menikmati pilihan glamping yang beragam, Bali adalah salah satu destinasi yang harus dikunjungi. Glamping Bali hadir dalam beberapa tema menarik.

Bali memang identik dengan wisata pantai dan bahari yang menawan. Namun lebih dari itu, kamu bisa menemukan suasana pegunungan, hutan, hingga area terpencil yang masih sangat murni. Berikut ini adalah glamping terbaik di Bali yang patut masuk dalam itinerari kamu.

Rekomendasi Glamping Bali Terbaik

1. Bali Jungle Camping

Sumber: balijunglecamping.com

Tempat pertama adalah Bali Jungle Camping yang berlokasi di Tabanan. Sesuai dengan namanya, spot glamping ini menawarkan tenda seluas 16 meter per segi yang dikelilingi hutan dan hanya sekitar 5 km dari Air Terjun Blemantung. Tidak hanya menikmati sejuknya udara di sekitar tenda, kamu juga bisa menggunakan fasilitas pendukung seperti sepeda gunung, perlengkapan piknik, dan aktivitas luar ruangan seru lainnya.

2. Triyana Resort Carangsari

Sumber: triyanaresortcarangsari.com

Berikutnya ada Triyana Resort Carangsari yang berlokasi di Badung, spot glamping dengan beberapa variasi paket dan layanan. Artinya, glamping dengan dana terbatas pun bisa kamu rasakan di sini. Untuk kelas paling murah yaitu Theater Tent pun, kamu sudah mendapat fasilitas kamar mandi pribadi. Suasana sejuk dan pemandangan hijau di sekitarnya akan membuat kamu betah menghabiskan waktu di sini.

3. Ekommunity Glamping

Sumber: Google oleh Desa Eko

Satu lagi spot glamping yang dekat dengan air terjun, yaitu Ekommunity Glamping di Buleleng. Pasalnya, jarak 700 m dari Air Terjun Munduk dan 3 air terjun lain di sekitarnya menjadikan tempat ini patut dicoba. Dikelilingi oleh perkebunan yang rindang, pemandangan gunung akan menjadi temanmu setiap waktu di sana. Setiap tenda juga terpisahkan oleh beberapa meter kebun menjadikan privasi kamu tetap terjaga. Menarik, bukan?

4. Kubah Bali Glamping

Sumber: Google oleh Kubah Bali Glamping

Mari beralih ke Bangli! Kubah Bali Glamping menawarkan lokasi yang dekat sekali dengan Danau Batur, salah satu spot wisata populer di Bali. Tempat glamping yang ramah hewan peliharaan ini memiliki tenda dengan luas 25 meter per segi. Selain itu, layanan pendukung keseruan juga bisa kamu nikmati. Beberapa di antaranya adalah alat pancing, olahraga air, sepeda gunung, dan piknik sambil barbeku. Pemandangan danau dan pegunungan di sekitarnya siap memanjakan kamu.

5. Igloo Glamping Bali

Sumber: Google oleh Igloo Glamping Bali

Masih ada di Bangli, Igloo Glamping Bali hadir dengan tenda yang mirip dengan rumah igloo milik suku Eskimo. Dengan akses tenda transparan, kamu bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam sambil beristirahat. Tidak jauh dari Danau Batur, kamu juga akan mendapat bonus pemandangan deretan gunung seperti Gunung Agung dan Gunung Abang. Rasakan serunya layanan api unggun dan sarapan pagi sambil menikmati suasana tenang matahari terbit dan udara yang bersih.

6. Bali Sunrise Camp & Glamping

Sumber: Google oleh Bali Sunrise Camp & Glamping

Bicara soal pemandangan matahari terbit, Bangli juga menawarkan tempat glamping khusus seperti Bali Sunrise Camp & Glamping. Spot bernama Caldera Batur membuat momen menikmati sunrise bisa dinikmati hanya dengan melangkahkan kaki ke teras tenda. Layanan sarapan pagi juga bisa didapatkan di sini dengan harga yang terjangkau.

7. Bali Beach Glamping

Sumber: balibeachglamping.com

Saatnya menginap nyaman di dekat pantai! Bali Beach Glamping berada di area yang sama dengan Tanah Lot yang populer. Terletak di Tabanan, spot glamping satu ini ramah hewan peliharaan sekaligus menawarkan pemandangan luas lautan yang menawan. Selain sensasi memiliki rumah di pinggir pantai, kamu juga bisa menikmati hidangan laut di restoran yang disediakan.

Tips Barang Bawaan saat Glamping

Hampir sama dengan menginap di hotel, glamping memungkinkan kamu dan rombongan tinggal membawa barang pribadi saja. Hampir semua fasilitas dasar seperti perlengkapan kemah, tempat tidur, dan bahkan papan permainan telah tersedia dalam paket yang ditawarkan. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa barang bawaan selain baju ganti dan alat mandi. Di bawah ini adalah beberapa jenis barang yang disarankan.

  • Alat kebersihan yang mudah dibawa ke mana pun, seperti tisu basah dan kering, cairan antiseptik siap pakai (handsanitizer), dan lain sebagainya.
  • Perlengkapan hiburan favorit kamu untuk menghabiskan waktu bersama setelah seharian beraktivitas di alam. Baik itu papan permainan atau nonton film bersama bisa menjadi alternatif pilihan.
  • Botol air minum pribadi untuk memastikan tubuh mendapat cairan yang cukup lebih efektif dan efisien dibawa ke mana saja.
  • Payung juga penting dibawa agar kalian lebih leluasa jalan-jalan dan menikmati suasana di area glamping, baik saat hujan maupun panas.
  • Tabir surya juga harus dibawa untuk memastikan kulit tubuh terlindungi dari sinar UV. Terutama jika kamu berkunjung di area sekitar pantai atau saat musim panas berlangsung.
  • Obat-obatan pribadi harus masuk dalam tas kamu sebagai bentuk pertolongan pertama menjaga kesehatan. Tidak perlu banyak, obat umum seperti anti nyeri, obat alergi, obat flu, minyak aromaterapi, balsem, pembersih dan pembalut luka, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Satu Lagi yang Penting untuk Daya Tahan Tubuh

Barang bawaan lain yang bisa membantu mendukung sistem imun selama glamping di Bali adalah suplemen. Terdiri dari beberapa kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, suplemen biasanya akan membantu memenuhi nutrisi harian. Dari situlah daya tahan tubuh juga akan terjaga. Enervon-C Tablet menjadi salah satu produk yang direkomendasikan karena kandungan lengkapnya. Tidak hanya vitamin C, kamu dan keluarga juga akan mendapat vitamin B kompleks dan beberapa mineral tambahan hanya dengan mengonsumsinya satu kali setiap hari. Jika ingin mendapatkan kemasan travel, kamu bisa mengakses toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - pexels.com