Jika bicara soal wisata malam, banyak daerah di Indonesia yang menawarkan beragam keseruan. Mulai dari pasar malam hingga tempat nongkrong yang nyaman bisa kalian kunjungi di banyak kota besar. Salah satu daerah yang wajib dijelajahi wisata malamnya adalah Solo. Dalam satu lokasi saja, kamu bisa belanja oleh-oleh sekaligus kulineran. Penasaran dengan deretan keseruan yang ditawarkan? Berikut ini adalah rekomendasi wisata malam Solo dan tips sehatnya meski jalan-jalan malam hari.

Wisata Malam Solo yang Direkomendasikan

1. Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Sumber: Google oleh Lilik Lasono

Selain menjadi tempat wisata budaya pada siang hari, Taman Sriwedari juga seru dikunjungi pada malam hari. Kamu dan rombongan bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit dan wayang orang dengan tarif yang sangat murah. Bahkan jika waktunya tepat, kamu juga bisa mengunjungi pameran seni yang keren. Meski sempat ditutup karena sengketa, objek wisata ini buka kembali dengan tambahan daya tarik berupa rusa yang berkeliaran di sekitar taman. Jika ingin menikmati kulineran di sekitarnya, usahakan datang sejak sore untuk memaksimalkan keseruan.

2. Benteng Vastenburg

Sumber: Google oleh Se4kaawaan

Satu lagi spot wisata malam Solo bernilai sejarah dan budaya yang tinggi, yaitu Benteng Vastenburg. Dibangun sejak tahun 1779, area benteng mencapai 40.000 meter persegi. Meski dibuka selama 24 jam, kamu perlu datang sebelum jam 17 jika ingin menikmati koleksi sejarah di dalamnya. Selain jam tersebut, objek wisata ini kerap menjadi tempat terselenggaranya acara malam yang seru seperti konser, kompetisi seni dan olahraga, dan sebagainya.

3. Pasar Malam Ngarsopuro

Sumber: Google oleh Riko K

Untuk kamu yang memang berniat belanja dan kulineran saja, maka Pasar Malam Ngarsopuro adalah jawabannya. Selain pilihan makanan dan oleh-oleh yang sangat beragam dengan harga murah, kamu juga bisa menikmati pertunjukan seni yang ada. Tidak ada tarif masuk, kamu bisa menjelajahi Jalan Diponegoro hingga gerbang Pura Mangkunegaran sampai jam 23.00 WIB. Persiapkan perut dan dompet kalian di sini!

4. Alun-Alun Kidul Surakarta

Menjadi tempat wisata yang ikonik di Solo, Alun-Alun Kidul Surakarta cocok dinikmati pada malam hari karena cuaca cenderung lebih bersahabat. Suasana malam yang syahdu ditambah hiburan becak berhias lampu warna warni menjadikan nongkrong di sini sebagai pilihan aktivitas yang patut dicoba. Tentu saja mencicipi keberagaman kuliner khas Solo dan kekinian tak boleh dilewatkan.

5. Pasar Gede

Sumber: statik.tempo.co

Tidak jauh dari Alun-Alun Utara Solo, Pasar Gede menonjol dengan tugu jam di tengah dan kemeriahannya pada malam hari. Selain menjadi pasar terbesar dan yang paling bersih di Solo, pengalaman belanja oleh-oleh dan kulineran akan menjadi momen berkesan. Terutama jika kamu datang saat menjelang hari perayaan Imlek, dijamin cantiknya lampion akan membuat kamu terpana.

6. Jelajahi Beberapa Kedai Populer

Sumber: Google oleh Andhang Aprihardhianto

Kalau kamu dan rombongan lebih suka nongkrong malam dengan suasana yang lebih senyap, maka menghabiskan waktu di kedai atau café menjadi alternatif wisata malam Solo yang tidak kalah seru. Berikut ini adalah beberapa kedai di Solo yang populer menjadi spot nongkrong karena keunikannya.

Playground Solo Café

Bukan karena menyediakan tempat bermain anak-anak, tapi karena kedai ini sudah terkenal di kalangan anak muda sebagai tempat menikmati makanan tradisional Solo sambil ngobrol. Buka dari jam 12 siang, kamu juga bisa mencicipi menu kekinian di sini.

Wedangan Pendopo

Jika Yogyakarta terkenal istilah ‘angkringan’, maka Solo terkenal dengan istilah ‘wedangan’. Memiliki nuansa Jawa klasik, Wedangan Pendopo menawarkan suasana nongkrong yang unik. Beberapa hiasan interior yang dipajang juga sangat cantik. Tidak hanya menu kudapan dan minuman khas, kamu juga bisa mencicipi menu makan berat di sini.

Tiga Tjeret Café

Berada di area Ngarsopuro, kedai yang satu ini juga mengusung tema wedangan yang masih kental. Deretan kudapan, sate-satean, dan menu makan berat khas Solo menjadi primadona yang tak bisa ditolak. Desain interior dan eksteriornya juga tak kalah cantik dengan sentuhan budaya di berbagai sudut.

Tips Sehat Berwisata Malam

Jalan-jalan, kulineran, bahkan nongkrong saat malam hari menjadikan momen liburan semakin berkesan. Waktu berkualitas untuk ngobrol dan bercanda bersama keluarga dan teman-teman menjadi aktivitas yang tidak kalah seru. Sayangnya, suhu udara yang relatif dingin juga memengaruhi kondisi tubuh. Salah satu efek yang perlu diwaspadai adalah turunnya suhu tubuh dan performa sistem imun. Untuk itu, perhatikan beberapa tips sehat wisata malam berikut.

  • Jaga tubuh tetap hangat dengan pakaian tambahan yang lengkap, seperti penutup kepala, kaos kaki, jaket, syal, dan sebagainya sesuai kebutuhan.
  • Usahakan pilih lokasi yang tidak berangin untuk mengurangi risiko kedinginan.
  • Jika kamu merasa mulai kedinginan, segera cari tempat yang lebih hangat atau lakukan pemanasan ringan untuk memperlancar sirkulasi darah.
  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik juga penting saat malam hari.
  • Lengkapi alat kebersihan pribadi untuk mengurangi risiko terpapar virus dan bakteri. Di antaranya adalah handsanitizer, sabun cuci tangan travel size, tisu basah antiseptik, dan lain-lain.
  • Jangan remehkan waktu istirahat yang cukup, terutama jika kamu ingin beraktivitas lagi besoknya. Jadi pastikan kamu tidak tidur terlalu larut ya.

Konsumsi Suplemen Juga Disarankan

Untuk mendukung kuatnya daya tahan tubuh, mengonsumsi suplemen sebelum berangkat berwisata malam juga disarankan. Dengan kandungan beberapa nutrisi baik seperti multivitamin dan mineral, tambahan makanan ini akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Sehingga performa sistem imun dan metabolisme akan lebih baik.

Bila kamu ingin mengonsumsinya bersama dengan air minum, Enervon-C Effervescent adalah solusinya. Tablet effervescent yang mudah larut dalam air putih akan mudah diserap oleh tubuh. Apalagi dengan kemasan satuan yang ditawarkan, kamu akan lebih mudah membawanya ke mana pun. Dapatkan produk yang asli melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - eventkampus.com