Jalan-jalan ke tempat wisata yang belum lama dibuka menjadi salah satu cara mengisi waktu liburan yang seru. Apalagi jika daya tariknya langsung menjadi hits dan menyita banyak perhatian wisatawan. Jika kamu berencana mengunjungi Semarang, ibukota Jawa Tengah, ada beberapa tempat wisata unik dan kekinian yang harus dikunjungi. Tentu saja akan menjadi lebih seru saat dikombinasikan dengan tempat wisata lama yang sangat ikonik dan sayang dilewatkan jika kamu dan keluarga belum pernah mengunjunginya. Berikut ini kami pilihkan tempat wisata di Semarang terkini dan tips sehatnya bagi keluarga.

Tempat Wisata di Semarang: Terbaru dan Cocok untuk Keluarga

1. Sunrise Hill

Sumber: Google oleh Elagha

Tempat pertama berlokasi di Bandungan yang baru dibuka akhir 2022 lalu yaitu Sunrise Hill. Menawarkan pemandangan dataran tinggi yang menakjubkan, kamu dan keluarga bisa menikmati beberapa wahana keren di sana. Mulai dari kolam renang, fasilitas glamping, Dino Land, kampung Jepang, Rumah Terbalik, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk kalian yang akan menghabiskan malam di sana, jangan lupa melakukan reservasi terlebih dahulu. Nikmati suasana asri dan udara yang segar dengan konsep kekinian di Semarang.

2. New Celosia

Sumber: Google oleh Eko Shambarra

Jika Taman Celosia Semarang berhasil memikat banyak pengunjung, maka New Celosia memberikan warna baru yang patut dikunjungi. Masih di satu area yang sama, tempat ini menawarkan beragam keseruan. Mulai dari banyak spot foto menarik dan tematik, hingga wahana permainan anak yang seru. Sebut saja trampoline, bom bom car, istana boneka, ATV, kolam renang, hingga taman domba dan kelinci. Bahkan kalian juga bisa menyewa jasa fotografi dan makan siang di sana.

3. Vana Prastha

Sumber: Google oleh Anis Irma

Berlokasi di Gedong Songo, Vana Prastha tidak jauh dari Candi Gedong Songo. Objek wisata ini menawarkan udara sejuk, tingginya pohon pinus yang mengelilingi, serta hijaunya rerumputan. Di sana juga terdapat bangunan milik Perhutani yang bersejarah. Melalui jalur khusus mobil, keluarga bisa berkunjung dengan mudah dan menginap di bangunan yang disediakan. Bahkan kalian bisa menikmati serunya berkemah dan jalan-jalan ke komplek candi. Menarik, bukan?

4. Dusun Semilir Eco Park

Sumber: Google oleh Joko Raharjo

Belum lama dibuka pada awal 2019, Dusun Semilir Eco Park telah menjadi spot wisata favorit di Semarang. Salah satu daya tarik yang paling ikonik di sini adalah desain eksterior bangunannya yang menyerupai stupa Candi Borobudur. Menawarkan banyak spot foto keren, kamu dan anak-anak juga harus mencoba perosotan pelangi setinggi 40 meter. Wahana permainan lain yang juga disediakan adalah gondola, wahana permainan air, rumah hantu, dan masih banyak lagi. Bahkan ada kebun binatang mini juga lho.

5. Saloka Theme Park

Sumber: Google oleh Muhamad Amroni

Dibuka pada tahun yang sama dengan tempat wisata sebelumnya, Saloka Theme Park dekat dengan Danau Rawa Pening. Sebagai taman bermain terbesar di Jawa Tengah, lokasi ini menawarkan banyak wahana permainan seru dengan nama unik menggunakan bahasa Jawa. Di antaranya adalah Lika Liku, Angon Ingon, Resi Waringin, Paku Bumi, Jamur Apung, Safari Bocah, Kumbang Layang, dan Agrowisata Ijo Royo-Royo. Beberapa wahana cukup ekstrem jadi cocok untuk kalian yang ingin menantang adrenalin.

Selain daftar tempat wisata di atas, ada banyak sekali tempat wisata populer di Semarang yang sayang dilewatkan jika kalian belum pernah mengunjunginya. Dari tema wisata sejarah dan budaya, kalian harus datang ke Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, Pagoda Avalokitesvara, Kota Lama Semarang, dan Museum Ranggawarsita. Sedangkan wisata alam ikonik di Semarang di antaranya adalah Umbul Sidomukti, Candi Gedong Songo, Pantai Marina, Danau Rawa Pening, Agrowisata Kopeng, dan masih banyak lagi lainnya.

Tips Menjaga Kesehatan Selama Liburan

Liburan bersama keluarga tidak akan maksimal dinikmati jika ada anggota keluarga yang sakit. Memastikan kesehatan semua peserta tamasya menjadi hal yang cukup menantang. Apalagi dengan cuaca dan lokasi yang terus berganti. Meski cuaca di Semarang relatif stabil, ada beberapa tips yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan selama liburan hingga pulang dari sana.

1. Melengkapi Barang Bawaan

Jangan lupa untuk selalu mengecek kelengkapan barang bawaan kamu dan keluarga, terutama yang mendukung kesehatan. Beberapa barang yang sering diremehkan adalah payung, kacamata hitam, tabir surya, obat-obatan pribadi, hingga hand sanitizer.

2. Mengikuti Protokol Kesehatan

Bicara soal hand sanitizer, mengikuti protokol kesehatan dasar masih penting dilakukan. Mulai dari rajin cuci tangan dengan sabun, menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk, dan lain-lain.

3. Memastikan Kecukupan Air Minum

Pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan mengonsumsi air putih secara teratur. Sangat disarankan untuk membawa botol air minum bagi masing-masing anggota keluarga agar akses air putih lebih mudah. Selain memcegah dehidrasi, hal ini akan mencegah tubuh mengalami lelah berlebihan.

4. Memenuhi Nutrisi Harian Tubuh

Pilih makanan dengan gizi lengkap dan berimbang agar sistem imun tubuh tetap kuat. Jika kalian ingin menikmati street food, pastikan pengolahannya bersih dan menggunakan bahan makanan segar.

Bila perlu, Enervon-C Tablet siap membantu kamu dan keluarga dalam menjaga daya tahan tubuh. Kandungan multivitamin dan mineral yang lengkap membuatnya menjadi suplemen yang direkomendasikan saat liburan. Dengan mengonsumsinya satu kali saja setiap hari, kalian telah mendukung tubuh mendapatkan haknya untuk menghasilkan stamina, energi, dan sistem imun yang kuat. Apalagi dengan bentuk tablet dan kemasannya yang mudah dibawa. Dapatkan produknya secara praktis dengan mengunjungi toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - Jawapos.com