Semarang terkenal dengan wisata horor Lawang Sewu yang selalu ramai dibanjiri wisatawan lokal maupun mancanegara hingga kini. Tak hanya itu saja, ibukota Jawa Tengah tersebut juga terkenal dengan oleh-oleh kuliner khasnya yaitu lumpia dan bakso tahu. Namun, tahukah kamu jika ada banyak wisata alam Semarang yang memiliki pemandangan elok nan menakjubkan? Jika kamu berencana liburan ke Semarang, maka jangan lewatkan untuk singgah ke beberapa spot wisata alam yang ada di sana ya! Berikut beberapa rekomendasinya!

Wisata Alam Semarang

Destinasi wisata alam yang ada di Kota Semarang terdiri dari pegunungan, pantai, danau, dan juga tebing. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Umbul Sidomukti

Sumber: sintiaastarina.com

Bagi kamu yang ingin menikmati alam pegunungan sambil merasakan sejuknya udara sekitar, Umbul Sidomukti bisa jadi pilihannya. Selain itu, tempat ini sangat tenang sehingga sangat cocok untuk melepas penat setelah berjibaku dengan aktivitas yang ada.

Umbul Sidomukti adalah resort di pegunungan yang memiliki banyak fasilitas menarik seperti taman renang alam, wahana pacu adrenalin, area outbond, kafetaria, dan lain-lain. Di kawasan wisata alam ini, kamu juga bisa menyaksikan view 5 gunung sekaligus lho!

 

 

2. Gunung Telomoyo

Sumber: kompas

Berdiri di atas ketinggian 1.894 mdpl, Gunung Telomoyo berlokasi di Desa Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di sini, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan gunung lainnya sejauh mata memandang seperti Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Ungaran.

Selain menyuguhkan pemandangan samudera awan yang menakjubkan, kamu juga bisa menikmati hutan pinus, atau sekedar menikmati pemandangan rumah penduduk dari atas ketinggian.

3. Rawa Pening

Sumber: paradiso tour

Rawa Pening adalah danau seluas 2.670 hektar yang berada di cekungan antara Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo. Tiket masuk ke kawasan ini sangat terjangkau yaitu Rp 2.500. Kamu juga bisa menikmati keindahan danau dengan menaiki perahu yang bisa disewa dengan harga Rp 30.000 saja selama 40 menit. 

Tak hanya itu saja, Rawa Pening juga memiliki atraksi menarik lain seperti rumah makan apung, wahana bermain, dan menikmati Kampung Rawa. Setiap harinya, objek wisata yang satu ini mulai beroperasi dari jam 8 pagi hingga 9 malam.

 

 

4. Pantai Maron

Sumber: bobobox

Wisata alam Semarang berikutnya yang tak kalah indah adalah Pantai Maron. Di sini, kamu bisa menikmati udara pantai di pagi hari atau menyaksikan indahnya sunset pada sore harinya. Tak hanya menawarkan pemandangan yang menawan, kamu juga bisa melihat tambak-tambak milik warga yang berjejeran di sekitar pantai. 

5. Gumuk Reco

Sumber: kompas

Ternyata, Semarang juga memiliki tebing yang indah menjulang bernama Gumuk Reco. Selain menawarkan pemandangan tebing yang menakjubkan, kamu juga bisa melihat rimbunnya pepohonan yang ada di sekitar. 

Lokasinya ada di daerah Banyubiru yang bisa kamu tempuh selama kurang lebih 1 jam 20 menit dari Kota Semarang. Menariknya, harga tiket masuknya hanya Rp 10.000 saja lho!

 

 

6. Brown Canyon

Sumber: bobobox

Siapa sangka bekas pertambangan yang terbengkalai, justru menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi turis. Ya, Brown Canyon adalah situs wisata tidak resmi yang penampakannya menyerupai Grand Canyon di Negeri Paman Sam. 

Walaupun hanya sebuah tebing/bukit dengan kondisi terkikis, tempat ini menyuguhkan pemandangan unik yang banyak diabadikan oleh para wisatawan. Bahkan, tak sedikit yang menjadikan tempat wisata alam ini sebagai latar prewedding para calon pengantin.

7. Agrowisata Kopeng Gunungsari

Sumber: kamus wisata

Beralih ke Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, terdapat Agrowisata Kopeng Gunungsari yang menawarkan pemandangan kebun buah sekaligus taman bunga yang indah. Selain itu, kamu juga bisa mengabadikan banyak momen di berbagai spot instagramable yang ada di sana. 

Untuk bisa masuk ke kawasan agrowisata ini, kamu cukup merogoh kocek Rp 20.000 untuk dewasa, dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Harga tersebut sudah termasuk bonus menyantap buah jambu secara gratis lho!

 

 

Liburan Tetap Asyik Bareng Enervon!

Wah ternyata Semarang menyimpan banyak potensi wisata alam yang tak kalah keren dari kota lainnya ya! Jadi, pastikan untuk mengunjungi rekomendasi wisata alam Semarang di atas supaya liburanmu semakin mengesankan.

Namun, sebelum itu, pastikan kondisi fisik selalu fit dan prima supaya kamu bisa menjelajahi semua spot wisata alam di atas tanpa kendala. Supaya tidak mudah lelah dan gak gampang sakit, kamu bisa mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Tablet untuk menemani liburanmu bersama keluarga, sahabat, atau orang tercinta lainnya.

Enervon-C menjadi multivitamin terbaik yang menggabungkan kandungan vitamin C dan juga B-Kompleks dalam satu tablet. Manfaat vitamin C di dalamnya efektif untuk menunjang daya tahan tubuh sehingga kamu gak gampang sakit!

Selain itu, vitamin B-Kompleks di dalamnya juga membantu pembentukan energi di dalam tubuh sehingga kamu senantiasa fit dan aktif sepanjang hari. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat tersebut dalam Enervon-C Effervescent yang hadir dalam kemasan tablet larut air. 

Tak hanya itu saja, Enervon juga punya produk multivitamin lainnya seperti Enervon Gold bagi kamu yang sudah menginjak usia emas 50+.

Ayo jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi produk-produk multivitamin dari Enervon dan klik link Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produk yang kamu butuhkan secara online!