Dieng merupakan kawasan dataran tinggi yang cukup populer di Jawa Tengah. Selain menawarkan panorama alam yang menakjubkan, kawasan wisata ini juga memiliki bangunan bersejarah serta kuliner enak yang memanjakan lidah. Dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan, ada banyak wisata Dieng terbaru yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke sini. Nah, berikut ini telah terangkum berbagai rekomendasi spot berlibur terbaru di Dieng yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Daftar Wisata Dieng Terbaru

Ada banyak opsi spot wisata yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke kawasan Dieng. Bahkan, setiap tahunnya selalu ada objek wisata baru bermunculan yang sayang jika dilewatkan. Nah, bagi kamu yang berencana pergi berlibur ke Dieng, pastikan untuk singgah ke tempat-tempat hits berikut ini.

1. Kawah Sikidang

Sumber: unsplash/Hamzah Hanafi

Objek wisata Kawah Sikidang saat ini sedang menjadi buah bibir di kalangan wisatawan. Selain menawarkan panorama alam yang indah, di sini juga telah dibangun jembatan kayangan melingkar yang semakin mempercantik lokasi wisata. 

Meskipun wisatawan harus menempuh perjalanan panjang saat keluar dari tempat wisata. Namun hal ini sepadan dengan pemandangan yang akan kamu jumpai saat berada di sana.

2. Telaga Warna

Sumber: wikipedia

Telaga Warna merupakan Taman Nasional di kawasan Dieng yang sangat asri serta memiliki udara yang sejuk dan segar. Daya tariknya kerap kali diabadikan sebagai latar belakang prewedding atau sekedar dibagikan ke halaman jejaring sosial pribadi. 

Saat mengunjungi tempat ini, kamu juga bisa menyambangi Telaga Cebong yang lokasinya masih berdekatan dengan Telaga Warna. Bahkan, terdapat spot wisata yang tak kalah cantik untuk dikunjungi di sekitarnya yaitu Goa Semar, Goa Jaran, dan Goa Sumur yang tiga-tiganya berlokasi di area Taman Mandalasari.

3. Wisata Geopark Dieng

Geopark Dieng merupakan nama baru dari objek wisata Petak 9. Objek wisata yang satu ini banyak menarik minat pelancong karena selain memiliki keindahan alam yang bisa dilihat dari atas bukit, terdapat banyak wahana dan atraksi seru yang sayang jika dilewatkan.

 

 

4. Bukit Cinta

Sumber: instagram/@hollandreycungkring1    

Jika kamu ingin menikmati pemandangan dari atas bukit, maka wajib untuk berkunjung ke kawasan wisata Bukit Cinta. Meski tergolong baru, tapi panorama yang ditawarkan tidak kalah mempesona dengan objek wisata Dieng lainnya. Lokasinya sendiri ada di atas danau terbesar di Kabupaten Wonosobo, yaitu Telaga Menjer. Jika ingin berlama-lama di sini, terdapat villa dan camping ground di sekitar area wisata yang bisa kamu pilih.

5. Bukit Sikunir

Sumber: instagram/@nfarid_

Bukit Sikunir adalah wisata alam yang sangat populer di kawasan Dieng. Meski sudah ada sejak lama, tapi pamornya tidak pernah redup dan sampai sekarang masih menjadi spot wisata favorit di kalangan wisatawan. 

Bagi kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Dieng, maka sempatkan untuk datang ke Bukit Sikunir yang beralamatkan di Kampung Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

6. Bukit Awan Sikapuk

Sumber: liburanyuk.co.id

Wisata perbukitan di Dieng memang tak ada habisnya. Selain Bukit Sikunir dan Bukit Cinta, di sini juga terdapat Bukit Awan Sikapuk yang lokasinya tidak jauh dari Wisata Batu Angkruk. Jika ingin merasakan sensasi Negeri di Atas Awan yang sesungguhnya, maka tempat ini menjadi lokasi yang paling ideal untuk disinggahi.

 

 

Lakukan Persiapan Ini saat Liburan ke Dieng

Jika kamu berencana mengunjungi berbagai wisata Dieng terbaru di atas, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari transportasi, akomodasi, dan juga barang-barang yang sebaiknya dibawa. Berikut telah terangkum berbagai hal penting yang wajib kamu persiapkan saat menyambangi kawasan Dieng.

1. Memilih Kendaraan yang Tepat

Sayangnya, banyak lokasi wisata di Dieng yang tidak bisa dijangkau oleh kendaraan umum. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan kendaraan pribadi untuk bisa menjelajahi berbagai spot wisata di atas.

Jika tidak punya kendaraan sendiri tidak perlu khawatir karena kamu bisa menyewa sepeda motor atau mobil sesuai kebutuhan. Apabila kamu pergi sebagai solo traveler, maka menyewa motor lebih disarankan. Namun, jika datang bersama rombongan, sebaiknya pilih moda kendaraan roda empat demi kenyamanan bersama.

2. Melakukan Riset

Sebelum pergi, kamu sebaiknya juga melakukan riset terlebih dulu terkait destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Cari tahu akses jalan menuju ke sana, waktu terbaik untuk berkunjung, hal-hal yang sebaiknya dibawa, dan sebagainya. 

Apalagi jika berlibur bersama anak atau anggota keluarga yang berusia lanjut, kamu harus lebih selektif dalam memilih tempat wisata demi kenyamanan seluruh anggota keluarga.

3. Membawa Baju Hangat

Kawasan wisata Dieng merupakan dataran tinggi yang beriklim dingin. Suhu udara di sana bahkan mencapai 12 hingga 20 derajat Celcius di siang hari, dan di angka 6 hingga 10 derajat Celcius di malam hari. Bahkan, di musim dingin angkanya bisa di bawah titik beku air lho! Sudah kebayang kan dinginnya bakal seperti apa?

Oleh sebab itu, kamu harus membawa baju-baju hangat seperti sweater dan jaket, serta membawa atribut penting lainnya seperti kaos kaki, sarung tangan, dan juga topi penghangat.

 

 

Jaga Stamina dan Kesehatan Selama Liburan dengan Enervon-C Effervescent

Nah, selain memperhatikan beberapa tips di atas, kamu sebaiknya juga selalu menjaga kesehatan supaya tetap fit dan tidak gampang sakit saat mengeksplor semua wisata Dieng terbaru yang telah disebutkan sebelumnya.

Caranya cukup mudah kok! Pastikan tubuh selalu menyantap makanan bergizi, banyak minum air putih, dan minum multivitamin tambahan seperti Enervon-C Effervescent

Di dalam multivitamin ini terdapat kandungan vitamin C yang akan menjaga daya tahan tubuh, serta vitamin B-Kompleks yang mendorong pembentukan energi sehingga kamu senantiasa aktif sepanjang hari.

Menariknya, Enervon-C Effervescent hadir dalam kemasan tablet larut air yang akan memberikan sensasi kesegaran di tenggorokan. Dapatkan produknya sekarang juga hanya dengan sekali klik melalui tautan Tokopedia dan Shopee berikut!