Liburan sambil belajar jadi gagasan menarik yang bisa kamu coba saat weekend atau hari libur tiba. Kamu bisa mengajak anak-anak pergi ke berbagai tempat wisata edukasi yang pastinya seru dan juga menyenangkan. 

Tak hanya bahagia karena bisa menghabiskan hari libur bersama keluarga, anak-anak juga akan mendapatkan pengalaman serta pengetahuan baru yang sangat berharga. Bahkan, mengunjungi berbagai spot edukasi sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil lho! 

Yuk intip tempat mana saja yang sebaiknya kamu datangi dan manfaat wisata edukasi lainnya berikut ini.

Daftar Wisata Edukasi Anak

Bagi kamu yang masih bingung ingin pergi ke mana, berikut ini telah terangkum beberapa spot wisata edukasi favorit di Indonesia yang wajib untuk disambangi.

1. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Sumber: wandernesia.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat yang satu ini. Kalau liburan ke Jakarta belum afdol rasanya jika belum datang ke Taman Mini Indonesia Indah. Spot wisata edukasi yang juga populer dengan sebutan TMII ini, menyimpan banyak koleksi yang menggambarkan budaya serta adat istiadat berbagai provinsi yang ada di Indonesia.

Jadi, anak-anak bisa menambah pengetahuan serta wawasan terkait keberagaman budaya di berbagai penjuru tanah air dalam satu tempat sekaligus. Tak hanya itu saja, TMII juga memiliki beberapa museum yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa singgah ke Museum Transportasi, Museum Listrik, dan juga Museum Perangko lho!

2. Kota Tua, Jakarta

Sumber: unsplash

Selagi masih di Jakarta, jangan lupa juga untuk mengunjungi Kota Tua ya! Di sini, kamu bisa belajar tentang sejarah kota Jakarta di era Batavia. Ada banyak bangunan bersejarah yang bisa kamu temui di sini seperti Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, Stasiun Jakarta Kota, Museum Wayang, Museum Bahari, dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Selain belajar tentang sejarah, kamu juga bisa puas berswafoto karena setiap sudutnya sangat klasik dan estetik. Bahkan tersedia persewaan sepeda onthel warna-warni yang juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung di kawasan Kota Tua Jakarta.

3. Taman Pintar, Yogyakarta

Sumber: tamanpintar.co.id

Beralih ke Kota Yogyakarta, ada satu tempat di dekat pusat kota yang bisa jadi rujukan tepat untuk berlibur sekaligus belajar, yaitu Taman Pintar. Lokasinya sendiri cukup strategis karena bersebelahan dengan Jalan Malioboro dan Benteng Vredeburg. 

Di sini, kamu bisa belajar tentang berbagai budaya, ilmu pengetahuan, dan teknologi, serta mencoba berbagai wahana seru lainnya. Berbagai wahana yang tersedia di dalamnya antara lain: 

  • Gedung Oval
  • Gedung Kotak 
  • Planetarium
  • Kampung Kerajinan
  • Wahana Bahari
  • Science Theater
  • Gedung PAUD
  • Playground
  • Zona Perpustakaan Taman Pintar Yogyakarta

Meskipun menawarkan berbagai wahana dan permainan yang lengkap, tapi biaya masuknya cukup terjangkau lho! Jadi pastikan spot yang satu ini masuk ke dalam itinerary liburanmu saat ke Kota Jogja ya!

 

 

4. Museum Purbakala Sangiran, Sragen

Sumber: kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Museum selalu identik dengan tempat yang membosankan, tapi tidak dengan yang satu ini. Jika jalan-jalan ke Kota Sragen, maka wajib hukumnya untuk mengunjungi Museum Purbakala Sangiran. Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa melihat berbagai koleksi fosil manusia purba dan juga belajar tentang evolusi manusia dan bumi dari waktu ke waktu.

5. Bali Safari and Marine Park

Sumber: howjido.blogspot.com

Meski Bali terkenal dengan wisata alamnya yang luar biasa, di sini juga terdapat spot wisata edukasi yang tak kalah menarik, yaitu Bali Safari and Marine Park. Berbeda dengan pengalaman yang ditawarkan tempat-tempat sebelumnya, di sini kamu bisa melihat beragam satwa liar yang dilepaskan di habitat aslinya. 

Menariknya, para pengunjung diperbolehkan untuk menyentuh, memberi makan, dan juga berfoto bersama para satwa di dalamnya. Tak ketinggalan, ada juga pertunjukan binatang yang pastinya tidak boleh kamu lewatkan bersama si kecil.

Tak hanya itu saja, tempat ini juga punya spot edukasi, budaya, serta hiburan yang akan semakin memanjakan pengunjung yang datang. Namun, jangan kaget dengan harga tiket masuknya ya! Meskipun mahal, tapi hal ini sepadan dengan berbagai fasilitas dan daya tarik yang ditawarkan.

 

 

Manfaat Wisata Edukasi untuk Anak

Perlu kamu ketahui bahwa wisata edukasi juga memberi segudang manfaat terutama untuk tumbuh kembang anak. Jadi, agendakan untuk mengunjungi berbagai tempat wisata edukasi di atas untuk mendapatkan berbagai manfaat berikut ini.

1. Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan

Mengunjungi tempat-tempat wisata edukasi akan meningkatkan wawasan dan pengetahuan anak. Selain itu, mereka akan merasakan pengalaman nyata dan melihat langsung semua teori yang tertulis di dalam buku sejarah, sains, iptek, dan lain sebagainya. Hal ini secara pasti akan menguatkan pemahaman mereka tentang berbagai pengetahuan tersebut.

Tak hanya itu saja, ragam budaya dan adat istiadat yang anak-anak pelajari saat berkunjung ke berbagai museum serta spot edukasi tersebut akan menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan rasa toleransi dan menghargai perbedaan yang ada di Indonesia. 

2. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Mengajak anak ke berbagai spot edukasi di tanah air juga akan mengembangkan keterampilan sosial mereka. Pasalnya, anak-anak akan bertemu dengan banyak orang di berbagai kalangan dan juga berinteraksi secara langsung. 

Dengan demikian, anak-anak akan belajar untuk berbicara dan bertingkah laku dengan baik, belajar berbagi, dan bekerja sama dengan orang lain.

3. Merangsang Kreativitas dan Imajinasi

Jalan-jalan ke tempat-tempat bersejarah, alam terbuka, dan lain-lain juga bisa merangsang kreativitas serta imajinasi anak. Pasalnya, ada banyak hal baru yang bisa dijumpai selama berwisata, sehingga apa yang dilihat akan menginspirasi mereka di kemudian hari.

4. Menumbuhkan Sikap Peduli Terhadap Alam

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa wisata edukasi tidak hanya seputar museum atau tempat bersejarah saja, tapi juga alam terbuka. Dengan mengajak anak mengunjungi hutan atau spot alam lainnya, kamu sama saja mengajarkan mereka untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan kelestarian alam. 

5. Lebih Mandiri dan Percaya Diri

Sering mengajak anak untuk pergi jauh dari rumah juga bisa membuat mereka lebih mandiri dan juga percaya diri. Pasalnya, mereka akan berhadapan dengan situasi baru yang masih asing. Dalam hal ini anak-anak akan belajar untuk mengatasi rasa takut atau perasaan cemas saat berada di tempat baru yang berjarak cukup jauh dari tempat tinggal.

 

 

Liburan Tetap Sehat dengan Enervon-C Plus Syrup

Anak-anak pastinya sangat antusias setiap kali diajak berlibur, seakan-akan energinya tidak akan habis untuk mengeksplor semua tempat-tempat wisata yang ada. Namun, kamu harus tetap siaga dan menyiapkan segala hal supaya anak tetap semangat dan tidak jatuh sakit saat liburan.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk rutin memberikan multivitamin tambahan seperti Enervon-C Plus Syrup untuk menjaga daya tahan si kecil supaya tidak mudah sakit. Di dalam multivitamin ini terdapat kandungan vitamin C yang bantu tingkatkan sistem imunitas, serta vitamin B Kompleks yang menambah energi di tubuh, sehingga anak-anak tetap aktif sepanjang hari.

Kamu tidak perlu khawatir karena Enervon-C Plus Syrup sangat aman untuk lambung meski diminum setiap hari. Selain itu, multivitamin yang satu ini juga tidak bikin ketagihan dan pastinya sudah lolos BPOM.

Segera dapatkan produknya secara online dengan mengunjungi link Tokopedia dan juga Shopee berikut ini ya!