Setelah lelah dan penat melewati ujian sekolah, kini saatnya untuk berlibur bersama keluarga! Lalu, tempat mana saja yang sebaiknya kamu kunjungi saat libur sekolah tiba? Taman bermain anak bisa jadi opsi terbaiknya. Ada banyak pilihan wahana bermain anak yang bisa kamu coba untuk mengisi liburan nanti bersama anak dan pasangan. Jika masih bingung, tidak perlu khawatir karena Enervon telah merangkum rekomendasi terbaiknya untukmu! Simak ulasannya hanya di artikel berikut ini!

Rekomendasi Taman Bermain Anak

Ada banyak rekomendasi taman bermain anak yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika disebutkan semuanya, maka artikel ini tidak akan selesai mengulas semuanya. Oleh sebab itu, Enervon telah memilih lima rekomendasi teratas yang wajib untuk kamu kunjungi. Berikut ulasannya!

1. Dufan Ancol, Jakarta

Dufan atau singkatan dari Dunia Fantasi yang terletak di Ancol Jakarta merupakan taman bermain paling populer yang pernah ada. Di sini, kamu bisa mencoba berbagai macam permainan dari yang ramah anak hingga yang menantang adrenalin.

Dulunya, Dufan Ancol merupakan kawasan habitat kera, sehingga hal ini yang melatar belakangi dipilihnya kera bekantan sebagai maskot dari taman bermain legendaris yang satu ini. Hal menarik lain yang bisa kamu lihat di sini adalah wilayahnya yang digambarkan dengan bermacam-macam karakter.

Di antaranya adalah kawasan Jakarta, Indonesia, Fantasi Hikayar, Fantasi Yunani, Eropa, Kawasan Istana, Kawasan Asia, dan Dunia Kartun.

 

2. Taman Safari, Bogor

Sumber: tiket.com

Jika anak-anak menyukai hewan, maka Taman Safari Bogor jangan sampai terlewatkan ya! Terletak di kawasan Puncak, tepatnya di Desa Cibeureum, Cisarua, Bogor, taman ini bukan sekedar objek wisata biasa, tapi juga merupakan penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Saat mengunjungi Taman Safari, kamu akan merasakan sensasi menonton satwa yang berbeda dengan melihatnya secara langsung di alam bebas. Bahkan kamu bisa menyaksikan sendiri berbagai macam binatang buas dari jarak yang lebih dekat lho! Tak hanya itu saja, pengunjung juga bisa memberi makan hewan secara langsung.

Pastinya, liburan ke Taman Safari akan memberikan pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan ya!

 

3. Jawa Timur Park, Batu, Malang

Sumber: tiket.com

Beralih ke kota Malang, kamu bisa datang ke Jawa Timur Park atau yang biasa disebut dengan Jatim Park. Jawa Timur Park terdiri dari tiga wahana yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3.

Jatim Park 1 menyuguhkan banyak wahana seru seperti Waterboom, Science Center, Volcano Coaster, Sky Ride, Flying Tornado, Dragon Coaster dan lain-lainnya. Kamu bisa mengunjungi

Jatim Park 1 yang berlokasi di Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. untuk menikmati berbagai permainan di dalamnya, kamu cukup membayar Rp 91.000 pada weekdays dan Rp130.000 pada weekend.

Berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 merupakan taman rekreasi yang mengusung konsep satwa. Di dalamnya terdapat Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Pohon Inn Hotel. Harga tiket untuk Jatim Park 2 adalah Rp 91.000 pada weekdays dan Rp 120.000 pada weekend.

Jatim Park 3 juga tak kalah seru, karena di sini kamu bisa berpetualang ke berbagai theme park seperti Dino Park, The Legend Star, Infinite World, Ice Age, Fun Tech Plaza, Museum Musik Dunia, dan The House of Zombie.

 

4. Sindu Kusuma Edupark, Yogyakarta

Sumber: tiket.com

Kota Yogyakarta ternyata tak hanya populer dengan Malioboro, Keraton Kesultanan Yogyakarta, dan candi Prambanan saja lho! Jika kamu berlibur ke Kota Budaya yang satu ini, maka ajak anak-anak untuk berpetualang ke Sindu Kusuma Edupark (SKE) yang berlokasi di Jl. Jambon, Kragilan, Sleman, Yogyakarta.

Seperti taman bermain anak pada umumnya, di sini kamu bisa menemukan banyak wahana permainan yang unik dan menarik. Berbagai wahana yang ada di SKE memiliki nama-nama Jawa yang menjadi ciri khas seperti Cakra Manggilingan atau bianglala, Monitor Tumbur atau boom boom car, Kursi Mabur atau ontang anting, dan masih banyak lagi.

Hebatnya, bianglala yang ada di SKE merupakan bianglala tertinggi nomor 6 di Asia Tenggara dan nomor 1 di Indonesia. Jika kamu ingin menyaksikan kota Jogja dari ketinggian, maka jangan lewatkan untuk mencoba bianglala ini ya! Kamu cukup membayar Rp 70.000 saja untuk menikmati tiket terusan dan menikmati semua wahana yang ada di sana.

 

5. Waterbom, Bali

Sumber: tiket.com

Jika kamu mengisi liburan sekolah kali ini di Pulau Bali, maka wajib banget untuk menyambangi Waterbom Bali. Wahana air yang pernah dinobatkan sebagai waterboom terbaik di Asia pada 2018 silan tersebut menawarkan berbagai macam permainan yang super lengkap dan seru seperti Climax, Super Bowl, Lazy River, dan Constrictor.

Tiket masuk ke area Waterbom Bali dibanderol dengan harga Rp327.000 untuk anak-anak dan Rp455.000 untuk dewasa. Sementara untuk rombongan harganya adalah Rp 1.435.000. Meskipun harganya cukup pricey, tapi semua permainan yang ada di dalamnya sangat worth to try!

 

 

Tips Menjaga Kesehatan Anak saat Traveling

Berbeda dengan orang dewasa, mengajak anak-anak untuk traveling perlu persiapan lebih. Supaya liburan bisa berjalan lancar, pastikan untuk menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Memperhatikan Asupan Gizi Anak

Meski terdengar sepele, tapi memperhatikan asupan gizi anak menjadi hal yang mendukung kondisi kesehatan mereka selama berlibur. Pastikan anak selalu menyantap makanan bergizi sebelum dan saat berlibur. Kurangi atau hentikan untuk memberikan es krim atau jajanan anak yang mengandung MSG demi menjaga kesehatan mereka selama liburan.

2. Memastikan Anak Punya Waktu Istirahat yang Cukup

Seringnya, anak-anak jadi lupa diri dan terus asyik bermain saat berada di wahana permainan mana pun. Namun, kamu tetap harus memastikan anak untuk beristirahat supaya tidak kelelahan dan menjadi rewel karena kurang tidur.

Oleh sebab itu, pandai-pandailah mengatur waktu tidur siang kepada anak dengan memberi pengertian secara pelan-pelan. Jika anak-anak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka mereka akan merasa lebih bugar untuk melanjutkan aktivitas liburan pada sore hari atau keesokan paginya.

3. Menjaga Kebersihan

Saking asyiknya bermain, anak-anak tidak sadar bahwa tangannya telah terkontaminasi dengan partikel-partikel kecil di tanah, air, dan permainan yang dipegangnya. Apabila orang tua tidak mawas diri, maka hal tersebut bisa menyebabkan masalah pada si kecil lho!

Apalagi pada usia balita yang masih suka seenaknya memasukkan apa pun ke dalam mulut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, rajin-rajinlah mengajak anak untuk cuci tangan supaya terhindar dari virus, kuman, dan bakteri yang mengancam kesehatan ya!

4. Membawa Obat-Obatan Pribadi

Meskipun anak berada dalam kondisi fisik yang prima, tapi untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu membawa obat-obatan pribadi. Misalnya saja seperti obat demam, flu, batuk, minyak kayu putih, dan sebagainya. Kamu juga bisa memberikan madu, minuman prebiotik, atau minuman herbal anak untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil.

5. Berikan Vitamin pada Anak

Selain memberikan asupan makanan yang bergizi, kamu juga bisa memberikan tambahan vitamin pada anak. Saat berlibur, anak-anak tentu akan memiliki aktivitas yang padat. Oleh karena itu, dengan memberikan vitamin, orang tua secara tidak langsung memberikan proteksi ganda pada kesehatan mereka.

Selain anak-anak, kamu sebagai orang tua juga wajib mengonsumsi multivitamin tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh dan memastikan diri senantiasa tetap fit saat traveling bareng anak.

 

 

Pilih Enervon-C Tablet sebagai multivitamin harian untuk dikonsumsi selama berlibur ya! Multivitamin yang satu ini mengandung vitamin C yang efektif menjaga daya tahan tubuh, dan juga vitamin B kompleks yang bantu pembentukan energi, sehingga kamu selalu fit, aktif, dan gak gampang sakit! Ayo order Enervon-C Tablet di official store Enervon yang terpercaya dengan klik tautan toko di Shopee atau Tokopedia berikut!