Mengajak anak-anak untuk mengisi liburan dengan mengunjungi objek wisata budaya bisa menjadi ide yang menyenangkan lho! Mungkin terdengar membosankan, tapi sebenarnya mengunjungi tempat-tempat dengan nilai histori akan memberikan pengalaman yang berbeda. Bahkan, hal ini akan memberikan banyak manfaat bagi anak-anak. Jadi tunggu apalagi, ayo agendakan liburanmu untuk datang ke berbagai rekomendasi objek wisata sejarah berikut ini!

Manfaat Wisata Budaya untuk Anak-Anak

Sebelum membahas lebih jauh tentang tempat-tempat mana saja yang bisa kamu kunjungi, simak dulu berbagai manfaat wisata budaya untuk anak-anak di bawah ini.

1. Sebagai Sarana Edukasi untuk Anak-Anak

Belajar sejarah dan budaya dengan mengunjungi tempatnya secara langsung tentunya akan lebih menyenangkan ketimbang hanya membacanya dari buku. Nah, cara ini bisa menjadi sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak karena mereka bisa liburan sambil belajar. Jadi, selain menikmati momen liburan, wawasan terkait budaya tanah air juga bertambah.

2. Memaknai Bhineka Tunggal Ika

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama, dan budaya. Dengan mengenalkan ragam budaya yang ada di tanah air, kamu saja saja ikut mengajak anak untuk memaknai keberagaman atau Bhineka Tunggal Ika. Dengan kata lain, anak-anak juga akan lebih terbuka untuk menerima perbedaan yang ada di sekitarnya.

3. Mengajarkan Toleransi

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Tiap-tiap daerah tentunya memiliki adat istiadat masing-masing yang harus kita hormati. Hal ini sama saja dengan mengajarkan sikap toleransi kepada generasi penerus.

4. Melestarikan Budaya Tanah Air

Dengan mengunjungi objek wisata sejarah, sama saja kamu sudah ikut berperan dalam upaya pelestarian budaya. Hal ini memang sepatutnya ditanamkan sejak dini, supaya warisan budaya tetap dikenal oleh generasi penerus secara turun temurun. Jadi, jangan lupa untuk agendakan liburanmu dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah bersama anak-anak ya!

5. Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air

Manfaat lain dari wisata budaya adalah menumbuhkan rasa cinta tanah air. Berpetualang ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Indonesia akan menambah wawasan dan pengetahuan. Keberagaman tersebut tentu akan membuat anak-anak semakin antusias untuk mengunjungi objek wisata budaya yang lain. Dengan demikian, perlahan-lahan rasa cinta terhadap tanah air pun juga akan meningkat.

 

 

Rekomendasi Wisata Budaya di Indonesia

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk pergi ke tempat wisata budaya yang ada di tanah air, beberapa rekomendasi  di bawah ini jangan sampai terlewatkan ya!

1. Kraton Yogyakarta

Salah satu objek wisata budaya yang wajib masuk ke dalam itinerary saat liburan ke Jogja adalah Kraton Yogyakarta. Bangunan bersejarah yang menyatu dengan Alun-Alun Utara tersebut berlokasi di pusat kota dan berdekatan dengan kawasan Malioboro.

Selain menjadi kediaman Sultan dan keluarga, Kraton Jogja juga menyimpan banyak koleksi kebudayaan Jawa seperti pakaian adat, kereta kencana, seni ukir, dan berbagai benda bersejarah lainnya. Pada jam-jam tertentu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan seni dan tari tradisional di dalam area Kraton.

2. Candi Prambanan

Selain Kraton Yogyakarta, kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk mengunjungi Candi Prambanan selama berlibur ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemegahan candi Hindu yang satu ini bahkan telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

Saat masuk ke kompleks Candi Prambanan, bersiaplah untuk menyaksikan keindahan arsitektur candi yang sudah ada sejak berabad-abad lamanya. Selain itu, ada banyak patung dewa dewi dengan riwayat cerita yang menarik. Pada malam harinya, kamu juga bisa menikmati pertunjukan musik dan sendratari Ramayana yang mendapat banyak antusiasme di kalangan wisatawan.

3. Candi Borobudur

Bergeser ke kota sebelahnya, terdapat Candi Borobudur yang juga merupakan Situs Warisan Budaya oleh UNESCO. Berbeda dengan Candi Prambanan, Candi Borobudur adalah candi Buddha yang terletak di kota Magelang, Jawa Tengah.

Daya tarik utama dari candi ini adalah deretan stupa, patung Buddha, dan relief di dalamnya. Kemegahan Candi Borobudur bahkan sangat mendunia dan menjadi tujuan utama para pelancong asing yang datang ke sini.

4. Desa Penglipuran

Pulau Bali memang sangat populer dengan wisata alamnya yang elok. Namun, di sini juga terdapat objek wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Desa Penglipuran. Desa Penglipuran merupakan desa adat yang memiliki arsitektur tradisional yang indah, bersih, dan asri. Menariknya, penduduk setempat berusaha menciptakan keseimbangan alam dan tradisi yang bertahan sampai sekarang.

5. Desa Sasak Sade dan Sasak Ende

Selain Bali, Nusa Tenggara Timur juga memiliki desa adat yang cukup terkenal bernama Desa Sasak Sade dan Sasak Ende. Berlokasi di Lombok Tengah, kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan berkesan saat datang ke tempat ini.

Desa ini memiliki bangunan tradisional yang unik dengan penduduk yang sangat ramah. Tak hanya itu saja, terdapat juga pertunjukkan tari Peresean yang menjadi simbol kejantanan laki-laki di Lombok. Kamu juga bisa membeli cenderamata berupa kain tenun dan mempelajari cara membuatnya dari penduduk lokal.

 

 

Nah, untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap fit saat melakukan wisata budaya bersama keluarga, kamu bisa mengonsumsi Enervon-C Tablet setiap harinya. Enervon-C Tablet memiliki kandungan vitamin C, vitamin B Kompleks, serta Enerzinc yang menjaga tubuh supaya tidak gampang lelah dan terus fit.

Menariknya, multivitamin yang satu ini sangat aman untuk lambung dan tidak menyebabkan ketergantungan lho! Klik link official store Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produknya sekarang juga ya!