Vakansi atau liburan menjadi salah satu cara untuk menyegarkan pikiran, memberi waktu istirahat bagi tubuh, menghabiskan momen dengan orang tersayang, hingga memaksimalkan hobi. Apa pun isi kegiatannya, mengunjungi dan menjelajahi destinasi wisata juga populer dilakukan. Jika kamu berminat pada destinasi wisata alam pegunungan, sejarah, dan udara yang bersih, maka Magelang memiliki penawaran tempat wisata hits yang beragam. Untuk memudahkan kamu membuat itinerari, kami pilihkan objek wisata di Magelang yang lagi hits di bawah ini.

Objek Wisata di Magelang yang Lagi Hits

1. Candi Borobudur

Tentu saja wisata di Magelang yang tak akan kehabisan masa hits adalah Candi Borobudur. Sebagai tempat ibadah umat Budha, candi terbesar di Indonesia ini telah diakui UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia sejak tahun 1991. Selain area candi yang cocok untuk piknik bersama keluarga, bangunan candinya sendiri sangat seru untuk dieksplorasi. Bahkan kalian juga bisa mengunjungi beberapa museum di sekitarnya.

2. Svargabumi Borobudur

Sumber: bob.kemenparekraf.go.id

Tidak jauh dari Candi Borobudur terdapat objek wisata yang terkenal karena hamparan sawahnya yang luas. Selain pemandangan yang cantik, kamu juga bisa berburu puluhan spot foto yang ditawarkan. Mulai dari spot foto kekinian hingga spot foto seru di kolam bisa kamu dapatkan. Bahkan kamu juga bisa makan siang di sana lho.

3. Bukit Rhema Gereja Ayam

Sumber: bob.kemenparekraf.go.id

Satu lagi tempat wisata hits di Magelang yang dekat dengan Candi Borobudur, yaitu Bukit Rhema Gereja Ayam. Sesuai dengan namanya, tempat ibadah dengan arsitektur menyerupai ayam ini memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan dataran tinggi yang keren. Selain Bukit Menoreh, beberapa daya tarik pemandangan di sini adalah Gunung Sumbing, Puncak Suroloyo, hingga Candi Borobudur.

4. Ketep Pass

Sumber: investigasi.id

Menawarkan pemandangan dari 5 puncak gunung di Jawa Tengah, Ketep Pass menjadi tempat wisata dataran tinggi yang banyak digemari. Selain udara yang sejuk dan bersih, kamu juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang cantik. Bahkan ada museum Gunung Merapi yang memungkinkan kamu belajar vulkanologi di sana.

5. Bukit Giyanti

Sumber: pariwisata.magelangkab.go.id

Spot wisata hits lain yang cocok untuk kamu pecinta bukit dan gunung di Magelang adalah Bukit Giyanti. Dengan ketinggian sekitar 1200 mdpl, kamu bisa menikmati pemandangan lautan awan tebal di cuaca yang cerah. Bahkan kamu juga bisa berkemah di sini untuk menunggu indahnya matahari terbit.

6. Air Terjun Kedung Kayang

Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Tempat wisata alam di Magelang berikutnya yang sayang sekali dilewatkan adalah Air Terjun Kedung Kayang. Ada beberapa air terjun di Magelang yang sangat cantik, tapi air terjun yang satu ini bisa dinikmati dari atas maupun dari bawah. Berlokasi di antara Gunung Merapi dan Merbabu membuat spot wisata ini cocok untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

7. Punthuk Setumbu

Sumber: magelangekspres.disway.go.id

Spot ikonik dan populer untuk menyaksikan matahari terbit memang di Candi Borobudur, tapi Punthuk Setumbu juga menawarkan keindahan yang sama. Pemandangan alam dari dataran tinggi menjadi daya tarik utama yang tidak pernah membosankan untuk dinikmati.

8. Silancur Highland

Sumber: asset.kompas.com

Terletak di lereng Gunung Sumbing, Silancur Highland menjadi tempat wisata yang memungkinkan kamu berkemah. Bayangkan harimu ditutup dengan matahari terbenam yang menawan dan dimulai esok harinya dengan matahari terbit yang tak kalah cantik. Perlengkapan kemah juga bisa disewa di sana, jadi kamu tidak perlu repot menyiapkan.

Karena Magelang memang terkenal dengan tempat wisata khas pegunungan, destinasi ini cocok bagi kamu pecinta kesejukan dataran tinggi. Selain yang telah disebutkan di atas, beberapa tempat wisata lain dengan karakteristik yang hampir sama adalah Punthuk Sukmojoyo, Bukit Barede, Gunung Tidar, Punthuk Kendil, Candi Pawon, Candi Ngawen, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu saja masing-masing memiliki keunikannya sendiri jadi tidak ada kata membosankan dalam perjalanan wisata di Magelang ini.

Tips Sehat Wisata di Magelang

Suhu dan rata-rata cuaca di Magelang memang terkenal relatif lebih sejuk dibanding daerah dan kota besar lain di sekitarnya. Bahkan beberapa area dataran tinggi lebih dingin pada musim-musim tertentu. Untuk menjaga kesehatan tubuh lebih optimal selama liburan di Magelang, ikuti beberapa tips sehatnya berikut ini.

  • Bawa baju atau aksesoris tambahan yang bisa menghangatkan tubuh, seperti jaket, syal, penutup kepala, dan lain-lain. Berlama-lama di tempat yang sejuk menjadi lebih nyaman karena suhu tubuh tetap normal.
  • Bawalah botol air minum pribadi untuk mendukung hidrasi tubuh. Selain air putih, kamu bisa membawa teh herbal atau wedang jahe untuk membantu menghangatkan tubuh dan menguatkan sistem imun.
  • Jangan lupa mengoleskan ulang tabir surya secara berkala setiap 2 jam sekali jika kamu banyak melakukan perjalanan di banyak tempat wisata luar ruangan.
  • Obat-obatan pribadi tidak boleh diremehkan karena bisa menjadi pertolongan pertama saat terjadi sakit atau luka. Termasuk suplemen penambah energi dan penguat daya tahan tubuh jika diperlukan.

Khusus untuk tips terakhir, Enervon-C Tablet menjadi salah satu produk vitamin yang disarankan karena kandungannya yang lengkap. Tidak hanya vitamin C, konsumsi satu tablet per hari akan membantu memenuhi nutrisi harian berupa vitamin B kompleks, niacinamide, dan mineral lain. Tubuh yang sehat dan bugar akan membawa kamu pada pengalaman liburan yang berkesan. Dapatkan produknya melalui Tokopedia dan Shopee resmi Enervon.

Featured Image - indonesia.travel