Sistem gerak punya peran yang sangat penting bagi tubuh manusia, di antaranya adalah melindungi organ tubuh, memberikan bentuk tubuh, membuat tubuh berdiri tegak, serta sebagai  tempat melekatnya otot di tubuh. Nah, organ yang berperan dalam sistem gerak pada tubuh manusia terdiri dari rangka tulang, otot, dan persendian. Lalu, aktivitas apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan alat gerak?

Jawabannya tentu saja melakukan aktivitas fisik. Pasalnya, kegiatan fisik merupakan habit yang bisa meningkatkan serta menjaga kesehatan tulang. Semakin aktif kamu bergerak, kepadatan tulang akan meningkat karena terbiasa terlatih. 

Jika tubuh kurang gerak, hal ini bisa meningkatkan kemungkinan terkena berbagai penyakit seperti stroke, jantung, diabetes, dan lain-lain. Supaya hal itu tidak terjadi, yuk lakukan berbagai aktivitas fisik berikut!

Aktivitas untuk Menjaga Kesehatan Alat Gerak

Demi menjaga kesehatan alat gerak di hari ini dan seterusnya, kamu harus membiasakan diri untuk bergerak. Berbagai kegiatan yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Berjemur 

Vitamin D dipercaya dapat menyehatkan tulang. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan aktivitas yang memungkinkan tubuh untuk mendapatkan asupan vitamin D seperti misalnya berjemur. Pasalnya, sinar matahari pagi dapat membantu pembentukan vitamin D yang akan mendukung penyerapan kalsium pada makanan yang masuk ke tubuh.

2. Rutin Berolahraga

Selain tulang, kamu juga perlu memperhatikan kesehatan otot. Oleh sebab itu, mulailah untuk rutin berolahraga guna meningkatkan kekuatan otot tubuh. Selain memperkuat otot, olahraga teratur juga akan membuatmu tetap bugar dan membuat postur tubuh lebih tegak. Pilih jenis olahraga yang paling mudah, ringan, atau sesuai minatmu supaya aktivitas ini terasa menyenangkan.

3. Jangan Mengangkat Beban Berat

Melakukan aktivitas fisik memang dianjurkan untuk melatih kekuatan otot. Namun, pastikan untuk tidak mengangkat beban yang berat karena hal ini justru berisiko membuatmu cedera atau mengalami patah tulang.

 

 

4. Memperhatikan Sikap Tubuh yang Benar

Meski terkesan sepele, tapi sikap tubuh yang benar juga memengaruhi kesehatan alat gerak. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan sikap tubuh yang salah seperti misalnya membungkuk saat duduk. Usahakan untuk duduk dalam posisi tegak agar kesehatan tulang belakang senantiasa terjaga. Selain itu, gunakan alas yang datar dan padat saat hendak tidur agar posisi tulang belakang tetap lurus.

5. Sering Berjalan Kaki

Banyak yang menyepelekan gerakan jalan kaki. Padahal, aktivitas ringan yang satu ini sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kesehatan otot dan sendi. Rutin berjalan kaki setiap hari selama 30 menit dapat menguatkan otot, melumasi sendi, serta mendukung kesehatan sendi. 

Selain itu, kegiatan ini juga bisa meringankan gejala pada penderita gangguan sendi.

 

 

6. Naik Turun Tangga

Aktivitas untuk menjaga kesehatan alat gerak lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan naik turun tangga. Jika kamu terbiasa menggunakan lift untuk naik ke lantai atas, baik di kantor, mall, atau tempat lainnya, cobalah untuk menggantinya dengan menaiki anak tangga.

Hal ini bisa melindungimu dari nyeri sendi akibat peradangan atau pengeroposan tulang saat lanjut usia nanti. Selain itu, naik turun tangga juga bermanfaat untuk melatih kekuatan otot kaki dan juga sendi.

7. Bermain Bersama Anak

Bermain bersama anak ternyata tak hanya mempererat bonding antara orang tua dan anak, tapi juga sekaligus melatih tulang dan otot. Pasalnya, anak-anak cenderung memiliki energi yang banyak sehingga aktif bergerak. 

Mereka akan sering berlari-lari, melompat, menari, dan melakukan aktivitas tubuh lainnya. Nah, kamu pun bisa menemani anak-anak bermain sambil mengikuti gerakan mereka.

 

 

Selain melakukan aktivitas fisik di atas, menjaga kesehatan alat gerak juga perlu didukung dengan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan juga vitamin D. Pasalnya, baik kalsium dan vitamin D bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. 

Kamu bisa menemukan sumber kalsium pada ikan salmon, susu, kedelai, kangkung, brokoli, dan juga kacang almond, sedangkan sumber pangan yang mengandung vitamin D di antaranya adalah telur, produk olahan kedelai, udang, hati sapi, minyak ikan, serta ikan yang berlemak.

Tak hanya memperhatikan kesehatan tulang, otot, dan sendi saja, kamu juga perlu menjaga daya tahan tubuh supaya tidak gampang sakit dengan mengonsumsi multivitamin tambahan seperti Enervon-C Effervescent.

Hadir dalam rasa jeruk yang menyegarkan, multivitamin yang satu ini mengandung 1000mg vitamin C yang bantu tingkatkan sistem imun dan melindungi tubuh supaya gak gampang sakit. Selain itu, di dalamnya terdapat kandungan vitamin B-Kompleks yang berperan penting dalam pembentukan energi di tubuh sehingga kamu akan senantiasa fit dan aktif sepanjang hari. Bahkan, Enervon-C Effervescent juga menawarkan berbagai keunggulan sebagai berikut.

  • Dikemas dalam bentuk tablet effervescent yang larut dalam air, lebih enak, serta menyegarkan.
  • Manfaat kandungan di dalamnya mudah diserap karena masuk ke tubuh dalam bentuk cairan.
  • Menambah cairan di tubuh.
  • Aman bagi lambung dan tidak menimbulkan ketergantungan.
  • Pastinya halal dengan harga yang ramah di kantong.

Cukup minum 1 tablet per hari dan rasakan manfaatnya yang luar biasa bagi tubuh. Ayo buktikan sekarang juga dengan membeli produknya pada tautan Tokopedia dan Shopee berikut ini ya!

 

Referensi:

1. Mayo Clinic. Bone health: Tips to keep your bones healthy. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/bone-health/art-20045060

2. Ventura Orthopedics. Top Activities for Strengthening Your Bones and Joints

Ventura. https://venturaortho.com/top-activities-for-strengthening-your-bones-and-joints/