Bali menjadi salah satu destinasi unggulan yang mendapat perhatian besar dari banyak wisatawan mancanegara. Kamu sebagai orang Indonesia, pernahkah mengeksplorasi Bali dan sekitarnya? Kali ini kami akan membahas beberapa daya tarik yang ditawarkan Ubud, satu kawasan di Bali yang populer karena seni budaya tari dan kerajinan tradisionalnya. Ada banyak keindahan alam dan budaya yang sayang sekali dilewatkan di Ubud. Untuk memudahkan kamu membuat itinerari, simak tempat wisata di Ubud yang lagi hits dan masih saja populer hingga kini karena banyak direkomendasikan berikut ini.

Tempat Wisata di Ubud yang Lagi Hits

1. Bali Swing

Sumber: Google oleh Thi Hong Dao

Tempat wisata hits pertama di Ubud adalah Bali Swing, destinasi yang menawarkan keseruan menikmati ayunan dari ketinggian. Selain menantang adrenalin, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam khas dataran tinggi yang menawan. Bahkan ada spot yang memungkinkan kamu menyaksikan air terjun dari atas. Karena ada beberapa ayunan dengan konsep yang berbeda, kamu bisa memiliki latar belakang foto yang unik. Menarik sekali, bukan?

2. Pasar Seni Ubud

Sumber: Google oleh Siu Wai Alva Leung

Telah sedikit disinggung di atas bahwa Ubud erat kaitannya dengan seni kerajinan tradisional. Salah satu lokasi yang harus dikunjungi untuk melihat beragamnya karya seni lokal adalah Pasar Seni Ubud. Kamu bisa memilih ribuan jenis produk seni buatan masyarakat Ubud dari jam 10 pagi hingga 5 sore. Jika kamu ingin fokus pada kerajinan, jelajahilah pasar ini di bagian barat ya.

3. Galeri Seni dan Museum

Sumber: Google oleh SpringTata

Sedangkan untuk kamu pecinta karya seni dan budaya, Ubud memiliki beberapa spot yang harus dijelajahi. Komaneka Fine Art Gallery adalah tempatnya karya seni kontemporer yang unik. Karya seniman muda Bali ada banyak sekali dipajang di sini. Lalu ada Museum Neka Art yang menyimpan ratusan karya lukis Affandi dan Bagong. Beberapa museum lain yang patut dikunjungi adalah Museum The Blanco Renaissance, Museum Puri Lukisan, dan Agung Rai Museum of Art.

4. Campuhan Ridge Walk

Sumber: Google oleh Phillipbridge1

Untuk menjelajahi keindahan alamnya, Campuhan Ridge Walk harus masuk dalam itinerari kamu. Di lokasi ini kamu bisa menikmati pemandangan perbukitan yang hijau pada jalur yang ada. Selain udara yang bersih dan segar, kamu bisa menikmati pemandangan sungai dan lembah. Jika kamu punya waktu lebih, menyaksikan momen matahari terbit dan terbenam akan membuat liburanmu semakin berkesan.

5. Mandala Suci Wenara Wana dan Monkey Forest Ubud

Sumber: Google oleh YH LEE

Tempat wisata berikutnya adalah Mandala Suci Wenara Wana, cagar alam berupa hutan ini sekaligus menjadi tempat yang sakral dengan adanya 3 pura sebagai tempat sembahyang. Monkey Forest Ubud menjadi rumah bagi ratusan monyet ekor panjang yang bisa kamu ajak interaksi. Suasana tenang khas hutan dan udara yang bersih akan menjadi teman melepas penat selama di sini.

6. Goa Gajah

Sumber: Google oleh Annisa Jembar Sari

Goa Gajah adalah gua buatan yang juga difungsikan sebagai tempat ibadah dan menjadi salah satu pura tertua di Bali. Mulut gua sekaligus pintu pura diukir sehingga menyerupai mulut raksasa. Di depan mulut gua tersebut terdapat kolam besar dengan arca dari India. Suasana asri, pepohonan berusia ratusan tahun, arsitektur eksterior yang bersejarah, dan bagian dalam gua yang unik menjadikan tempat ini harus dikunjungi saat liburan.

7. Pura Tirta Empul

Sumber: Google oleh Tomas Kolibar

Satu lagi tempat ibadah di Ubud yang juga menjadi tempat wisata yang hits, yaitu Pura Tirta Empul. Pura ini juga menjadi tempat penyucian diri (melebuh dan melukat) bagi masyarakat. Pengunjung juga bisa berdoa dan merasakan mata air dari pancuran atau di kolamnya langsung. Ada keyakinan siapa pun yang berendam dan berdoa di bawah pancuran akan mengusir aura negatif. Terlepas dari keyakinan tersebut, kamu akan merasakan kesegaran alami dari Pura Tirta Empul.

8. Tegalalang Rice Terrace

Sumber: Google oleh Kawi Boedisetio

Rekomendasi terakhir tempat wisata di Ubud yang lagi hits adalah Tegalalang Rice Terrace. Lokasi ini memungkinkan kamu menikmati cantiknya terasering sawah yang rapi. Apalagi dengan fakta bahwa terasering dan sistem perairan subak adalah budaya masyarakat Bali yang masih lestari hingga kini. Jangan lupa untuk menikmatinya sambil mencicipi kudapan dan minuman enak di kedai atau restoran di sekitarnya.

Catatan Kecil agar Sehat Selama Liburan di Ubud Bali

Dari banyaknya tempat wisata di Ubud yang lagi hits, manakah yang paling ingin kamu kunjungi? Tentu kamu setuju bahwa liburan di Ubud dan Bali akan semakin optimal ketika tubuh sehat dan berstamina. Ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar tubuh sehat selama liburan dan tidak lelah berlebihan saat kembali ke rumah.

Pertama, pastikan kamu mendapat asupan cairan tubuh yang cukup. Bawa botol air minum pribadi sangat disarankan agar akses terhadap minuman, terutama air putih, semakin praktis. Kedua, bawa serta tabir surya kamu jika banyak menjelajahi tempat wisata luar ruangan. Aplikasikan pada kulit yang tidak tertutup pakaian 2 jam sekali untuk meminimalisir iritasi akibat sinar matahari langsung. Ketiga, jangan remehkan barang bawaan penting seperti obat-obatan pribadi dan suplemen. Jika obat-obatan pribadi bisa menjadi pertolongan pertama, maka suplemen akan membantu tubuh mendapatkan nutrisi harian.

Bicara soal suplemen, Enervon-C Tablet menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk dibawa serta saat liburan. Selain bentuknya yang praktis berupa tablet, suplemen ini juga mengandung vitamin lain selain vitamin C. Mulai dari vitamin B1, B2, B6, B12, serta beberapa jenis mineral seperti niacinamide dan ca pantothenate. Dapatkan produknya melalui toko resmi Enervon di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - indonesia.travel