Bulan Ramadan sebentar lagi tiba dan umat Islam akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Untuk beberapa orang puasa menjadi tantangan tersendiri karena rutinitas harian seperti kebiasaan makan, tidur, dan kegiatan lainnya berubah. Terlebih lagi untuk karyawan yang harus tetap bekerja selama bulan puasa. Tidak bisa dipungkiri perubahan kebiasaan selama bulan puasa tersebut bisa menurunkan semangat dalam bekerja dan berujung turunnya kinerja. Untuk itu kamu bisa mencermati beberapa tantangan puasa tetap kerja berikut. Ikuti juga beberapa tips ampuhnya agar tubuh tetap fit meski puasa tetap kerja.

Tantangan Puasa Tetap Kerja

Tentu saja tantangan pertama dari puasa dan harus tetap bekerja adalah tidak adanya sarapan dan makan siang. Tidak sedikit pekerja yang kemudian memiliki prinsip harus makan banyak saat sahur. Sayangnya, justru hal ini yang bisa menjadi penyebab pekerja kurang produktif di pagi hari karena mengantuk.

Bicara soal rasa kantuk, kondisi ini menjadi tantangan pekerja yang kedua. Penyebabnya bisa karena menurunnya kadar gula dalam darah. Bisa juga karena kurangnya istirahat karena waktu malam yang digunakan untuk ibadah, misalnya. Sehingga pekerja rentan mengalami penurunan daya fokus dan konsentrasi. Hal ini juga yang membuat produktivitas kerja relatif lebih rendah dibanding hari biasa. Semua tantangan tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Ada beberapa tips dan trik untuk menghadapi tantangan puasa saat kerja agar tubuh tetap fit seharian.

Tips Menghadapi Tantangan Puasa Tetap Kerja

1. Sahur dan Buka dengan Cukup

Sahur berfungsi sebagai pengganti dari sarapan sehingga tubuh lebih bertenaga dan kuat menjalani aktivitas di siang hari. Jangan lewatkan sahur karena itu kesempatan tubuh untuk mengisi energi. Makanlah secukupnya dan hindari mengonsumsi makanan dan minuman berlebihan agar tidak membuat kamu mengantuk dan lemas.

Pilihlah menu seimbang dengan karbohidrat, protein, dan serat agar nutrisi tubuh kamu tercukupi. Memperbanyak makanan yang mengandung serat akan menahan rasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi sayur dan buah menjadi sumber serat terbaik jadi jangan sampai terlewat. Tidak hanya saat sahur, tapi juga saat berbuka dan makan camilan.

2. Batasi Konsumsi Gula saat Berbuka

Terlalu banyak mengonsumsi gula dan makanan dengan kandungan gula yang tinggi selama puasa akan meningkatkan produksi insulin sehingga memicu tubuh untuk menginginkan asupan gula lagi. Usahakan untuk membatasi asupan gula dan perbanyak makanan dengan kandungan protein serta lemak sehat. Pemilihan menu buka puasa yang cermat akan memberikan manfaat besar bagi tubuh. Jadi jika kamu ingin makan sesuatu yang kurang bergizi atau berisiko tinggi gula dan garam, cobalah untuk mengganti bahan makanan kurang sehat dengan bahan makanan segar.

3. Ikuti Aturan Minum Air Putih

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi juga dapat membuat lebih kamu kuat selama puasa. Ikuti aturan minum air putih yang banyak disarankan agar tubuh tidak kekurangan cairan. Salah satunya adalah aturan 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam, dan 2 gelas saat sahur. Ada juga yang menyarankan aturan sebagai berikut: 1 gelas sebelum dan sesudah sahur, 1 gelas masing-masing saat buka puasa, selepas sholat maghrib dan isya, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur.

Hindari mengonsumsi kafein saat sahur dan buka karena dapat melukai lambung terutama untuk kamu yang rentan terkena masalah pencernaan. Jadi ada baiknya untuk mengistirahatkan lambung kamu dari kafein selama bulan puasa.

4. Istirahat Berkualitas saat Malam dan Siang Hari

Saat bulan puasa jam tidur kamu otomatis berubah karena kamu harus bangun sahur. Oleh karena itu jika kamu punya kebiasaan tidur larut malam, lebih baik hindari kebiasaan tersebut dan cobalah tidur lebih awal. Setelah sahur disarankan untuk tidak tidur agar tubuh tidak lemas, terlebih lagi jika kamu harus berangkat kerja di jam 7-9 pagi.

Selama bulan puasa kamu bisa memanfaatkan jam istirahat makan siang untuk aktivitas yang menyegarkan. Biasanya waktu istirahat kerja di bulan puasa lebih pendek, jadi kamu bisa mengisinya dengan kegiatan seperti ngobrol dengan teman kantor, bermain gim sederhana, hingga peregangan ringan. Jika tempat kerja memiliki fasilitas yang bisa kamu gunakan saat waktu senggang, manfaatkanlah dengan optimal. Termasuk jika kamu butuh tidur siang, luangkan waktu sekitar 15 menit agar tubuh kembali terjaga.

5. Atur Rencana Harian

Jangan sampai saat bulan puasa kinerja menjadi turun dan membuat kamu harus lembur. Hal ini tentunya akan membuat kamu jauh lebih lelah karena menunda pekerjaan. Kamu bisa membuat rencana harian atau to-do list untuk pekerjaan yang akan kamu lakukan di hari itu agar tidak menumpuk.

6. Olahraga Ringan

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya membuat tubuh menjadi segar dan mendukung metabolisme. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk melewatkan olahraga. Pada saat bulan puasa, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, yoga, senam ringan, dan lain sebagainya. Cari waktu yang sesuai untuk berolahraga seperti menjelang buka puasa atau setelah tarawih. Cukup dengan 15-20 menit setiap hari, kamu telah mendukung kebugaran tubuh.

7. Konsumsi Suplemen yang Aman bagi Lambung

Kamu juga bisa menambah suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kamu selama bekerja di bulan puasa. Suplemen akan memastikan tubuh mendapat nutrisi harian yang lebih beragam. Hal ini yang akan mendukung pengelolaan energi dan  pengoptimalan sistem imun. Enervon Active merupakan suplemen yang mengandung multivitamin dan mineral lengkap, seperti vitamin C, B kompleks, mineral zinc, serta mineral penting lainnya. Bahan non-acidic yang digunakan juga lebih aman bagi lambung meski dikonsumsi setiap hari. Kamu hanya perlu mengonsumsinya sekali saat sahur dan produktivitas kerja akan terbantu secara maksimal.

Beberapa langkah di atas bisa kamu lakukan selama bulan puasa untuk membuat aktivitas harianmu berjalan lancar. Meskipun tantangan di bulan puasa bertambah dengan menahan lapar atau haus serta menahan nafsu, pastikan kamu tidak menjadikannya sebagai beban. Untuk mendukung hari-hari puasa tetap kerja, dapatkan Enervon Active di toko resminya di Tokopedia dan Shopee.