Tahukah kamu, kalau kekurangan vitamin dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan saraf? Jika selama ini kamu sering merasa kebas, nyeri, kram, otot lemah, dan kesemutan pada kaki atau tangan, itu artinya tubuh kamu berpotensi mengalami gangguan saraf tepi karena kurangnya asupan vitamin saraf atau vitamin neurotropik. 

Kira-kira, apa saja macam vitamin yang perlu dikonsumsi untuk mendukung kesehatan saraf?

Perlu diketahui, vitamin untuk saraf alias neurotropik adalah kelompok vitamin yang terdiri dari vitamin B1 atau tiamin, vitamin B6 atau piridoksin, dan vitamin B12 atau kobalamin. Setiap jenis vitamin inilah yang sangat penting untuk mendukung kesehatan saraf tubuh. Simak penjelasan selengkapnya melalui ulasan di bawah ini, yuk!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Saraf

Menjaga kesehatan saraf sangatlah penting, karena sistem saraf memegang peran utama dalam mengatur berbagai fungsi tubuh. Ada beberapa alasan mengapa menjaga kesehatan saraf sangat penting:

  1. Pertama, sistem saraf membantu mengatur gerakan tubuh dan memungkinkan koordinasi yang tepat antara otot, sehingga memungkinkan kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar.
  2. Lalu, saraf juga membantu mengatur fungsi otak, termasuk pengambilan keputusan, memori, belajar, dan perasaan.
  3. Selain itu, sistem saraf juga bertanggung jawab atas pengiriman sinyal-sinyal elektrik antara otak dan seluruh bagian tubuh. Sinyal-sinyal ini penting untuk reaksi tubuh terhadap rangsangan eksternal dan internal.
  4. Sistem saraf juga memungkinkan tubuh kita untuk merasakan dan merespons rasa sakit dan sensasi lainnya. Inilah yang akan membantu kita untuk menghindari cedera dan melindungi diri.
  5. Saraf juga membantu mengatur fungsi-fungsi tubuh lainnya, seperti detak jantung, pernapasan, pencernaan, hingga kontrol suhu tubuh.
  6. Kemudian, kesehatan saraf juga berpengaruh pada keseimbangan emosional dan mental. Gangguan pada sistem saraf tentunya akan menyebabkan gangguan mental seperti depresi, kecemasan, dan gangguan mood lainnya.

Maka dari itu, menjaga kesehatan saraf sangat penting untuk memastikan fungsi tubuh yang optimal dan kualitas hidup yang baik. Ini bisa dicapai melalui gaya hidup sehat, pola makan yang seimbang, aktivitas fisik teratur, manajemen stres, istirahat yang cukup, dan menjauhi zat-zat beracun seperti alkohol dan nikotin. Selain itu, mengonsumsi vitamin yang tepat untuk kesehatan saraf juga sangat diperlukan.

Macam-Macam Vitamin untuk Kesehatan Saraf

Berikut ini adalah jenis vitamin neurotropik dan manfaatnya untuk kesehatan saraf yang perlu kamu ketahui:

1. Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin B1 ini akan membantu sel mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi yang berperan untuk mendukung aktivitas seluruh sel pada tubuh, terutama sel-sel otak dan sistem saraf. Kalau kamu kekurangan vitamin B1, biasanya kamu akan mengalami beberapa gejala seperti kesemutan, rasa tertusuk atau terbakar di bagian lengan dan kaki, berkurangnya kemampuan refleks, dan tubuh menjadi lebih lesu. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1 ini, kamu bisa mengonsumsi makanan seperti daging sapi, kacang-kacangan, beras, sayur-sayuran.

2. Vitamin B6 (Piridoksin)

Sementara itu, vitamin B6 memiliki peran penting dalam produksi neurotransmitter yang merupakan senyawa kimia yang berfungsi membawa, mempercepat, dan menyeimbangkan pengiriman sinyal antara beberapa sel saraf atau dari sel saraf menuju jaringan tubuh. Vitamin B6 juga sangat dibutuhkan dalam pembentukan myelin, yaitu selubung pelindung sel saraf yang dapat mempercepat pengiriman sinyal. Jika myelin rusak, maka penghantaran sinyal akan terhambat dan memicu kerusakan sel saraf.

Kalau kamu kekurangan vitamin B6, maka akan cenderung lebih sering mengalami sensasi kebas, kesemutan, dan gangguan keseimbangan. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau makanan kaya vitamin B6 seperti salmon, tuna, daging merah, kacang-kacangan, dan pisang.

3. Vitamin B12 (Kobalamin)

Yang ketiga adalah vitamin B12 yang berperan untuk menjaga fungsi normal sistem saraf, membantu produksi sel darah merah, serta membentuk DNA. Pada umumnya, orang dewasa di atas usia 14 tahun membutuhkan vitamin B12 setiap harinya untuk mendukung pembentukan energi dan asam lemak. Penting untuk diketahui bahwa kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan seseorang lebih sering mengalami sensasi kebas dan kesemutan, terutama pada tangan dan kaki.

Jika tidak segera diatasi, kekurangan vitamin B12 juga akan bertambah parah hingga dapat memicu kerusakan permanen pada sel otak serta sistem saraf. Kandungan vitamin B12 ini banyak terdapat di beberapa jenis makanan, seperti ikan, daging merah, daging ayam, telur, serta susu dan juga produk turunannya.

Semua jenis vitamin B adalah vitamin yang mudah larut dalam air atau darah. Jadi kamu bisa mengonsumsinya kapan saja, dengan atau tanpa makanan pendamping. Tapi perlu diingat bahwa vitamin B memiliki peranan penting dalam mendukung metabolisme nutrisi dan produksi energi, jadi sebaiknya kamu mengonsumsinya di pagi hari 30 menit sebelum makan atau dua jam setelah makan, ya.

Selain melalui makanan, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin B sebagai vitamin neurotropik atau vitamin untuk jaga kesehatan saraf melalui suplemen tambahan seperti Enervon-C Tablet yang tidak hanya mengandung vitamin C, tapi juga vitamin B-Kompleks. Pastikan kamu hanya memilih Enervon-C Tablet sebagai multivitamin tambahan untuk dikonsumsi setiap harinya, ya! Dapatkan dengan mudah melalui Tokopedia dan Shopee resmi Enervon.

Referensi: www.foundationforpn.org/vitamins-and-supplements-for-nerve-health/