Pesona Banda Neira memang sangat memukau, karena keindahan alamnya yang masih terjaga dengan baik. Tapi bukan hanya alamnya saja yang menjadi daya tarik wisata, karena nyatanya ada berbagai objek wisata Banda Neira lainnya yang tidak kalah menarik.

Perlu diketahui, Banda Neira terdiri dari enam desa yaitu Dwiwarna, Merdeka, Nusantara, Rajawali, Tanah Rata, dan juga Kampung Baru. Menariknya, Banda Neira ini pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli (bunga pala) dunia hingga pertengahan abad ke-19, lho.

Nah, daripada semakin penasaran, langsung saja intip sederet objek wisata Banda Neira terbaik yang wajib dikunjungi melalui ulasan di bawah ini.

Objek Wisata Banda Neira Terbaik

Sumber: getlost.id

Banda Neira merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di Indonesia, terutama karena sejarah maritimnya yang kaya dan keindahan alamnya yang menakjubkan. Di bawah ini ada beberapa objek wisata Banda Neira terbaik yang wajib dikunjungi:

  1. Pulau Pisang: Di pulau ini, kamu bisa menikmati aktivitas snorkeling ataupun diving. Dengan alam bawah lautnya yang masih terjaga, tentu saja membuatnya seperti surga bagi para pecinta olahraga menyelam. 
  2. Pulau Hatta: Lalu ada sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Banda yang awalnya bernama Pulau Rosengain. Keunikan pulau ini adalah adanya hamparan pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar. Pulau Hatta ini juga punya keindahan bawah laut yang luar biasa indahnya. Pada saat menyelam, kamu akan melihat berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang masih sangat terawat.
  3. Pulau Rhun: Ini juga termasuk spot wisata Banda Neira terfavorit, karena keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Kamu juga berkesempatan melakukan snorkeling di sini, lho. Selain itu, pulau ini juga cukup dikenal sebagai salah satu kawasan penghasil pala dan cengkih terbaik.
  4. Pulau Nailaka: Karena tidak berpenghuni, suasana di pulau ini masih sangat alami. Gulungan ombaknya juga cenderung tenang, ditambah panorama pepohonan hijau yang sangat rindang.
  5. Rumah Budaya Banda Neira: Salah satu hal yang bisa didapatkan di objek wisata yang satu ini adalah bagaimana beratnya penderitaan masyarakat pada masa penjajahan. Perlu diketahui, sebetulnya bangunan ini milik pribadi Des Alwi yang merupakan seorang sejarawan terkenal yang berasal dari Banda Neira, lho
  6. Benteng Belgica: Sejarah yang cukup panjang dan alasan pendiriannya menjadi daya tarik tersendiri, mengapa banyak orang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. 
  7. Gunung Api Banda: Memiliki nama asli Gunung Ganapus, ketinggiannya menjulang hingga 656 meter di atas permukaan laut. Perlu diketahui, Gunung Api Banda adalah generasi keempat dari Gunung Lonthor yang pada masa pembentukannya mengalami letusan-letusan kecil. Kemudian, lambat-laun berubah menjadi letusan yang dahsyat hingga mampu membentuk kaldera Lonthor.
  8. Lava Flow: Lava Flow tercipta setelah meletusnya gunung berapi yang kemudian mengakibatkan perairan tertutup dengan lava. Karena letusan itu, vegetasi bawah air menjadi tumbuh dengan subur. Setiap wisatawan yang hendak berkunjung ke Lava Flow harus menaiki perahu tempel ataupun perahu ketinting (perahu dengan mesin yang ditempelkan). Dari Pulau Neira, lamanya perjalanan yang diperlukan adalah selama 30 menit.

Tips Berkunjung ke Objek Wisata Banda Neira

Bagaimana, sudah tahu kan daftar objek wisata Banda Neira terbaik yang wajib dikunjungi? Sekarang, intip beberapa tips untuk berwisata ke Banda Neira di bawah ini, yuk!

  1. Sebelum berkunjung, setiap wisatawan harus memperoleh izin kunjungan ke Banda Neira, terutama bagi WNA.  Izin ini bisa diperoleh dari kantor pemerintah setempat atau agen perjalanan yang terkait.
  2. Banda Neira bisa dicapai melalui perjalanan udara dari Ambon atau kapal feri dari beberapa kota di Maluku. Pastikan kamu memeriksa jadwal kapal feri dan penerbangan sebelumnya untuk merencanakan perjalananmu dengan baik.
  3. Tips berikutnya, pastikan untuk memesan akomodasi lebih dulu. Banda Neira memiliki pilihan akomodasi mulai dari hotel hingga penginapan rumah penduduk, jadi kamu bisa memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.
  4. Cuaca di Banda Neira cenderung panas dan lembap sepanjang tahun, jadi sebaiknya kamu mengenakan pakaian yang nyaman, ringan, dan berbahan breathable untuk menjaga kenyamanan selama berwisata.
  5. Mengingat Banda Neira memiliki sejarah maritim yang kaya, terutama terkait dengan perdagangan rempah-rempah, jadi jangan lewatkan untuk mengunjungi Benteng Belgica  dan berbagai situs sejarah lainnya yang tersebar di pulau tersebut, ya!
  6. Jangan lupa untuk menjelajahi pantai-pantai indah, dan melakukan snorkeling atau diving untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang menakjubkan.
  7. Selain itu, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner lokal Banda Neira, terutama masakan laut segar dan hidangan lokal lainnya yang khas.

Saat berkunjung ke Banda Neira, sangat penting juga untuk menghormati budaya dan tradisi lokal. Dan selalu ingat untuk menjaga kebersihan lingkungan saat kamu berkunjung ke objek wisata Banda Neira.

Selain itu, pastikan untuk menyiapkan fisik yang prima agar momen liburanmu di Banda Neira semakin seru. Dalam hal ini, kamu bisa mengandalkan Enervon sebagai salah satu penyedia suplemen terpercaya di Indonesia yang memberikan pilihan produk yang lengkap. Enervon-C Effervescent akan menjaga imun tubuhmu sepanjang hari. Dapatkan semua produk Enervon tersebut secara online di Shopee dan Tokopedia. Cek sekarang, yuk!