Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang harus terpenuhi agar tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Selain membutuhkan protein, mineral, dan karbohidrat, ternyata tubuh kamu juga membutuhkan vitamin. Salah satu vitamin yang berperan penting dalam tubuh yaitu vitamin B complex. Vitamin B complex merupakan kombinasi 8 macam vitamin B dan biasanya dikemas dalam satu suplemen yang memiliki peran penting untuk metabolisme tubuh. Vitamin ini terdiri dari thiamin (B1), riboflavin (B2), niacin (B3), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), biotin (B7), folat (B9), dan kobalamin (B12).

Setiap vitamin B bekerja secara sinergis dan saling memperkuat satu sama lain dalam memberikan manfaat bagi tubuh. Manfaat vitamin B complex sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh terutama untuk fungsi otak, saraf, kulit, dan pencernaan. Vitamin B complex juga memiliki peran spesifik dalam memberikan manfaat bagi kesehatan. Simak manfaat vitamin B complex untuk tubuh berdasarkan jenis-jenisnya di bawah ini.

Daftar Manfaat Vitamin B Complex

1. Vitamin B1 (Tiamin)

Manfaat vitamin B complex pertama yakni dari jenis vitamin B1 atau tiamin. Vitamin B1 membantu mengoptimalkan fungsi fisiologis dan neurologis. Vitamin B memainkan peran yang saling terkait dalam menjaga tubuh dan otak agar berfungsi dengan baik. Vitamin B1 ini membantu menjaga fungsi serta perkembangan sel dalam tubuh. Kamu bisa mendapatkan nutrisi B1 melalui beberapa jenis makanan seperti daging ikan, biji-bijian, dan lain sebagainya.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 atau riboflavin dapat membantu menjaga kesehatan mata serta sistem saraf dalam tubuh. Vitamin ini juga berperan dalam proses produksi sel darah merah. Riboflavin diproduksi oleh bakteri tertentu dalam usus dengan jumlah yang kecil dan bakteri ini yang mendukung metabolisme. Oleh karena itu, tubuh kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi B2 untuk memenuhi kebutuhan harian seperti susu, daging ayam, dan lain-lain.

3. Vitamin B3 (Niacin)

Manfaat vitamin B complex pada jenis niacin membantu menjaga kesehatan kulit, meningkatkan fungsi enzim, serta mengoptimalkan fungsi jenis vitamin B complex lainnya. Vitamin ini mampu meredakan inflamasi serta membantu mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol darah. Kamu bisa menambah asupan vitamin B3 dengan mengonsumsi beras merah, daging sapi merah, dan biji-bijian.

4. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin B5 memiliki peran dan proses pertumbuhan serta produksi hormon reproduksi dalam tubuh. Selain itu, asam pantotenat ini bisa membantu fungsi pencernaan dengan memecah lemak serta karbohidrat dalam tubuh menjadi energi. Asam pantotenat juga membantu memproduksi kolagen yang sangat penting untuk kesehatan jaringan tubuh seperti kulit, tulang, dan otot.

5. Vitamin B6 (Piridoksin)

Manfaat vitamin B complex juga baik menjaga kesehatan secara menyeluruh. Vitamin B complex, khususnya vitamin B6 dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Vitamin B6 juga membantu memproduksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi dan penyakit.

6. Vitamin B7 (Biotin)

Jenis vitamin B7 atau yang disebut biotin ini dapat menjaga kesehatan rambut, kuku, dan kulit. Biotin membantu memperkuat struktur kulit atau kuku serta mempercepat regenerasi sel-sel kulit atau kuku yang rusak. Biotin juga membantu memperkuat akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan sehingga rambut tidak rusak atau mudah rontok.

7. Vitamin B9 (Folat)

Vitamin B9 atau asam folat berperan penting dalam pembentukan DNA dan sel darah merah. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan masalah pada pertumbuhan dan perkembangan sel.  Vitamin B complex dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh dan meningkatkan pembentukan DNA. Oleh karena itu asam folat salah satu jenis vitamin yang cukup penting terutama bagi ibu hamil.

8. Vitamin B12 (Kobalamin)

Vitamin B12 membantu memproduksi sel darah merah untuk mengangkat oksigen ke seluruh tubuh. Kobalamin juga dapat digunakan untuk mengurangi gejala stres dan meningkatkan suasana hati. Vitamin B complex sangat penting untuk produksi energi dalam tubuh dan menjaga stamina. Energi inilah yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan fungsinya termasuk merespons stres.

Pemenuhan Kebutuhan Vitamin B Complex

Setiap orang memiliki kebutuhan vitamin B yang berbeda-beda tergantung kondisi kesehatan dan usianya. Kebanyakan orang mendapatkan vitamin B yang cukup dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang. Namun, suplemen mungkin dibutuhkan untuk orang-orang yang rentan mengalami kekurangan vitamin B. Beberapa gejala kekurangan vitamin B complex yang perlu diwaspadai adalah seperti lelah, letih, lesu, kulit kering atau ruam, bibir pecah, mudah stres, atau sembelit. Kadar vitamin B yang rendah atau tidak terpenuhi dapat menyebabkan masalah baik pada fisik maupun sistem saraf.

Pemenuhan vitamin B complex yang cukup dapat memproses metabolisme tubuh dengan baik dan mendukung sistem saraf. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B complex, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap seperti Enervon-C Tablet. Enervon-C tablet tidak hanya mengandung vitamin C saja, tapi juga vitamin B complex (vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B12), serta mineral penting lain yang membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon-C Tablet, kamu bisa mengunjungi official store Enervon di Tokopedia dan Shopee.