Thailand menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia dan bahkan mancanegara. Destinasi wisata Thailand bisa dibilang termasuk salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. Tidak heran jika wisata Thailand berhasil memikat turis dari berbagai negara untuk berkunjung dan menikmati wisatanya. Negara dengan julukan Gajah Putih ini memiliki nilai sejarah, budaya, flora fauna yang beragam, serta keindahan alam yang mempesona. Thailand juga menawarkan berbagai kegiatan outdoor yang menarik seperti diving dan snorkeling. Terlebih lagi budget yang dikeluarkan untuk mengunjungi wisata Thailand terbilang terjangkau untuk kalangan masyarakat Indonesia. Jika kamu tertarik untuk berlibur ke Thailand, simak beberapa objek wisata Thailand terbaik yang tidak boleh kamu lewatkan.

Daftar Wisata Thailand Terbaik

1. Kuil Wat Arun

Thailand merupakan rumah bagi ribuan kuil atau candi Buddha. Salah satu wisata kuil atau candi yang paling populer dan wajib dikunjungi yaitu kuil Wat Arun (gambar di atas). Wat Arun telah berdiri sejak abad ke-17 dan memiliki bagian ikonis berupa Menara pagoda dengan tinggi 81 meter yang disebut “prang”. Keindahan arsitektur serta nilai sejarahnya menjadikan Wat Arun sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Thailand. Kuil ini berada di tepi Sungai Chao Phraya sehingga menawarkan pemandangan yang memukau saat disinari cahaya matahari.

2. The Grand Palace

Sumber: bafageh.com

Tidak jauh dari kuil Wat Arun, kamu bisa melanjutkan wisata ke The Grand Palace. The Grand Palace merupakan salah satu kompleks peninggalan yang menawarkan sejarah dan budaya Thailand dengan arsitekturnya yang megah. Istana ini dibangun pada tahun 1782 sebagai pusat dan kediaman raja-raja Thailand. Saat ini The Grand Palace telah menjadi pusat kebudayaan, agama, dan pusat administrasi pemerintahan Thailand selama lebih dari 200 tahun.

3. Kuil Wat Pho

Sumber: fhandypandey.com

Wisata Thailand selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu kuil Wat Pho. Wat Pho merupakan objek wisata berupa kuil tertua dan terbesar di Bangkok, Thailand. Arsitekturnya begitu megah dan sangat kental dengan unsur-unsur kebudayaan khas Thailand. Salah satu ikon utama kuil Wat Pho yakni patung Buddha terbesar di Thailand. Uniknya, patung Buddha ini berada dalam posisi berbaring dengan panjang 45 meter serta dilapisi dengan emas sehingga tampah megah.

4. Pulau Koh Phi Phi

Sumber: upload.wikimedia.org

Pulau Koh Phi Phi merupakan salah satu wisata populer yang berada di Phuket, Thailand. Wisata alam ini terkenal karena air lautnya yang biru, pasir putih, dengan tebing kapur tinggi yang menambah keindahan alamnya. Di pulau Koh Phi Phi ada banyak tempat wisata pulau kecil yang bisa kamu jelajahi seperti Monkey Beach atau Long Beach. Kamu juga bisa melakukan kegiatan seperti diving, snorkeling, atau bersantai sambil menikmati keindahan pulau dari atas kapal.

5. Phuket Big Buddha

Sumber: upload.wikimedia.org

Jika kamu masih berada di Phuket, jangan melupakan objek wisata Phuket Big Buddha. Patung Buddha dengan posisi duduk ini memiliki lebar sekitar 25 meter dan tinggi 45 meter dengan pemandangan 360 derajat. Patung ini terbuat dari beton dan dilapisi dengan marmer giok putih Burma. Di sebelah patung Big Buddha terdapat patung Buddha yang lebih kecil dengan warna keemasan terbuat dari 20 ton kuningan. Patung Big Buddha diletakkan di salah satu bukit tertinggi di Phuket sehingga menambah keindahan dengan pemandangan laut di belakangnya.

6. Pasar Chatuchak

Sumber: bafageh.com

Pasar Chatuchak merupakan salah satu tempat belanja terbesar di Asia Tenggara. Tempat ini lebih dikenal sebagai “Pasar Akhir Pekan Chatuchak” karena sebagian besar toko buka pada hari Sabtu dan Minggu. Ada lebih dari 15.000 toko yang menjual makanan, perhiasan, pakaian, furniture, hingga suvenir. Pasar ini dianggap sebagai destinasi wajib bagi wisatawan saat ke Thailand karena selain lengkap pilihannya, pusat belanja ini juga terkenal murah meriah.

7. Khaosan Road

Sumber: tatapi.tourismthailand.org

Khaosan Road merupakan jalan yang terletak di pusat Kota Bangkok, Thailand. Jalan ini terkenal sebagai pusat kegiatan backpacker dan destinasi wisata Thailand yang sangat ramai dengan berbagai toko, restoran, serta penginapan yang murah. Selain itu, Khaosan Road juga menawarkan berbagai hiburan seperti musik live dan tarian. Jalan ini juga menjadi tempat yang populer bagi wisatawan untuk memulai perjalanan ke destinasi wisata lain di Thailand.

Tips Sehat saat Wisata Thailand

Agar liburan kamu ke Thailand berjalan dengan baik, jangan lupa mengurus paspor serta syarat lain yang dibutuhkan untuk penerbangan. Selain itu, pastikan badan kamu berada pada kondisi prima agar tidak jatuh sakit selama bepergian jauh. Kamu bisa mengikuti tips sehat berikut untuk liburan yang menyenangkan.

Kenakan Tabir Surya

Thailand merupakan negara tropis yang tidak berbeda jauh iklimnya dengan Indonesia. Pastikan kamu rutin menggunakan tabir surya setiap 2-3 jam sekali, terutama pada musim panas di bulan Maret hingga Juni.

Gunakan Masker

Kamu bisa menggunakan masker jika diperlukan untuk menghindari timbulnya keluhan saluran pernapasan saat liburan. Selain itu, masker juga akan menurunkan risiko tertular penyakit di kerumunan dan/atau di lokasi dengan radikal bebas yang tinggi.

Jaga Pola Makan Sehat

Thailand juga dikenal dengan berbagai pilihan kulinernya yang menarik untuk dicicipi. Pastikan kamu berhati-hati saat akan mengonsumsi makanan tertentu. Selain kandungan alergen, pastikan juga bahan yang digunakan dan cara mengolahnya mendukung kesehatan tubuh.

Persiapkan Obat-obatan Pribadi

Tujuan dari membawa obat-obatan pribadi dari Indonesia tidak hanya sekedar sebagai pertolongan pertama saat sakit. Hal ini untuk mencegah adanya ketidakcocokan tubuh dengan obat-obatan yang dibeli di luar negeri.

Bila perlu, bawa juga suplemen penambah stamina untuk memastikan tubuh mendapat haknya. Dengan multivitamin dan mineral, kamu bisa membantu tubuh mendapat asupan yang cukup sehingga daya tahan tubuh juga terjaga. Enervon-C Tablet adalah salah satu produk yang banyak direkomendasikan karena kandungannya yang lengkap. Hanya dengan minum satu kali per hari, kamu telah membantu tubuh tetap prima selama jalan-jalan di Thailand. Dapatkan kemasan travel Enervon-C Tablet lebih cepat melalui Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - tica.or.th