Puasa bisa membuat seseorang terkena dehidrasi, terutama jika tidak minum cukup air saat sahur atau berbuka. Selain itu, pola makan yang salah bisa membuat tubuh lemas atau daya tahan menurun sehingga kamu rentan mengalami sakit tenggorokan. Jika gejalanya belum parah, kamu masih bisa melanjutkan ibadah puasa dan melakukan beberapa upaya untuk mengatasinya saat tiba waktunya berbuka. Berikut ini telah terangkum berbagai cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa yang tidak boleh kamu lewatkan.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan saat Puasa

Sakit tenggorokan saat berpuasa dapat menjadi masalah yang cukup mengganggu, terutama karena kamu tidak bisa minum air atau makan untuk meringankan ketidaknyamanan tersebut. Namun, berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa yang bisa kamu coba.

1. Minum Banyak Air saat Berbuka

Setelah berbuka puasa, pastikan untuk minum banyak air untuk membantu melembapkan tenggorokan dan mengurangi iritasi. Kamu juga sebaiknya menghindari minuman berkafein karena bisa membuat dehidrasi lebih buruk.

2. Hindari Makanan Pedas atau Asam

Makanan pedas atau asam dapat membuat iritasi tenggorokan bertambah parah. Cobalah untuk menghindari makanan atau minuman tersebut karena bisa memperburuk gejala tenggorokan.

3. Minum Air Hangat

Minum air hangat atau teh herbal tanpa kafein bisa membantu meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Usahakan untuk tidak minum minuman dingin terlebih dulu, karena bisa memperburuk peradangan.

4. Istirahat Cukup

Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup selama puasa. Istirahat yang cukup akan membantu sistem kekebalan tubuh untuk memerangi infeksi dan mengurangi gejala sakit tenggorokan.

 

 

5. Berkumur dengan Campuran Air Garam dan Baking Soda

Campurkan setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air hangat. Berkumur dengan campuran ini beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

6. Hindari Paparan Asap Rokok

Asap rokok dapat memperburuk iritasi pada tenggorokan. Jika kamu adalah perokok aktif, sebaiknya hindari merokok selama sakit tenggorokan.

7. Mengonsumsi Makanan Lembut

Selama puasa, pilih makanan yang lembut dan mudah ditelan, seperti sup, yogurt, atau jus buah. Makanan lembut dapat membantu mengurangi gesekan pada tenggorokan dan mengurangi rasa sakit.

Ibadah puasa memang mendulang banyak pahala, tapi jika rasa sakit di tenggorokan sudah sangat menyiksa, sebaiknya kamu membatalkan puasa terlebih dulu untuk berobat.

 

 

Cegah Tenggorokan Sakit dengan Cara Ini

Selain memahami bagaimana cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa, alangkah lebih baik jika kamu melakukan upaya pencegahan. Mencegah tenggorokan sakit saat berpuasa memerlukan perhatian khusus terhadap asupan makanan, minuman, dan pola hidup sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah tenggorokan sakit saat puasa yang bisa kamu praktikkan.

1.  Minum Banyak Air saat Sahur dan Berbuka

Pastikan kamu mengonsumsi cukup air saat berbuka dan sahur untuk mencegah dehidrasi dan menjaga kelembapan tenggorokan. Beberapa opsi minuman yang sebaiknya dipilih yaitu air putih, infused water, aneka jus, smoothies, hingga air kelapa. 

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Pilih makanan yang seimbang dan bergizi saat berbuka dan sahur. Makan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, sehingga mencegah infeksi tenggorokan.

3. Mengurangi Konsumsi Makanan Pedas dan Asam

Makanan pedas dan asam dapat memicu iritasi pada tenggorokan. Hindari makanan atau minuman yang terlalu pedas atau asam, terutama saat sahur, untuk mencegah iritasi tenggorokan.

4. Hindari Udara Kering

Udara kering dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan rentan terhadap infeksi. Gunakan pelembap udara atau basahi handuk di kamar untuk meningkatkan kelembapan udara.

5. Menjaga Kebersihan

Jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar untuk mencegah penyebaran infeksi. Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir, hindari kontak dengan orang yang sakit, dan jangan menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Dengan memperhatikan asupan makanan dan minuman yang sehat, menjaga kebersihan, dan menghindari faktor risiko seperti merokok dan udara kering, kamu bisa mencegah tenggorokan sakit saat berpuasa. 

 

 

Konsumsi Enervon-C Tablet Baik untuk Cegah Tenggorokan Sakit

Selain melakukan beberapa cara di atas, mengonsumsi multivitamin terutama yang mengandung vitamin C juga bisa jadi cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa lho!

Enervon-C Tablet adalah suplemen multivitamin yang mengandung vitamin C dan beberapa nutrisi lainnya seperti vitamin B kompleks dan mineral. Vitamin C, atau asam askorbat, dikenal memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Secara tidak langsung, rutin mengonsumsi Enervon-C Tablet juga bisa menjadi upaya preventif dalam mencegah sakit tenggorokan. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu melawan infeksi, termasuk infeksi yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Namun, imbangi konsumsi suplemen ini dengan menerapkan pola makan sehat terutama yang kaya akan vitamin dan mineral, serta menjaga gaya hidup sehat secara keseluruhan. Klik tautan Enervon-C Tablet secara online sekarang juga!

 

Referensi:

1. Colleen M. Story, Ana Gotter, and Jill Seladi-Schulman, Ph.D. Sore Throat Remedies That Work (and What Not to Do). https://www.healthline.com/health/cold-flu/sore-throat-natural-remedies 

2. Siloam Hospitals. Beberapa Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan saat Puasa. https://www.siloamhospitals.com/en/informasi-siloam/artikel/cara-mengatasi-sakit-tenggorokan-saat-puasa