Pacitan merupakan wilayah kabupaten yang terletak di pesisir selatan Jawa Timur yang memiliki karakteristik sebagian berupa perbukitan. Ada banyak wisata alam yang sangat indah di Pacitan mulai dari pantai, gua, gunung, bukit, hingga wisata budaya. Wisata pantai di Pacitan menjadi salah satu objek wisata alam terbaik karena menawarkan pesona yang indah dengan biaya yang murah. Selain pantai, wisata Pacitan juga terkenal dengan banyak wisata gua yang indah sehingga disebut juga dengan Kota Seribu Gua. Jika kamu belum pernah ke Pacitan, beberapa rekomendasi wisata Pacitan di bawah ini mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk liburan selanjutnya. Berikut 6 objek wisata terbaik di Pacitan yang wajib kamu kunjungi.

Objek Wisata Pacitan yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar (gambar di atas) merupakan tempat wisata Pacitan pertama yang sangat populer dan wajib di kalangan wisatawan. Pantai ini terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, menawarkan keindahan alam berupa hamparan pasir putih, batu karang besar, hingga bebatuan yang tersebar di sekitar pantai berwarna biru. Pantai Klayar juga memiliki fenomena unik berupa seruling samudera yakni deburan ombak yang membentur batu karang akan sesekali menciptakan suara seperti seruling. Untuk dapat menikmati keindahan pantai Klayar, kamu hanya perlu merogoh biaya sekitar Rp10.000 – Rp15.000 per orang.

2. Gua Gong

Sumber: totabuan.news

Salah satu wisata pacitan yang terkenal dan disebut sebagai gua terindah se-Asia Tenggara yakni Goa Gong yang terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung. Disebut Gua Gong karena di dalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti gong yang ditabuh. Gua Gong menawarkan keindahan batu stalaktit dan stalagmit dengan tambahan warna-warni lampu neon yang membuat gua semakin terlihat eksotis. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya tiket Rp5.000 - Rp20.000 untuk dapat menikmati keindahan gua ini.

3. Gua Tabuhan

Sumber: pacitankab.go.id

Gua selanjutnya yang wajib kamu kunjungi yaitu Gua Tabuhan yang terletak di Dusun Tabuhan, Desa Wareng, Kecamatan Punung. Gua ini memiliki daya bebatuan yang mirip seperti suara tabuhan dari gamelan. Ketika masuk kamu akan disuguhkan keindahan di atas gua berbentuk stalaktit dan stalagmit. Selain bisa menikmati keindahan dalam gua, kamu juga akan disajikan pertunjukkan musik jawa dengan cara unik dari kelompok musik gamelan. Kamu akan mendengarkan musik yang merupakan hasil perpaduan batu-batu yang dipukul secara berirama sehingga menghasilkan suara mirip musik gamelan. Biaya untuk masuk ke Gua Tabuhan ini yaitu Rp20.000 per orang.

4. Pantai Banyu Tibo

Sumber: ksmtour.com

Pantai Banyu Tibo Pacitan menawarkan pesona uniknya yaitu air terjun yang berada di pinggir pantai dan aliran airnya langsung jatuh ke pantai. Keunikan air terjun yang terletak di tepi pantai inilah yang menjadi daya tarik utama bagi banyak wisatawan. Selain itu, pasir putihnya serta tebing tingginya mengelilingi pantai menjadikan pantai ini semakin indah. Meskipun pantai ini tidak begitu luas, kamu bisa menikmati keindahannya dari atas tebing jika laut sedang pasang. Oleh karena itu, jika ingin menikmati pantainya, pastikan kamu datang saat pantai ini sedang surut.

5. Pantai Watu Karung

Sumber: atourin.com

Wisata Pacitan selanjutnya yaitu Pantai Watu Karung yang terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku. Pantai Watu Karung memiliki pasir putih sepanjang 1 kilometer dengan air laut biru jernih serta bebatuan karang yang besar dan eksotis. Pantai yang memiliki ketinggian ombak kelas dunia mencapai 4 meter dan menjadi salah satu spot favorit bagi pecinta olahraga selancar atau surfing. Tidak heran jika banyak peselancar profesional bahkan peselancar kelas dunia yang pernah mencoba berselancar di pantai ini.

6. Sungai Maron Pacitan

Sumber: awsimages.detik.net.id

Sungai Maron merupakan salah satu wisata Pacitan yang tidak boleh kamu lewatkan. Keunikan dari sungai ini yaitu ada pada panorama dan warna air jernih yang biru kehijauan. Pemandangan di sepanjang sungai berdiri pohon kelapa dan pohon jambu yang asri dan hijau. Keindahan alam Sungai Maron disebut banyak orang layaknya Sungai Amazon. Kamu bisa menyusuri keindahan sungai sepanjang 4,5 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 30-45 menit yang bermuara di Pantai Ngiroboyo. Untuk susur sungai kamu harus menyewa kapal yang dengan harga sekitar Rp100.000 per orang.

Tips Sehat Wisata ke Pacitan

Setelah kamu tahu wisata alam terbaik di Pacitan, apakah kamu tertarik untuk berlibur ke Pacitan? Mempersiapkan agenda liburan harus dilakukan dengan baik agar liburan berkesan. Kebutuhan setiap orang dalam berlibur memang berbeda-beda, namun satu hal yang pasti saat akan berlibur pastikan tubuh kamu dalam kondisi terbaik. Simak tips sehat saat berencana berlibur ke Pacitan:

  • Bawa selalu tabir surya: wisata alam membuat kulit secara langsung terpapar sinar matahari, jadi pastikan kamu membawa tabir surya dan menggunakannya setiap 2-3 jam sekali.
  • Gunakan sepatu: wisata alam mungkin harus membuat badan kamu banyak beraktivitas, oleh karena itu gunakan sepatu dan pakaian yang nyaman. Gunakan topi dan kacamata hitam bila perlu.
  • Bawa air mineral: bawa selalu air mineral, terutama dengan botol air minum pribadi, agar kamu tetap terhidrasi apa pun cuacanya. Siapkan juga obat pribadi sebagai bentuk pertolongan pertama yang praktis.

Untuk menambah stamina saat akan berwisata alam, kamu bisa menambah asupan vitamin agar badan tidak mudah lelah. Enervon adalah salah satu produk suplemen dengan banyak varian yang direkomendasikan untuk semua usia keluarga kamu. Berikut ini adalah daftar variannya.

  • Untuk kamu dengan aktivitas fisik yang padat selama liburan, Enervon Active adalah pendukung stamina selama melakukan penjelajahan. Kandungan multivitamin dan mineral yang ada dibuat dengan bahan non-acidic sehingga aman dikonsumsi setiap hari.
  • Kemudian untuk anggota keluarga lansia, Enervon Gold diformulasikan khusus sesuai kebutuhan mereka. Mulai dari multivitamin dan mineral untuk kesehatan jantung dan imun tubuh hingga minyak ikan untuk kesehatan otak.
  • Sedangkan varian yang bisa dikonsumsi semua usia terdapat dua macam, yaitu Enervon-C Effervescent. Keduanya memiliki kandungan vitamin B kompleks, niacinamide, dan ca pantotenat selain vitamin C. Selain membantu memenuhi asupan nutrisi, tambahan makan ini mampu mendukung penguatan sistem kekebalan tubuh.

Dapatkan semua varian produk Enervon di atas melalui toko resminya di Tokopedia dan Shopee.

Featured Image - indonesiakaya.com