Indonesia merupakan negara kepulauan yang menawarkan sejuta pesona alamnya yang luar biasa indah. Tidak heran jika Indonesia memiliki berbagai macam destinasi wisata mulai dari pegunungan, danau, pantai, hingga wisata alam dari desa-desa yang ada di Indonesia. Banyak tempat-tempat tersebut yang dijadikan sebagai tempat wisata sebagai destinasi liburan. Wisata alam desa merupakan salah satu wisata yang menawarkan keunikan budaya dan alamnya sebagai daya tarik wisatawan. Selain dapat menikmati keindahan alamnya, kamu juga dapat menyaksikan sekaligus menyelami kehidupan masyarakat setempat yang tentunya akan sangat berkesan. Di Indonesia sendiri ada banyak wisata alam desa dengan keunikannya masing-masing yang bisa kamu jadikan destinasi liburan. Jika kamu bosan dengan wisata biasa, kamu bisa coba mengunjungi beberapa rekomendasi wisata alam desa di Indonesia berikut ini.

Wisata Alam Desa Terbaik di Indonesia

1. Desa Pentingsari, Yogyakarta

Sumber: visitingjogja.jogjaprov.go.id

Desa Pentingsari merupakan salah satu wisata alam desa yang berada di lereng Gunung Merapi. Desa wisata ini pernah masuk dalam 100 Top Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Dunia versi Global Green Destinations Days pada tahun 2019. Desa ini menawarkan pesona alam berupa perkebunan, pertanian, seni tradisional, serta kehidupan budaya masyarakatnya. Selain menikmati keindahan alam di Desa Pentingsari, kamu juga bisa menonton pertunjukkan seni musik gamelan, pentas tari punakawan, pentas Wayang suket, dan mencoba kuliner lokal.

2. Desa Nglanggeran, Yogyakarta

Sumber: api2.kemenparekraf.go.id

Desa Nglanggeran juga merupakan desa wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta. Desa Nglanggeran telah mendapatkan penghargaan dari ASEAN Community Based Tourism pada tahun 2017. Daya tarik utama dari wisata ini ada pada Gunung Api Purba yang memiliki tinggi 700 mdpl. Dari puncak gunung tersebut, kamu bisa melihat keindahan alam sekitar. Kamu juga bisa mengunjungi wisata lainnya seperti Embung Nglanggeran dan air terjun Kedung Kandang. Selain itu, kamu juga bisa berpartisipasi dalam membuat kerajinan tangan, topeng, dan masih banyak lagi.

3. Desa Penglipuran, Bali

Sumber: wonderfulimage.s3-id-jkt-1.kilatstorage.id

Pesona Desa Penglipuran memang sudah terkenal di kalangan wisata lokal maupun mancanegara. Desa Penglipuran memikat wisatawan dengan suasana khas Bali yang sangat autentik. Desa ini masih menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dari nenek moyangnya, mulai dari tata cara hidup hingga bangunan yang ada di desa tersebut. Desa Penglipuran sudah banyak mendapatkan penghargaan sebagai desa terbersih baik dari dalam maupun luar negeri. Pada tahun 2018, desa ini dinobatkan sebagai salah satu dari tiga desa terbersih di dunia versi majalah Conde Nast Traveller. Kamu bisa melihat upacara adat secara langsung dan menjelajahi keindahan alam Desa Penglipuran yang masih sangat asri.

4. Desa Pemuteran, Bali

Sumber: indonesia.travel

Bali memiliki banyak destinasi yang tak ada habisnya untuk menarik wisatawan. Desa Pemuteran menjadi salah satu wisata alam desa yang terletak di Kabupaten Buleleng, Bali. Daya tarik utama dari desa ini ada pada pesona laut dengan keanekaragaman hayati yang bisa kamu nikmati dengan cara diving dan snorkeling. Keindahan lautnya ini berhasil membuat Desa Pemuteran masuk dalam daftar 10 Destinasi Terbaik Asia versi Lonely Planet BBC pada tahun 2018.

5. Desa Sembalun, Lombok Timur

Sumber: kalokatour.com

Desa Sembalun yang terletak di kaki Gunung Rinjani ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan dari keindahan dari Gunung Rinjani dan ladang bunga edelweisnya. Bukit-bukit Sembalun menjadi destinasi wisata yang sering dituju untuk menikmati pemandangan dan kesegaran udara Gunung Rinjani. Kamu bisa menikmati keindahan desa ini dengan naik paralayang atau paramotor. Di desa ini kamu juga bisa menikmati wisata petik buah, salah satunya kebun stroberi yang sangat populer. Jangan lupa untuk berkunjung ke rumah-rumah tradisional khas Desa Sembalun yang unik dan sudah berusia ratusan tahun.

6. Desa Wae Rebo, Flores

Sumber: asset.kompas.com

Desa Wae Rebo merupakan desa yang tersembunyi di pegunungan Flores dengan ketinggian 1200 mdpl dan masih memiliki budaya tradisional yang asli. Desa ini terkenal dengan rumah adatnya yang unik yaitu lima rumah panggung berbentuk kerucut yang saling berhadapan dan berada di Tengah-tengah Hutan Todo yang kaya akan vegetasi. Desa yang sudah berusia ratusan tahun ini masih menjadi salah satu wisata alam desa yang sangat populer di Indonesia. Tidak heran jika desa ini masuk dalam situs warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Tips Sehat Selama Jalan-Jalan di Desa Wisata

Itulah 6 wisata alam desa di Indonesia yang indah dan tentunya akan sangat berkesan untuk kamu kunjungi sebagai rekomendasi liburan. Selain mencari rekomendasi liburan yang menarik, jangan lupa untuk mempersiapkan kebutuhan tubuh kamu selama pergi liburan. Saat liburan, tubuh akan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya sehingga tubuh harus beradaptasi dengan cuaca yang berbeda-beda. Untuk itu pastikan tubuh kamu tetap prima dengan mengikuti beberapa tips sehat saat liburan berikut ini:

  • Bawa jaket atau kupluk – Wisata alam desa biasanya berada di daerah dengan cuaca yang cenderung dingin. Jadi pastikan kamu mencari tahu perkiraan cuaca di destinasi tujuan untuk membuat wisata terasa lebih nyaman.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman – Wisata alam tentu akan lebih banyak berkegiatan fisik, terutama jalan kaki. Jadi lebih baik gunakan sepatu yang nyaman agar kaki tidak mudah sakit.
  • Bawa obat pribadi – Sebaiknya siapkan obat-obatan pribadi karena tidak semua desa wisata memiliki akses yang mudah pada apotek. Termasuk terbatasnya fasilitas kesehatan yang buka selama 24 jam sehingga obat-obatan ini akan menjadi pertolongan pertama pada keluhan kesehatan.

Untuk membuat badan tidak mudah lelah saat liburan, kamu juga bisa menambah makanan utama dengan mengonsumsi suplemen sebelum memulai aktivitas. Enervon-C Tablet mengandung multivitamin dan mineral lengkap yang dapat membantu daya tahan tubuh serta melengkapi asupan nutrisi harian. Jika tubuh kamu prima, liburan pun akan terasa menyenangkan dan berkesan. Untuk akses produk Enervon yang praktis, Tokopedia dan Shopee resmi Enervon telah tersedia.

Featured Image - goodnewsfromindonesia.id