Liburan ke dataran tinggi memang memiliki beragam daya tarik yang digemari semua kalangan usia. Meskipun terkadang pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai ke puncaknya, nyatanya tempat wisata ini menawarkan keindahan yang tak membosankan. Indonesia sebagai negara yang ada di atas tiga lempeng tektonik menawarkan gunung dan pegunungan yang memukau. Sehingga tak jarang jika banyak objek wisata dengan pemandangan khas dataran tinggi. Berikut ini adalah 7 rekomendasi tempat wisata seperti negeri di atas awan paling indah di Indonesia.

Negeri di Atas Awan Terindah di Indonesia

1. Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

Sumber: Google/Novie Cynthia

Lokasi pertama tempat di Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan bisa kamu kunjungi sejak pukul 4 pagi. Pada waktu inilah pemandangan negeri di atas awan yang paling indah terjadi. Latar belakang pegunungan dan hutannya menjadikan gerombolan awan yang lewat semakin cantik. Jangan lupa mencicipi dan belanja berbagai buah segar yang ada di sana ya.

2. Puncak B29, Jawa Timur

Sumber: Google/Erwin Effendi

Berikutnya ada Puncak B29 yang ada di Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Kamu bisa menikmati pemandangan memukau sambil menginap di sana lho. Bayangkan pagi hari kamu disambut dengan pemandangan keren matahari terbit dan tenggelam di tempat ini. Kemudian sarapan di tempat yang sama dijamin akan menambah liburanmu berkesan.

3. Gunung Telomoyo, Jawa Tengah

Sumber: Travel Kompas

Meski berupa gunung, wisatawan dapat naik ke puncaknya dengan mobil atau motor melalui jalur khusus. Agar bisa melihat pemandangan gerombolan awan semakin cantik, pastikan kamu melewati momen matahari terbit atau tenggelam. Saat awan dan kabut mulai menipis, kamu akan menyaksikan deretan gunung di sekitarnya. Sebut saja Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Penasaran, bukan?

4. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

Sumber: Google/Nomaridha Genissa

Menjadi lokasi populer untuk menikmati pemandangan matahari terbit, Dieng juga menjadi negeri di atas awan yang tak kalah menawan. Hanya dengan perjalanan 1 jam dari Wonosobo, tempat ini juga menjadi awal jalur pendakian ke Gunung Prau. Hanya dengan pendakian ringan 30-45 menit, kamu telah bisa menikmati beberapa tempat wisata di sekitarnya seperti Bukit Sikunir dan Kawah Sikidang.

5. Kampung Lolai, Sulawesi Selatan

Sumber: Google/Samuel Zhang

Beralih ke luar Pulau Jawa, mari mengunjungi Kampung Lolai di Kapala Pitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Dengan ketinggian 1300 mdpl, kamu telah bisa menyaksikan barisan awan saling bergumul. Selain fasilitas penginapan di sekitarnya, kamu bisa menikmati indahnya bintang malam dan matahari terbit yang cantik. Bahkan disediakan juga area khusus jika kamu ingin berkemah.

6. Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Sumber: Google/Maria Melani Ika

Beralih ke Nusa Tenggara Timur, terdapat desa budaya yang ada di dataran tinggi bernama Desa Wae Rebo. Mendapat pengakuan UNESCO sebagai tempat konservasi budaya Asia Pasifik, kamu akan menemukan 7 rumah adat Mbaru Niang. Tidak hanya wisata alam yang memukau, kamu juga bisa menjadikannya sebagai wisata budaya yang berkesan. Masyarakat lokal yang ramah dengan budaya yang masih terasa kental akan menjadikan kunjunganmu semakin sempurna.

7. Pura Lempuyang Luhur, Bali

Sumber: Google/Dean Photography

Satu lagi negeri di atas awan penuh budaya yang bisa kamu nikmati kecantikannya, yaitu Pura Lempuyang Luhur. Dengan menaiki tangga selama 20-30 menit, kamu akan sampai ke puncak Gunung Lempuyang. Spot paling direkomendasikan di sini adalah gapura Candi Bentar dengan latar belakang Gunung Agung dan lautan awan menjelang matahari terbenam. Siapkan kamera dan pose terbaikmu mengenakan sarung (wajib) di sini.

Tips Sehat Kunjungi Dataran Tinggi

Seperti identiknya negeri di atas awan dengan suhu yang dingin, sangat disarankan bagi kamu untuk menjaga kesehatan. Baik sebelum menjelajah maupun selama menikmati momen menenangkan di sana. Selain memaksimalkan masa liburan, kamu juga dapat meminimalisir jatuh sakit sepulangnya dari sana. Di bawah ini adalah beberapa tips sehat mengunjungi dataran tinggi.

1. Mengenakan Pakaian Hangat

Tentu saja untuk menghadapi suhu rendah kamu harus memilih outfit yang hangat. Mulai dari jaket, celana panjang, syal, hingga kaos kaki dan sepatu. Khusus sepatu, pilih sepatu mendaki atau minimal yang mampu membuat kaki nyaman menapak meski jalurnya cukup terjal. Mengondisikan tubuh selalu hangat akan membantu suhu tubuh tetap stabil.

2. Bawa Bekal yang Cukup

Cara lain untuk menurunkan risiko sakit selama perjalanan adalah memastikan tubuh mendapat asupan makan yang sehat. Jika jalur mendaki kamu cukup jauh, bawalah bekal dan camilan sehat yang menggunakan gula dan garam alami seperti buah, kacang-kacangan, protein bar, hingga madu. Begitu juga dengan air putih, bawalah dengan jumlah yang cukup hingga kamu turun.

3. Perkuat Daya Tahan Tubuh

Cuaca yang dingin, berangin, dan suhu rendah menjadi salah satu faktor utama terjadinya udara yang lembap. Hal inilah yang memicu cepatnya perkembangan dan penyebaran virus penyakit. Untuk itu, meningkatkan daya tahan tubuh adalah langkah penting. Mengonsumsi tablet vitamin dan mineral bisa menjadi satu alternatif praktis untuk tips ini. Enervon-C Tablet hadir menjawab kebutuhan perjalanan kamu ke negeri di atas awan. Dengan multivitamin dan mineral lengkap, kemasan stripnya juga mudah sekali dibawa ke mana pun.

Akses vitamin Enervon-C Tablet paling mudah bisa kamu lakukan dari Tokopedia atau Shopee resmi Enervon lho. Mari persiapkan perjalanan kamu ke dataran tinggi bersama Enervon.