Aktivitas naik gunung memang menyenangkan, tapi juga cukup menantang. Pasalnya, perjalanan menuju ke puncak gunung tentunya tidak mudah dan melelahkan. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan persiapan sebelum pergi menaklukan puncak gunung. Apalagi bagi pemula yang baru pertama kali akan mencobanya. Lalu hal apa saja yang harus dilakukan? Berbagai persiapan mendaki gunung berikut ini semoga bisa membantu ya!

Cara Menjaga Stamina untuk Persiapan Mendaki Gunung 

Persiapan fisik tentunya jadi hal utama yang harus diperhatikan saat berencana untuk mendaki gunung. Perjalanan panjang dengan melalui medan yang terjal dan menanjak tentunya sangat menantang dan melelahkan. Namun, tak hanya itu saja, masih ada banyak persiapan lainnya yang harus dilakukan seperti yang telah terangkum berikut ini.

1. Rutin Berolahraga

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa persiapan fisik menjadi kunci utama dalam persiapan mendaki gunung. Hal ini penting supaya tubuh terbiasa dengan aktivitas fisik sebelum pendakian dimulai.

Rutin berolahraga juga akan menjaga tubuh senantiasa bugar dan tetap fit sehingga nantinya tidak akan mudah lelah saat naik gunung. Lakukan aktivitas fisik seperti latihan kardio selama satu jam setiap harinya dalam kurun waktu 2 minggu hingga 1 bulan sebelum memulai pendakian.

2. Memenuhi Kebutuhan Waktu Tidur

Menjaga stamina tak hanya dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik saja, tapi juga memenuhi kebutuhan jam tidur harian. Memiliki kualitas tidur yang baik secara efektif akan memengaruhi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan untuk beristirahat selama 7 hingga 8 jam per hari supaya tubuh selalu fit saat bangun keesokan harinya.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Secara garis besar, persiapan naik gunung ini erat dengan penerapan pola hidup sehat. Selain rutin berolahraga dan mencukupi kebutuhan tidur, kamu juga harus membiasakan diri untuk makan makanan bergizi.

Hal tersebut tak hanya sebelum pendakian saja, tapi juga saat sudah dalam perjalanan mendaki. Bekali diri dengan membawa makanan bergizi yang tak hanya mengenyangkan tapi juga menyehatkan. Tak lupa, bawalah camilan sehat yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks seperti misalnya buah pisang.

4. Siapkan Energy Bar

Selain membawa buah-buahan seperti pisang, kamu juga bisa menyiapkan camilan seperti energy bar. Jenis camilan tersebut cukup efektif untuk mengganjal lapar dan menambah asupan energi supaya lebih bertenaga saat mendaki.

5. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Imbangi makanan sehat bergizi dengan mencukupi asupan cairan tubuh. Memastikan tubuh selalu terhidrasi selama pendakian sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika kamu mengabaikannya maka tubuh akan mudah lelah karena kekurangan cairan.

Jadi, jangan lupa untuk membawa air minum yang cukup saat melakukan pendakian. Kamu bisa bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman supaya bisa menyiapkan kebutuhan air secara tepat.

Selain itu, hindari minum kopi atau cokelat selama perjalanan karena hal tersebut akan membuatmu gampang haus. 

6. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Perhatikan outfit yang akan kamu pakai saat mendaki gunung. Jangan sampai salah kostum yang nantinya bisa mengganggu  kenyamanan selama perjalanan. Udara pegunungan cenderung dingin sehingga kamu bisa memilih baju lengan panjang dan jaket gunung waterproof sebagai pilihan yang tepat.

Selain menjaga tubuh dari cuaca dingin, panas, atau hujan, jenis pakaian tadi juga melindungi tubuh dari gigitan serangga, goresan ranting pohon, atau hal-hal lainnya yang bisa melukai tubuh. Pertimbangkan juga untuk memilih jenis kain yang ringan dan menyerap keringat untuk meminimalisir efek negatif sinar ultraviolet.

 

 

Hal-Hal Lain yang Perlu Diperhatikan saat Mendaki Gunung

Selain mempersiapkan stamina supaya tetap fit saat naik gunung, ada beberapa hal penting lain yang juga tidak boleh kamu abaikan. Apa saja ya? Berikut rinciannya.

  • Pastikan kamu berangkat saat cuaca sedang cerah atau memungkinkan untuk mendaki. Sebaiknya tunda rencanamu untuk naik gunung jika kondisi cuaca sedang buruk atau tidak memungkinkan.
  • Bawalah berbagai benda-benda penting yang menunjang aktivitasmu selama mendaki gunung. Berbagai benda penting tersebut antara lain alat navigasi, tabir surya, baju ganti, pencahayaan, pinset, epipen, semprotan beruang, selimut, terpal, kantong sampah, alat masak, dan sebagainya.
  • Menyiapkan P3K seperti perban, alkohol, perekat, antibiotik, anti-inflamasi, antihistamine, sarung tangan non-lateks, tetes mata, dan obat-obatan pribadi.
  • Senantiasa siaga dengan memperhatikan posisi matahari, istirahat jika lelah, dan mengobati tubuh yang terluka.
  • Pastikan keluarga tahu tentang rute dan peta perjalanan yang akan kamu tempuh ya!
  • Menjaga keselamatan diri dengan tidak sembarangan menyentuh tanaman yang masih asing. Selain itu pelajari juga cara-cara menghadapi hewan liar untuk berjaga-jaga.
  • Menjaga manner selama mendaki dengan tidak membuang sampah sembarangan, berbicara kasar, atau merusak alam

 

 

Nah, untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap fit, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin tambahan seperti Enervon Active. Hanya Enervon Active, satu-satunya multivitamin dan mineral yang tak hanya memiliki kandungan vitamin C, tapi juga vitamin B Kompleks serta Enerzinc yang menjaga tubuh supaya tidak gampang lelah dan terus fit.

Menariknya, multivitamin yang satu ini sangat aman untuk lambung dan tidak menyebabkan ketergantungan lho! Klik link official store Shopee dan Tokopedia berikut untuk mendapatkan produknya sekarang juga ya!