Mendapat julukan sebagai kota yang tak pernah tidur, Jakarta menawarkan keindahan suasana kota malam hari yang spesial. Dengan luas wilayah mencapai 661 km per segi lebih, DKI Jakarta memiliki beragam daya tarik wisata malam. Mulai dari spot penuh lampu hias yang cantik hingga atraksi menantang yang seru bisa kamu temukan di Jakarta pada malam hari. Di bawah ini telah kami pilihkan 7 tempat wisata malam Jakarta terbaik dan sedang hits yang harus kamu kunjungi. Simak juga tips aman dan sehatnya pada bagian akhir rekomendasi ini agar kamu semakin lancar menjelajahi Jakarta dengan tubuh yang sehat.

Tempat Wisata Malam Jakarta Pilihan

1. Kota Tua

Lokasi pertama yang satu ini cocok untuk kamu yang suka sekali suasana jadul dan bernilai sejarah. Kota Tua (gambar di atas) merupakan suatu area yang memungkinkan kamu menjelajahi bangunan tua dengan desain khas Belanda serta beberapa spot cantik meski sudah malam. Beberapa tempat yang menjadi daya tarik dan patut dikunjungi saat malam adalah Taman Fatahillah, Museum Fatahillah, Museum Wayang, Café Batavia, serta banyak tempat makan legendaris lainnya.

2. Old Shanghai Sedayu City

Sumber: awsimages.detik.net

Berikutnya ada area Chinatown yang baru dibuka 2 tahun lalu, yaitu Old Shanghai Sedayu City. Kamu akan menemukan pemandangan modern khas Cina yang cantik dengan ornamennya yang khas. Selain belanja dan mencoba permainan seru, kamu juga bisa melakukan wisata kuliner di sini. Terdapat setidaknya 80 kedai makanan dari berbagai dunia yang bisa kalian cicipi. Mulai dari camilan kekinian, makan berat, minuman tradisional khas, hingga menu halal & non-halal bisa ditemukan.

3. Ancol

Sumber: korporat.ancol.com

Siapa yang tidak kenal dengan obyek wisata ikonik dari Jakarta bernama Ancol? Selain daya tarik seru pada siang hari, spot wisata keluarga yang satu ini juga seru dikunjungi saat malam hari. Jika ingin menikmati keindahan laut saat senja dan malam hari, kunjungi dermaga Pantai Lagoon Ancol. Kemudian kunjungi Symphony of The Sea bila ingin menyaksikan pertunjukan air mancur yang keren. Bahkan kamu juga bisa mengikuti keseruan Dufan Night Ancol bila bertepatan dengan event terbaru.

4. PIK Jakarta

Sumber: madinaworld.id

Tempat ikonik berikutnya saat malam hari adalah Pantai Indah Kapuk atau PIK. Dari luasnya area PIK ini, spot Pantjoran PIK akan memberikan pengunjung indahnya suasana dan gemerlap pecinan malam hari. Tentu saja sepaket dengan daya tarik kuliner dan pertunjukan seni tradisional Cina yang keren. Sedangkan untuk kamu yang ingin suasana Eropa malam hari, kunjungilah La Riviera di PIK 2. Selain berburu foto dan kulineran, kamu juga bisa naik perahu mengelilingi area cantik ini. Keren, kan?

5. JPO Kapal Pinisi dan JPO Gelora Bung Karno

Sumber: pict.sindonews.net

Wisata malam Jakarta yang satu ini termasuk spot yang murah meriah namun tetap memberikan pengalaman estetika yang seru. Bagaimana tidak, kamu bisa menikmati desain Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang unik dan cantik di JPO Gelora Bung Karno dan JPO Kapal Pinisi. Keduanya akan memberikan kamu pengalaman seru jalan-jalan di tengah kota saat malam hari.

6. Skywalk Senayan Park

Sumber: cdn.idntimes.com

Menjadi bagian dari pusat perbelanjaan, Skywalk Senayan Park menawarkan area jalan kaki yang juga memungkinkan kamu menikmati indahnya lampu kota dari ketinggian. Selain area kuliner di bagian mall-nya, kamu juga bisa menggunakan fasilitas umum untuk bersepeda dan skateboard. Dengan konsep luar ruangan, tempat ini lengkap dengan air mancur dan pepohonan di sekitarnya.

7. Monas

Sumber: asset.kompas.com

Satu lagi spot wisata malam Jakarta yang ikonik, yaitu Monumen Nasional (Monas). Kamu bisa naik ke puncak Monas dan menyaksikan gemerlapnya kota Jakarta dari ketinggian 132 meter. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pertunjukan lampu yang terus berubah dengan gambar tematik dari bawah. Jangan lupa juga untuk mencicipi beberapa menu di kedai sekitar Monas ya.

Tips Aman dan Sehat selama Jalan-Jalan di Jakarta

Sama seperti wilayah lain di Indonesia, Jakarta juga memberikan keamanan dan keselamatan bagi wisatawan untuk jalan-jalan malam hari. Meskipun begitu, tetap waspada dan menyiapkan mobilisasi antar lokasi wisata dengan matang sangat disarankan. Begitu juga soal menyiapkan ketahanan fisik meski suhu udara menurun pada malam hari. Berikut ini adalah beberapa tips aman dan sehat selama menjelajahi wisata malam Jakarta.

1. Maksimalkan Transportasi Umum Resmi

Jika kamu tidak menggunakan kendaraan pribadi, maka transportasi umum resmi di Jakarta sudah memadai, mudah diakses, dan murah. Salah satu tips amannya adalah selalu berhati-hati dengan barang pribadi saat ada di area ramai maupun area sepi. Usahakan untuk menyimpan perhiasan atau aksesoris mahal di dalam tas agar tidak mengundang niat jahat.

2. Jaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Meskipun Jakarta cenderung bersuhu panas, tentu malam hari akan tetap ada penurunan suhu lingkungan. Sehingga ada baiknya kamu menjaga suhu tubuh tetap normal. Bisa dengan membawa pakaian tambahan, menyantap kudapan hangat, dan lain-lain.

3. Perhatikan Asupan Makanan

Kuliner malam hari di Jakarta juga tak kalah menarik dijelajahi. Namun jangan sembarangan makan dan upayakan untuk tetap mengontrol gizi berimbang agar stamina dan imun tubuh tetap kuat.

4. Jangan Kurangi Waktu Tidur

Meski banyak tempat wisata yang ingin dijelajahi, tetap perhatikan jam tidur kamu ya. Terutama jika kamu masih akan jalan-jalan keesokan harinya dan beberapa hari ke depan.

Enervon-C Tablet Siap Mendukung Imun Tubuh

Dengan suhu yang cenderung lebih rendah pada malam hari, ada baiknya jika kamu menguatkan imun tubuh. Selain beberapa tips di atas, mengonsumsi suplemen multivitamin juga disarankan. Dengan kandungan gizi yang cukup lengkap, minum tablet vitamin bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sekaligus mendukung performa daya tahan tubuh. Enervon di Tokopedia dan Shopee dengan pilihan kemasan yang beragam. Termasuk kemasan travel agar momen berharga di Jakarta dapat dilalui dengan tubuh yang bugar.

Featured Image - asset.kompas.com