Menumpangi pesawat terbang memang berbeda seperti ketika menumpangi bus kota atau kendaraan lainnya. Ada banyak aturan yang harus dipatuhi oleh penumpang. Ini karena menyangkut dengan keselamatan diri dan meminimalisir kehilangan barang saat berada di pesawat terbang.

Agar kamu aman saat menaiki pesawat, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat naik pesawat terbang. Berikut ini beberapa hal tersebut.

1. Menaruh barang berharga di dalam koper

Credit: blog.reddoorz.com

Mungkin kamu pernah mendengar ada kasus kehilangan barang berharga di dalam koper. Untuk itu, kamu yang membawa barang berharga, sebaiknya simpan di tas yang selalu kamu bawa di dalam kabin pesawat. Selalu jaga barang berhargamu, karena setiap kesempatan yang ada dapat memicu orang lain untuk berbuat jahat.

2. Memasukkan tas yang mudah sobek ke dalam bagasi

Credit: h5-home-stay.business.site

Jika tas bawaanmu mudah sobek, sebaiknya jangan taruh ke dalam bagasi pesawat. Karena barang di dalamnya bisa tercecer saat tas dimasukkan ke bagasi pesawat. Kalau kamu tetap ingin memasukkan tas tersebut ke bagasi, balut kembali tas tersebut dengan plastik di jasa wrapping yang ada di bandara.

3. Mengaktifkan ponsel saat terbang

Credit: countryliving.com

Sampai saat ini masih ada saja orang yang mengaktifkan ponselnya saat terbang. Padahal, hal ini berbahaya karena bisa mengganggu navigasi pesawat.  Jadi, hindari melakukan hal ini ya.

4. Melepas sabuk pengaman saat kondisi cuaca sedang buruk

Credit: traveller.com.au

Hal yang satu ini juga masih sering dilakukan penumpang pesawat. Saat lampu tanda sabuk pengaman telah dimatikan, maka ada beberapa penumpang yang melepas sabuk karena beberapa alasan.

Sebaiknya pakai lah sabuk pengaman sejak pesawat akan lepas landas hingga tiba di bandara tujuan. Karena, terkadang jika pesawat mengalami turbulensi dan kamu tidak mengenakan sabuk pengaman, tubuhmu bisa saja terlempar.

5. Membawa powerbank melebihi kapasitas ke dalam kabin pesawat

Credit: wral.com

Ada beberapa kasus powerbank yang mengundang bahaya di pesawat, bahkan ada powerbank yang memicu kebakaran dalam pesawat. Jadi, sebaiknya lebih berhati- hati dan waspada ketika membawa powerbank ke dalam pesawat.

Adapun kapasitas powerbank yang dilarang masuk kabin yaitu lebih dari 32 ribu mAh, serta powerbank yang kapasitasnya tidak dapat diketahui. Sementara itu, powerbnk yang boleh masuk kabin yaitu yang berkapasitas kurang dari 20 ribu mAh.

6. Tidak memperhatikan arahan prosedur keselamatan pramugari

Credit: wavy.com

Saat pramugari sedang memperagakan prosedur keselamatan, seringkali penumpang malah asyuk sendiri dengan aktivitasnya dan tidak memperhatikan pramugari. Padahal hal ini penting untuk disimak, apalagi untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat.

Tidak ada ruginya menyimak arahan pramugari, selain dapat menambah pengetahuanmu terhadap penyelamatan di pesawat, kamu juga bisa lebih peka terhadap ancaman.

 

Jadi, hindari melakukan 6 hal tersebut ketika kamu naik pesawat terbang ya. Selalu patuhi aturan yang ada demi menghindari hal- hal yang tidak diinginkan. Dan jangan lupa berdoa sebelum menaiki pesawat agar diberi keselamatan sampai tujuan.

 

 

 

Featured Image - sunshinecoastdaily.com.au