Masyarakat Indonesia, umumnya identik sekali berbuka puasa dengan yang manis-manis dan juga gorengan. Wah, padahal, jika ditelisik lebih lanjut, berbuka puasa dengan gorengan tidak begitu bagus, lho. Ada efek samping serta resiko yang menunggu kamu.

Oleh karena itu, berbuka puasa sebaiknya tidak hanya sekedar berbuka saja atau membatalkan puasa saja, tetapi juga diperhatikan gizinya. Nah, kali ini – kamu akan diajak untuk mengetahui setidaknya ada tujuh menu buka puasa yang sehat!

Penasaran apa saja menu sehat tersebut? Sila simak bahasan kali ini ya!

Menu Sehat Buka Puasa: Kurma

Berikut 7 Menu Sehat Untuk Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Segar! credit: merdeka.com

Siapa yang tidak tahu buah yang rasanya hanya muncul saat bulan Ramadan saja, nih. Kurma adalah buah sekaligus menu buka puasa yang sehat dan praktis. Cocok sekali buat kamu yang kira-kira jam 6 sore masih ada di perjalanan pulang. Kalau bingung mau buka dengan apa, tiga sampai lima buah kurma pun cukup!

Kurma mengandung kandungan zat besi, gula alami, serat dan mineral yang bagus untuk tubuh. Oleh karena itu, kurma menjadi salah satu menu sehat dan praktis yang dianjurkan serta direkomendasikan buat kamu yang kadang masih suka sibuk bekerja walau sudah waktunya berbuka!

Menu Sehat Buka Puasa: Oatmeal

Berikut 7 Menu Sehat Untuk Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Segar! credit: idntimes.com

Memiliki kandungan serat yang berlimpah, oatmeal menjadi salah satu menu sehat buka puasa yang direkomendasikan untuk kamu, nih. Ditambah, oatmeal juga membuat kamu cepat kenyang sehingga menghindarkan kamu dari kekenyangan saat berbuka puasa.

Supaya tambah segar, sila campurkan dan tambahkan beberapa buah-buahan segar, madu serta susu rendah lemak agar oatmeal kamu benar-benar jadi menu sehat buka puasa yang direkomendasikan nih!

Menu Sehat Buka Puasa: Kolak Biji Salak

Berikut 7 Menu Sehat Untuk Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Segar! credit: resephariini.com

Kolak biji salak adalah salah satu menu takjil yang cukup umum diketahui banyak orang. Nah, menu ini cukup sehat, lho. Kandungan karbohidrat dari ubi mampu mengembalikan tenaga yang telah terkuras selama seharian berpuasa.

Menu Sehat Buka Puasa: Sup

Berikut 7 Menu Sehat Untuk Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Segar! credit: idntimes.com

Sup merupakan menu buka puasa sehat selanjutnya yang bisa kamu rencanakan nanti nih. Supnya bisa kamu modifikasi seperti ditambakan suwiran ayam, sayuran, bakso atau jamur. Wah, lebih nikmat lagi kalau kamu santap selagi hangat!

Menu Sehat Buka Puasa: Kelapa Muda

Berikut 7 Menu Sehat Untuk Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Segar! credit: lampung.tribunnews.com

Nah, es kelapa muda – eits, esnya jangan banyak-banyak ya, kelapa muda adalah salah satu menu sehat buka puasa yang cukup direkomendasikan buat kamu, nih. Oh iya, kalau kurang manis, gunakan gula merah alami, ya. Campuran itu bisa mengembalikan tenaga kamu seketika, lho!

Menu Sehat Buka Puasa: Ikan Bakar

Berikut 7 Menu Sehat Untuk Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Segar! credit: tipsdietsmart.com

Ikan bakar adalah menu buka puasa yang sehat lho. Ikan sebagai bahan makanan rendah lemak adalah menu yang cukup sehat untuk tubuh kamu. Asalkan, perlu kamu ingat kalau membakarnya jangan terlalu gosong ya.

Menu Sehat Buka Puasa: Salad Sayur

Berikut 7 Menu Sehat Untuk Buka Puasa Agar Tubuh Tetap Segar! credit: nakita.grid.id

Sayur dan buah tentu benar-benar sehat buat kamu nih untuk berbuka puasa. Apalagi salad sayur atau buah tersebut ditambahkan mayonnaise dan potongan keju. Serta disajikan saat tengah dingin-dinginnya. Wah pasti segar sekali lho!

Nah, itu dia tujuh menu sehat buka puasa yang bisa kamu santap nanti ya. Oh iya, kalau kamu mengetahui menu sehat lainnya, sila tambahkan di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source – health.detik.com

Feature Image – abiummi.com