Melakukan perjalanan jauh tidak hanya membuat tubuh jadi lelah, tapi meningkatkan peluangmu untuk jatuh sakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang para traveller adalah flu. Gejala flu yang dialami setiap orang mungkin berbeda tergantung tingkat keparahannya, yaitu mulai dari ringan, sedang, hingga parah.

Untungnya, penyakit ini bisa dicegah. Nah, agar kamu tidak terganggu flu saat sedang travelling, ikuti yuk beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan tubuh sehat sebelum melakukan perjalanan

Credit: simulationpretpersonnel.com/

Saat tubuh sedang lelah atau mulai tidak enak badan, sistem imun pasti sedang melemah. Ini artinya, pertahanan tubuh sedang menurun dan kamu jadi lebih mudah terserang penyakit. Jika memang sedang tidak sehat, sebaiknya hindari melakukan perjalanan jauh.

Undur rencanamu untuk berpergian hingga kondisi membaik. Dan bila perjalanan memang harus dilakukan, konsultasikan hal ini pada dokter dahulu.

2. Sedia obat- obatan umum

Credit: sg.news.yahoo.com

Cara mencegah flu saat berpergian bisa dilakukan dengan selalu membawa obat- obatan umum. Dan ini sangat dianjurkan bagi kamu yang kondisi tubuhnya sedang tidak fit.

Segera minum obat ketika tubuh sedang tidak fit, membantu memulihkan sistem daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh akan kembali pulih dengan cepat dan kamu pun terhindar dari flu. Beberapa obat dan perlengkapan yang perlu kamu bawa saat travelling adalah tisu, obat Pereda nyeri atau penurun demam, dan hand sanitizer.

3. Gunakan masker

Credit: www.sfcdcp.org

Selain obat, kamu juga perlu membawa atau memakai masker sebagai salah satu cara mencegah tertular flu saat travelling. Virus flu dapat menular dari orang yang sakit ke orang sehat dengan mudah, melalui tetesan air liur saat berbicara, batuk, atau bersin.

Virus yang ukurannya kecil, memang tetap dapat lolos jika kamu memakai masker biasa. Namun, penggunaan masker setidaknya bisa mengurangi paparan virus.

4. Pastikan kamu cukup minum dan mengonsumsi makanan bernutrisi

Credit: healthyeatinghub.com.au

Cara mencegah flu saat travelling lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencukup asupan cairan dan makanan bergizi. Air dan makanan yang sehat dapat membantu organ tubuh bekerja dengan normal, sehingga bisa memperkuat daya tahan tubuhmu.

5. Cuci tangan dan hindari kebiasaan menyentuh wajah

Credit: economictimes.indiatimes.com

Virus flu yang dapat berpindah lewat tetesan air liur ini bisa menempel di sekitarmu, salah satunya gagang pintu. Agar virus tidak masuk ke mulut, cuci tanganmu dengan sabun dan bilas dengan air mengalir.

Kebiasaan ini perlu dilakukan sebelum makan, sesudan menggunakan toilet, atau ketika kamu merasa tanganmu kotor. Selain itu, paparan virus di dalam tubuh juga bisa kamu kurangi dengan tidak menyentuh wajah, terutama hidung, mata, dan mulut.

6. Vaksin influenza

Credit: trialsitenews.com

Cara paling ampuh untuk mencegah penularan flu saat travelling adalah melakukan vaksin influenza. Vaksin ini harus dilakukan setidaknya 2 minggu sebelum melakukan perjalanan.

Jika dilakukan kurang dari 2 minggu, vaksin tidak akan bekerja secara maksimal untuk menangkal virus. Namun, yang harus diingat adalah vaksin influenza memiliki batas waktu, yaitu satu tahun. Jadi, kamu perlu melakukan vaksin ini lagi di tahun berikutnya.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tertular flu selama travelling. Dan untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu, selalu konsumsi vitamin C dari Enervon setiap hari.

 

 

Featured Image - travelandleisure.com