Apakah kamu sering terganggu dengan keringat yang membasahi badanmu sewaktu makan? Kalau yang dikonsumsi merupakan makanan yang masih panas atau rasanya pedas, mungkin kita berpikir, “Oh, itu karena makanannya”.

Tapi, bagaimana kalau makanan yang kamu konsumsi tidak pedas dan tidak panas? Lalu, kenapa kita masih berkeringat sampai badan jadi basah?

Jadi begini. Keringat yang keluar saat kita makan itu disebut gustatory perspiration. Hal ini terjadi karena ada stimulasi pada kelenjar ludah. Dan ini bisa dilihat lewat keringat yang muncul pada daerah dahi, wajah, kulit kepala, dan leher, segera setelah kita makan.

Kalau makanannya itu memang pedas atau panas, gustatory perspiration ini bisa dbilang wajar. Selanjutnya, kita harus cek terlebih dahulu. Apakah pola makan kita sudah sesuai? Berikut ini adalah jenis- jenis makanan yang bisa memancing keringat berlebih, meskipun tidak pedas dan panas.

  • Berbahan dasar mie.
  • Makanan yang digoreng atau tinggi lemak.
  • Tinggi garam.
  • Bawang bombay dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini bisa memicu keringat.

Kalau kita termasuk sering mengonsumsi jenis makanan di atas, sebaiknya ubah pola makan dengan melakukan tips berikut ini:

  1. Ubah kebiasaan makan mie dengan makan nasi merah atau nasi cokelat. Kandungan serat dalam dua jenis nasi ini membuat tubuh tidak perlu keluar banyak energi untuk mencerna makanan.
  2. Saat memasak makanan, gunakan minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal.
  3. Umumnya kita mengonsumsi garam hingga 10-12 gram sehari. Sebaiknya kurangi asupan garam hingga maksimum 4 gram sehari.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung kalsium, terutama yang ada dalam buah-buahan. Seperti, pisang.
  5. Meminum teh herba seperti sage tea juga bisa membantu mengurangi keringat.

Lalu, bagaimana kalau kita termasuk yang berkeringat sangat banyak, sampai menetes dan membuat badan jadi basah kuyup? Kalau sudah begini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Karena, bisa jadi ada gangguan lain di dalam tubuh yang membuat kita jadi mudah berkeringat.

 

Featured Image - medicalnewstoday.com