Anak dibawah usia 4 tahun memang sebaiknya diberikan permainan anak yang dapat melatih motoriknya. Selain, untuk melatih kemampuan motorik anak, kegiatan ini juga sekaligus dapat mengisi waktu luangnya.

Lalu, apa saja permainan anak yang dapat melatih kemampuan motoriknya? Berikut ini permainan yang bisa kamu lakukan bersama anak!

1. Cetakan pasir

Credit: happinest.id

Sekilas permainan anak ini terlihat hanya memainkan pasir, mengaduk- aduk lalu menuangnya ke cetakan. Tapi, permainan ini membutuhkan koordinasi yang baik antara otot tangan dan mata dengan kreativitas anak.

Seharusnya, anak akan berhenti mengisi pasir ketika cetakan penuh. Dan ia pun seharusnya memilih cetakan yang sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

2. Lilin mainan atau tanah liat berwarna

Credit: kumparan.com

Kamu tentu sering melihat mainan ini. Mainan yang berbahan dasar plastisin ini dianggap lebih aman daripada lilin mainan terdahulu yang warnanya bisa menempel pada kulit dan memiliki aroma yang menyengat. Sama seperti pasir, anak akan berlatih motoriknya melalui membuat bentuk dan membedakan warna.

3. Kolam balon dan mainan apung

Credit: pxhere.com

Anak- anak pasti suka bermain air. Agar kamu tidak perlu repot- repot membawa anak ke wahana permainan air, kamu bisa belikan ia kolam balon dan menciptakan keseruan yang sama.

Isi kolam anak dengan bola pastik dan berbagai mainan apung dalam berbagai bentuk. Sambil asyik bermain air, anak akan belajar mengenali bentuk, memperhatikan gerak benda, dan menciptakan keseruannya sendiri.

4. Kertas lipat

Credit: parenting.firstcry.com

Kertas lipat atau origami dapat memberikan keleluasaan pada anak untuk membentuknya jadi apa saja. Sediakan origami untuk si kecil agar ia bisa berlatih mengasah kreativitas dan melatih kemampuan motoriknya.

Setelah selesai, berikan apresiasi untuk bentuk- bentuk yang ia hasilkan. Sehingga anak termotivasi untuk mencoba membuat bentuk baru.

5. Bongkar pasang

Credit: kumparan.com

Sama seperti origami, mainan bongkar pasang juga memberi keleluasaan pada anak untuk menentukan bentuk. Ia bisa memasang atau membongkarnya untuk menciptakan bentuk baru.

Hal ini biasanya akan mengacu pada sebuah bentuk yang sering terlintas di kepalanya. Bongkar pasang sendiri bisa disebut sebagai permainan anak yang awet. Karena tidak hanya anak kecil saja, tetapi orang dewasa kadang masih sering memainkannya. Jadi, berikan permainan ini pada anak bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

 

 

Featured Image - klikdokter.com