Terkadang seorang pencari kerja menyadari bahwa banyak kesalahan yang dilakukan saat mengirimkan lamaran. Mulai dari lupa memasukkan attachment CV, mengirimkan CV yang belum diperbaharui, sampai cover letter yang salah alamat.

Meski sudah menyadari kesalahan, terkadang kamu masih saja melakukan kesalahan yang sama. Dan jika terus menerus dilakukan, hal ini akan menghambat kamu dalam mendapat pekerjaan.

Berikut ini 3 strategi yang perlu kamu hindari atau perbaiki, ketika sedang mencari kerja.

1. Melamar sebanyak mungkin lowongan yang ada

Credit: bestcellphonespyapps.com

Kamu berpikir bahwa semakin banyak CV yang dikirimkan, maka akan semakin besar kemungkinan akan dipanggil wawancara. Tetapi, nyatanya tidak seperti itu. Mengirimkan lamaran sebanyak mungkin dapat memberikan arti bahwa kamu tidak benar- benar mengetahui apa yang kamu inginkan, kamu terlihat putus asa, atau kamu tidak memahami iklan lowongan tersebut.

Daripada kamu melamar ke setiap lowongan pekerjaan yang ada, coba untuk membuat daftar perusahaan dan pekerjaan apa yang kamu inginkan. Dan sembari menunggu lowongan pekerjaan yang diinginkan, perbaikilah resume dan cover letter kamu.

2. Melamar segera setelah iklan lowongan di pasang

Credit: usatoday.com

Ketika sebuah perusahaan membuka lowongan yang sesuai dengan keinginanmu. Tanpa pikir panjang, kamu pasti langsung mengirimkan CV. Kamu ingin menjadi orang pertama yang diliat oleh HRD, sehingga pihak perusahaan akan langsung memanggilmu. Tapi, hal ini justru salah.

Berilah waktu jeda sehari setelah iklan lowongan tersebut dipasang. Daripada terburu- buru mengirimkan CV, lebih baik jika kamu mengecek CV mu terlebih dahulu. Perhatikan dengan detail, sehingga tidak ada kesalahan.

3. Mengirimkan lamaran pada posisi yang tidak tepat

Credit: iobint.com

Terkadang orang ingin mencoba hal baru dalam hidupnya. Termasuk dalam memilih pekerjaan yang baru dan berbeda. Hal ini meang baik, tetapi ada sedikit perbedaan antara melamar untuk posisi yang berbeda, dan melamar untuk posisi yang tidak akan kamu dapatkan.

Carilah pekerjaan yang tepat. Cari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki. Dan tentu saja hal ini membutuhkan kesabaran dan waktu. Namun, kamu harus yakin bahwa usaha dan kesabaran yang kamu lakukan akan memberikan hasil yang baik.

Intinya, kesalahan yang kamu lakukan saat cari kerja bisa langsung diminimalisir dan diperbaiki. Jadi, tetap berusaha dan semangat ya selagi dalam masa pencarian kerja.

 

 

 

Featured Image - flexjobs.com