Menyempatkan diri untuk berolahraga selama bulan Ramadan adalah keputusan yang tepat. Hal ini tidak hanya berdampak positif terhadap kesehatan, melainkan juga dapat membuat momen puasa menjadi tak terasa lama. Di bulan Ramadan, kamu sebaiknya memiluh olahraga yang tidak terlalu berat serta tidak terlalu lama untuk menghindari risiko dehidrasi.

Apa saja jenis olahraga yang cocok dilakukan selama bulan Ramadan? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan disimak ya!

1. Joging

Sembari menunggu waktu berbuka, kamu bisa melakukan joging agar kondisi fisik tetap terjaga baik selama bulan Ramadan. Cobalah berlari kecil di area hijau atau taman yang dikelilingi pohon-pohon teduh. Meluangkan waktu dengan joging tentu akan membuat kamu tetap produktif di bulan puasa.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu petik dengan melakukan joging di sore hari, contohnya seperti membakar lemak menjadi energi serta menurunkan berat badan. Jadi, jangan ragu untuk melakukan joging pada hari biasa atau ketika berpuasa. Dengan melakukan joging, kamu memberi kesempatan kepada badan untuk beristirahat sehingga tidak bekerja terlalu keras setiap hari.

2. Yoga

Aktivitas menyehatkan ini juga patut dilakukan selama bulan Ramadan. Melalui yoga, kamu bisa menyegarkan pikiran yang suntuk serta membuat badan menjadi terasa bugar. Manfaat lain yang ditawarkan yoga adalah menstimulus prroses detoksifikasi dalam tubuh. Bermanfaat sekali, bukan?

3. Naik Turun Tangga

Mendaki dan menuruni tangga ternyata juga dianjurkan bagi kamu yang ingin menjaga pola hidup sehat selama berpuasa. Dengan melakukan aktivitas ini selama 10 menit, kamu bisa mengurangi jumlah kalori dalam tubuh secara drastis. Olahraga ini mudah untuk dilakukan di berbagai tempat, salah satunya adalah di tempat kerja.

4. Menjajal Gerakan Ringan

Ada sejumlah olahraga ringan yang bisa kamu coba di rumah sembari menunggu waktu berbuka. Contohnya seperti sit-up, lari, push-up, dan lain-lain. Usai mengerjakan olahraga-olahraga ini, peredaran darah akan menjadi lebih lancar serta otot-otot tubuh akan menjadi lebih terlatih. Jangan lupa juga untuk mencoba olahraga sesuai dengan kemampuan fisik.

5. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu contoh olahraga yang cocok dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Kamu bisa melakukan olahraga ini sembari mengelilingi taman hingga waktu berbuka tiba. Manfaat dari bersepeda di antaranya adalah tubuh menjadi lebih sehat serta pikiran menjadi lebih ceria. Jadi, selalu luangkan waktu untuk bersepeda tiap sore ya!

6. Lompat Tali

Olahraga satu ini juga pas dipraktekkan selama bulan Ramadan karena mudah serta tidak terlalu menguras tenaga. Kamu dapat menjajal lompat tali sembari menunggu waktu berbuka puasa di rumah. Dengan melakukan lompat tali, kamu bisa membakar kalori dalam tubuh secara efektif. Oleh sebab itu, olahraga ini juga direkomendasikan bagi para pejuang diet.

Demikian 6 pilihan olahraga yang cocok dilakukan selama bulan Ramadan. Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu yang ingin menjaga pola hidup sehat sembari berpuasa. Selamat mencoba semuanya ya!

source: detik.com

feature image - giant-bicycles.com