Jalan kaki sehat termasuk olahraga ringan yang bisa membuat tubuhmu jadi sehat dan bugar. Meskipun terlihat sederhana, tetapi olahraga ini bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Seperti olahraga lain, jalan sehat juga harus dilakukan dengan cara yang benar. Karena, kalau salah melakukannya, kamu malah bisa mengalami cedera.

Nah, berikut ini kesalahan- kesalahan yang sebaiknya kamu hindari saat melakukan olahraga jalan sehat.

1. Tidak melakukan pemanasan

Credit: zarlinda.com

Ketika kamu melakukan olahraga jenis apapun, termasuk jalan sehat, kamu harus selalu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Karena, pemanasan penting untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan pemanasan dengan melalukan stretching atau berjalan- jalan santai terlebih dahulu. Dan jangan lupa untuk melakukan pendinginan setelah selesai berolahraga jalan sehat.

2. Waktu berjalan terlalu lama

Credit: bodyandsoul.com.au

Olahraga itu tetap harus dibatasi waktunya agar kamu tidak terlalu lelah, termasuk olahraga jalan kaki. Jalan kaki sehat memang tidak membuat kamu jadi cepat lelah, kalau dibandingan dengan jenis olahraga lainnya. Namun tetap saja, olahraga jalan sehat harus dibatasi waktunya, tidak boleh terlalu lama. Jadi, lakukan olahraga ini setidaknya 15- 45 menit setiap hari.

3. Jalan yang terlalu lambat

Credit: healthline.com

Dalam melakukan olahraga jalan sehat, kamu juga disarankan untuk tidak berjalan terlalu lambat saat melakukan kegiatan ini. Berjalan terlalu lambat malah akan membuat tubuh hanya membakar kalori dalam jumlah yang sedikit. Dan akibatnya, lemak tubuh hanya akan berkurang sedikit, tetapi tubuhmu akan tetap merasa lelah.

4. Tidak memperhatikan postur tubuh

Credit: lifestyle.kompas.com

Postur tubuh selama berolahraga jalan sehat juga harus diperhatikan, lho. Berjalanlah dengan postur tubuh yang baik, yaitu punggung tegak dan kepala melihat kearah depan. Selain itu, ayunkan lenganmu saat berjalan, agar otot lengan ikut bergerak sesuai dengan ritme otot kaki.

5. Menggunakan pakaian yang tidak nyaman

Credit: everydayhealth.com

Kamu harus pintar dalam memilih pakaian dan sepatu saat berolahraga, termasuk olahraga jalan sehat. Pilihlah pakaian yang berbahan sejuk dan tidak terlalu ketat di badan. Selain itu, gunakan sepatu yang nyaman, tidak terlalu besar atau kecil, dan sesuai untuk berjalan atau berlari.

 

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan hindari saat melakukan olahraga jalan sehat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar secara maksimal, lakukan olahraga ini secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.

Dan agar tubuhmu semakin sehat, konsumsi vitamin C dari Enervon Active yang mengandung non acidic vitamin C sehingga aman di lambung dan Zinc yang membantu agar kamu tidak gampang lelah dan selalu aktif. 

 

 

 

Featured Image - easyhealthoptions.com