Saat ini provinsi Nusa Tenggara Timur sedang tren dikunjungi oleh para traveller karena keindahan Labuan Bajo. Mulai dari Bukit Cinta, Pulau Padar, dan Gili Laba yang memikat daya Tarik wisatawan untuk mengunjungi desa ini.

Untuk kamu yang ingin berlibur ke Labuan Bajo, tapi terhambat oleh budget. Jangan khawatir, berikut ini tips travelling irit ke Labuan Bajo yang bisa kamu terapkan!

1. Liburan saat low season

Credit: dallasnews.com

Low season memang paling dinantikan oleh banyak orang, dimana harga akomodasi jadi murah meriah. Low season merupakan waktu yang tepat untuk berburu tiket pesawat ataupun hotel. Biasanya low season ada pada bulan Januari, sepekan setelah libur tahun baru. Saat inilah orang kantoran sudah kembali bekerja dan pelajar mulai kembali bersekolah atau ke kampus.

2. Gunakan strategi rute penerbangan

Credit: kabarpenumpang.com

Direct flight memang paling dicari para penumpang. Tapi, jika langsung ke Labuan Bajo ongkosnya pun bisa jadi mahal, dan armadanya pun terbatas. Jadi, lebih baik kamu memilih rute Jakarta- Bali atau Jakarta- Lombok, karena harganya relatif lebih murah.

Jika kamu memilih rute Jakarta- Bali, lanjutkan perjalananmu dengan kapal yang merogoh kocek Rp 250.000. Namun, jika kamu memilih rute Jakarta- Lombok, Kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus jurusan Sumbawa. Biaya yang dikeluarkan juga terjangkau, yaitu sekitar Rp 170.000.

3. Ajak teman- temanmu, agar liburan jadi semakin irit

Credit: befreetour.com

Liburan hemat bukan berarti kamu tidak bisa ke Labuan Bajo. Coba ajak teman- temanmu untuk berlibur bersama. Selain seru, liburan bareng teman bisa membuat kantongmu lebih aman, lho. Karena, pengeluaran yang diperlukan terasa lebih ringat berkat ‘patungan’.

4. Pilih penginapan yang tidak terlalu mewah

Credit: kumparan.com

Mengingat budget yang minim, soal tempat penginapan tidak perlu dengan fasilitas yang terlalu mewah atau bintang lima ya. karena tujuanmu liburan, kamu masih bisa beristirahat di penginapan yang menawarkan tarif rendah, mulai dari Rp 150.000- Rp 300.000.

Kalau kamu pergi bersama teman- teman, kamu hanya mengeluarkan sekitar Ro 50.000 per orang. Sisanya, sisihkan untuk membeli oleh- oleh.

5. Berwisata kuliner di pinggir jalan

Credit: labuanbajotour.com

Meski bukan di resto mahal, tetapi rasanya tidak kalah, lho. Tidak afdol rasanya kalau ke Labuan Bajo hanya koleksi foto- foto saja, kamu wajib mencoba kuliner murah meriah di Kampung Ujung. Segala jenis seafood segar tersaji disana. Kapan lagi kamu bisa puas makan seafood seharga di bawah Rp 50.000.

 

Nah, itu dia kelima tips hemat budget untuk travelling ke Labuan Bajo. Jadi, kapan nih kamu mau liburan kesana?

 

 

 

Featured Image - idntimes.com