Kamu ibu hamil yang hobi travelling? Jika kamu memutuskan untuk melakukan perjalanan bersama pasangan atau keluarga sebelum sibuk menyambut kelahiran si kecil. Tidak perlu khawatir! Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar liburanmu tetap aman dan menyenangkan.

1. Pilih lokasi tujuan dengan bijaksana

Credit: clicky.co.uk

Liburan ke tempat- tempat wisata lokal merupakan salah satu pilihan yang tepat jika kamu lebih ingin bersantai selama liburan. Penerbangan yang cukup lama bisa terasa tidak nyaman bagi kamu yang sedang hamil, sebagai gantinya kamu bisa berlibur ke tempat wisata lain yang lebih dekat dan tidak membutuhkan waktu lama.

2. Rencanakan dengan matang

Credit: girltweetsworld.com

Pikirkan terlebih dahulu apa saja yang akan kamu butuhkan selama liburan. Buat daftar yang berisi apa saja yang akan kamu bawa, dan tentu saja yang terpenting adalah perlengkapan untuk ibu hamil.

Buat perjalananmu jadi santai, sehingga kamu memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Dan jika kamu menggunakan transportasi udara dan penerbanganmu ditunda, lebih baik gunakan waktu tersebut untuk beristirahat atau tidur siang.

3. Berkemas dengan bijaksana

Credit: parents.com

Tetap nyaman adalah hal yang paling penting terutama jika kamu akan berlibur saat sedang hamil. Misalnya, dengan menggunakan baju atau sepatu yang tepat. Jika kamu suka berjalan kaki, bawalah sepatu yang nyaman digunakan.

Berikut ini daftar barang bawaan penting yang bisa kamu jadikan referensi:

  • Camilan sehat dan mengenyangkan (misal, buah-buahan kering, energy bar, biskuit gandum)
  • Air putih — penting untuk tetap menjaga cairan dalam tubuh selama liburan
  • Tissue basah dan hand sanitizer
  • Diary kehamilan Anda
  • Kartu identitas diri (KTP/SIM/passport)
  • Surat dokter — penting jika Anda liburan di usia kehamilan lebih dari 28 minggu, biasanya berisi penjelasan ekspektasi waktu kelahiran Anda dan konfirmasi bahwa Anda sehat dan layak terbang. Kebanyakan perusahaan penerbangan umumnya menyediakan form online yang harus ditanda tangani oleh dokter Anda
  • Obat-obatan resep dokter
  • Asuransi perjalanan
  • Detail nomor telepon keluarga yang bisa dihubungi

4. Nikmati perjalananmu

Credit: sg.theasianparent.com

Jika kamu berlibur saat sedang hamil, lakukan peregangan setiap satu jam yang dapat menghindarkan kamu dari pembengkakan, perut terasa panas, dan kram kaki. Jika memungkinkan, coba berdiri dan berjalan- jalan sesekali.

Atau kamu bisa mengenakan ‘stocking kompresi’ yang dapat menjaga sirkulasi darah tetap lancar. Dan jika punggungmu terasa nyeri, coba letakkan bantal kecil atau sweater yang digulung di punggung bagian bawah sebelum kamu duduk.

5. Sering beristirahat

Credit: travelinsurance.ca

Karena hamil terkadang membuat kamu jadi lebih mudah lelah, saat berlibur sebaiknya kamu sering- sering beristirahat.

Banyak istirahat bukan berarti kamu akan kehilangan momen. Faktanya, jika kamu banyak beristirahat, kamu akan memiliki banyak tenaga untuk mengunjungi banyak tempat. Dan sering beristirahat juga dapat membantu mengurangi pembengkakan di kakimu.

 

Nah, itu dia beberapa tips travelling ketika kamu sedang hamil. Cobalah untuk nikmati liburanmu, dan jangan pernah takut untuk menerima bantuan dari orang lain.

Dan agar daya tahan tubuhmu selalu terjaga selama liburan, konsumsi vitamin C dari Enervon yang aman karena mengandung vitamin dasar yang diperlukan tubuh. Untuk ibu hamil dan menyusui, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi vitamin apapun. Selamat mencoba!

 

 

 

Featured Image - aaptiv.com