Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C secara alami sehingga harus diasup dari makanan atau suplemen tambahan. Vitamin C sendiri berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, dan penting untuk melindungi tubuhmu dari berbagai macam penyakit.

Walaupun vitamin C bisa didapat dari makanan atau suplemen, tetapi belum tentu tubuhmu dapat menyerapnya dengan baik. Untuk menghindari terbuangnya vitamin C secara percuma, berikut ini ada beberapa cara untuk memaksimalkan penyerapan vitamin C dalam tubuh. Yuk simak ulasannya.

1. Hindari memasak makanan terlalu lama

Credit: cheatsheet.com

Vitamin C merupakan salah satu jenis nutrisi yang mudah larut dalam air. Vitamin ini dapat dengan mudah terurai jika terpapar dengan panas dan air. Jadi, agar kandungan vitamin C tetap utuh, hindari memasak, memanggang, atau merebus makanan yang mengandung vitamin C terlalu lama. Dan bila kamu memasak sayuran hijau, sebisa mungkin pertahankan warna sayuran tetap hijau terang.

Kamu bisa memasak sayuran dalam bentuk sup atau ditumis tetapi dengan tekstur sayur yang tetap renyah. Sementara, untuk buah- buahan sebaiknya dimakan bersama kulitnya. Semakin baik kualitas nutrisi makanan, maka semakin besar kesempatan tubuhmu untuk memperoleh manfaatnya.

2. Batasi asupan kafein

Credit: suncoastcasino.com

Kafein bersifat diuretic, yaitu membuat tubuh memproduksi lebih banyak urine. Saat kafein berada dalam tubuh, vitamin C akan jadi mudah larut dan bisa terbuang bersama urine. Selain itu, kafein juga memperngaruhi fungsi sel lambung dan usus, sehingga vitamin C yang diolah oleh pencernaan menjadi lebih sulit untuk masuk ke dalam aliran darah.

Sebaiknya, kurangi asupan kafeinmu agar tubuh dapat menyerap nutrisi dari vitamin C dengan baik. Dengan begitu, tubuhmu akan tetap segar.

3. Mengelola stres

Credit: kathleenpratt.ca

Stres bisa memberikan efek buruk pada pencernaanmu. Kortisol, hormon yang muncul saat stres meningkat, dapat memperlambat kinerja sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan makanan yang kamu konsumsi tidak dicerna dengan baik, sehingga proses penyerapannya pun dapat terganggu.

Untuk mengelola stress, tariklah napas dalam- dalam melalui hidung dan tahan selama beberapa detik. Kemudian, hembuskan napas lewat mulut dengan perlahan. Teknik ini bisa memberikan efek relaksasi bagi pikiranmu dan membuat sistem pencernaan kembali bekerja dengan baik.

4. Mengurangi makanan tinggi gula

Credit: eatthis.com

Vitamin C yang kamu konsumsi akan diproses melewati dinding usus dan proses penyerapannya akan dilakukan di usus kecil. Vitamin C akan diangkut bersama glukosa. Ketika kamu mengonsumsi makanan yang tinggi gula, maka jumlah vitamin C yang diserap tubuh akan jadi lebih sedikit.

Untuk menghindari gangguan penyerapan vitamin C, sebaiknya kurangi jumlah porsi makanan tinggi gula atau berikan jarak makan keduanya.

 

Jumlah vitamin C yang diserap dalam tubuh juga tergantung pada seberapa tinggi dosis vitamin C yang kamu konsumsi. Jadi, penting untuk mengatur asupan vitamin C yang kamu konsumsi setiap hari. jika kamu masih kesulitan untuk mengatur asupan vitamin C, sebaiknya konsultasikan kepada dokter atau ahli gizi.

Dan pilihlah suplemen vitamin C yang tepat dan aman untuk tubuh, seperti vitamin C dari Enervon-C yang juga mengandung vitamin B kompleks, untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu biar ngga gampang sakit.

Atau Enervon Active, dengan kandungan vitamin C dan zinc-nya yang aman di lambung dan dapat membuatmu tetap aktif dan bugar sepanjang hari.

 

Featured Image - nutritionadvance.com