Memiliki anak cerdas adalah impian semua orangtua. Mungkin sempat terpikir, apakah si kecil memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibanding bayi lain seusianya.

Nah, ada beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan, yang bisa menjadi tanda bahwa si kecil adalah bayi yang pintar. Berikut ini ulasannya.

1. Mencapai tahapan tumbuh kembang lebih awal

Credit: pondokibu.com

Ini mungkin merupakan salah satu tanda yang benar- benar telrihat. Jika kamu merasa si kecil mencapai tahapan tumbuh kembangnya lebih cepat dari yang seharusnya, ia mungkin termasuk bayi yang pintar.

Apakah si kecil belajar cara duduk lebih awal dari usia empat bulan? Atau apakah dia bisa melambaikan tangan sebelum berusia tujuh bulan? Jika si kecil secara konsisten mencapai pencapaian penting sebelum jadwal pada umumnya, ini bisa berarti ia anak yang pintar.

2. Emosi yang intens

Credit: lifestyle.okezone.com

Selain berkaitan dengan kecerdasan, bakat juga mengacu pada emosi. Anak berbakat mungkin memiliki pemikiran yang lebih matang dan kompleks, sehingga mereka bisa memiliki emosi yang lebih intens.

Mulai dari emosi positif maupun negative dapat dirasakan dengan kuat oleh anak yang berbakat. Dan hal ini mungkin muncul sebagai tanda- tanda fisik, seperti mengeluh sakit perut atau sakit kepala.

3. Fokus

Credit: hellosehat.com

Setiap bayi pasti memiliki rasa ingin tahu, suka memeriksa semua hal atau barang, tetapi rentang perhatiannya sangat pendek. Saat anak berusia satu tahun, ia mungkin bisa duduk selama lima belas menit, tetapi masih akan mudah terganggu dan bisa berpindah ke hal lainnya dalam waktu yang sangat singkat. Hal ini cukup normal terjadi.

Bayi yang sudah lanjut akan duduk dan fokus pada satu hal untuk jangka waktu yang lebih lama. Beberapa bayi mungkin bisa duduk diam dan bisa fokus pada satu buku, atau bahkan berpartisipasi dalam menunjukkan gambar atau membalik halaman saat usia enam bulan.

Selain itu, bayi pintar juga akan memperhatikan dan mengenali lagu pada usia lebih dini. Atau si kecil dapat mengetahui cara mencocokkan bentuk pada usia 10 atau 11 bulan.

4. Masalah tidur

Credit: sleepbaby.org

Bayi yang pintar juga dapat memiliki tingkat energi yang lebih tinggi. Mereka biasanya memiliki tingkat energi yang jauh lebih tinggi daripada anak- anak lain di usianya. Si kecil mungkin bisa membutuhkan waktu lebih sedikit untuk tidur atau bahkan tidak tidur semalaman tetapi tidak rewel karena lelah.

5. Perhatian

Credit: verywellfamily.com

Hampir semua bayi menghabiskan bulan- bulan awal mereka untuk menyerap apa yang terjadi di lingkungan mereka. Bayi yang pintar akan memberi perhatian khusus pada orang- orang di sekitarnya. Bahkan, mungkin mereka menoleh untuk melihat seseorang ketika sedang berbicara.

Si kecil yang berbakat akan melihat seseorang tepat di mata seolah- olah mereka mendengarkan dan memahami apa yang dikatakan. Ia dapat dengan cepat belajar dan mengenali wajah serta suara pada orang yang berbeda.

 

 

 

Featured Image - ibtimes.co.uk