Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan- perubahan terhadap cara kerja selalu diperbaharui untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Tetapi, hal ini sangat berkaitan dengan banyaknya konflik yang terjadi antar karyawan atau manajemen.

Salah satu cara untuk menghindari konflik tersebut adalah dengan membentuk teamwork yang baik. Lalu, bagaimana cara membangun teamwork yang efektif? Berikut ini ulasannya.

1. Tetapkan tujuan tim

Credit: startups.com

Menetapkan tujuan dari dibentuknya sebuah teamwork akan membantu tim kamu selalu berada di jalur yang tepat. Komunikasikan tujuan apa yang ingin dicapai bersama.

Teamwork yang efektif adalah tim yang masing- masing anggotanya memiliki visi dan misi yang sama, sehingga dapat bersinergi dalam mencapai tujuan awalnya.

2. Kepemimpinan

Credit: randomactsofleadership.com

Pemimpin disini bertugas untuk memastikan para anggota tim berkontribusi dengan menerapkan keterampilan yang mereka miliki, sesuai dengan beban kerja masing- masing.

Selain itu, pemimpin harus bisa membantuk kepercayaan pada anggota tim dan menularkan suasana positif yang dimilikinya melalui kejujuran. Sehingga, teamwork pun dapat berjalan dengan efektif.

3. Rancangan pekerjaan

Credit: medium.com

Buatlah rancangan pekerjaan apa saja yang harus dilakukan oleh setiap anggota tim dalam mencapai tujuan bersama. Rancangan pekerjaan dapat berupa rincian tugas dan pembagiannya, memberikan skala prioritas, dan juga timeline kerja.

4. Komitmen

Credit: proffittmanagement.com/

Komitmen merupakan salah satu kunci untuk menciptakan suatu teamwork  yang baik dan efektif. Kamu bisa menghadirkan komitmen tersebut dengan cara keterlibatan dalam bekerja, keuntungan- keuntungan apa saja yang didapatkan anggota tim jika mampu mencapai tujuan, dan membentuk hubungan yang bai kantar anggota.

Pastikan kamu bisa mengkomunikasikan ekspektasimu kepada tim dan mereka sependapat denganmu.

5. Fasilitas yang memadai

Credit: officespacesoftware.com

Membangun sebuah tim berarti kamu menyetujui bahwa setiap usaha yang dilakukan tim akan didukung oleh manajemen. Manajemen harus memastikan bahwa kebutuhan atau fasilitas seperti alat, perlengkapan, atau dana bisa terpenuhi dengan baik.

Bila kebutuhan atau fasilitas- fasilitas tersebut terkendala dan tidak bisa dipenuhi, maka hal ini dapat menghambat kerja tim.

 

Nah, itulah beberapa tips untuk membangun teamwork yang baik dan efektif. Cobalah untuk menerapkan tips- tips tersebut dalam tim kerjamu, agar teamwork mu berhasil dan sukses. Selamat mencoba!

 

 

 

Featured Image - edsnidercenter.org