Bulan puasa memang merupakan momen dimana kamu bisa mengintropeksi diri serta menahan nafsu. Kurang lebih 12 jam dari satu hari kamu akan menahan rasa lapar dan haus. Tentunya perubahan struktur di tubuh kamu akan terjadi di bulan nan suci ini. Namun tenang saja, asalkan kamu selalu mengonsumsi makanan yang sehat ketika sahur, tentunya 12 jam tersebut tidak akan terasa begitu berat.

Sahur sendiri memang merupakan bagian vital dari ibadah puasa, oleh sebab itu, kamu jangan sampai terlewatkan yaa. Yang terpenting ialah jangan hanya masukkan asupan yang tidak berbobot, karena tenaga yang kamu dapatkan juga tidak akan terlalu banyak.

Ingin dong kalau puasanya selalu lancar dan tidak kehabisan tenaga di tengah hari? Nah, daripada kamu semakin penasaran bagaimana caranya, langsung saja simak beberapa informasi di bawah ini yang akan membahas menu sahur yang sehat serta baik untuk tubuh kamu. Semoga bisa bermanfaat dan berguna yaa!

Mencukupi Asupan Protein

3 Pilihan Menu Sehat Ketika Waktu Sahur Tiba! Credit: arumsilviani.com

Bangun di pagi buta tentunya menjadi kebiasaan ketika bulan puasa tiba, oleh sebab itu perlulah kamu untuk memberikan asupan terbaik untuk tubuh kamu. Mulailah dari selalu memenuhi asupan protein. Karena memang proterin dibutuhkan untuk cadangan energy selama berpuasa.

Protein mampu memberikan energi secara konstan dan ikan merupakan sumber protein tinggi yang bisa menjadi pilihan lauk untuk sahur. Kalau kamu tidak suka ikan, kamu bisa memilih daging ayam, daging sapi, telur dan kacang-kacangan.

Asupan Karbohidrat Kompleks

3 Pilihan Menu Sehat Ketika Waktu Sahur Tiba! Credit: cookinglight.com

Selain dari protein, ketika waktu sahur tiba, kamu juga jangan lupa untuk menonsumsi karbohidrat sebagai sumber energi selama bulan puasa. Tidak harus selalu nasi putih kok sebagai sumber karbohidrat, karena menu sehat tanpa nasi juga bisa menjadi solusinya.

Perlu untuk diketahui pula kalau karbohidrat kompleks mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga membuat perut kamu tidak mudah lapar. Untuk pengganti nasi putih, kamu bisa menggunakan nasi merah, roti gandum, oatmeal ataupun sereal.

Dengan pilihan-pilihan menu karbohidrat kompleks tersebut, kamu bisa memulainya ketika sahur nanti. Kalau memang kamu sedang diet, oatmel pun bisa menjadi pilihan yang tepat. Yang terpenting ialah jangan lupa untuk memberikan asupan karbohidrat ketika saat sahur yaa.

Hindari Makanan Pedas, Bersantan serta Gorengan

3 Pilihan Menu Sehat Ketika Waktu Sahur Tiba! Credit: penntoday.upenn.edu

Ketika sahur tiba, kamu juga patut untuk memilih makanan yang akan kamu konsumsi, sebab tidak semua makanan yang nikmat itu baik untuk tubuh loh. Hal pertama yang patut untuk lo lakukan ialah menhindari makanan yang bersantan.

Makanan yang memiliki kandungan santan di dalamnya akan sulit untuk dicerna oleh tubuh dan akan membuat asam lambung kamu naik, sama halnya dengan makanan yang pedas. Tentunya kamu tidak mau kan di tengah hari tiba-tiba maag kamu sakit.

Gorengan memang menjadi menu favorit baik pada saat buka maupun sahur, namun ini merupakan hal yang tidak baik untuk kamu lakukan yaa. Karena gorengan sendiri bisa membuat tenggorakan kamu radang loh. Karena ketika puasa cairan dalam tubuh kurang dan dapat membuat tenggorakan terasa kering.

Selain itu minyak gorengnya pun mengandung lemak trans yang dapat membahayakan kesehatan dan memicu kanker. Lapisan mukosa tenggorokan pun bisa teriritas karena terlalu banyak mengonsumsi gorengan loh bro.

**

Jadi bagaimana dengan informasi seputar pilihan menu sehat ketika waktu sahur di atas? Utamakan selalu pola hidup sehat dan selalu semangat yaa menjalankan ibadah puasanya, semoga bisa selalu full dan tiba pada hari raya dengan semangat yang positif! Have a nice day!

Source: health.detik.com

 

 

 

Featured Image: goodminds.id/