Seperti kebanyakan vitamin lain, tubuhmu tidak memproduksi vitamin C secara alami, tetapi kebanyakan vitamin ini diperoleh dari makanan atau suplemen.

Vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi yang berperan penting dalam fungsi tubuhmu. zat besi membantu membuat haemoglobin, bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen. Dan vitamin C juga membantu dalam produksi sel darah merah. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan anemia.

Credit: alodokter.com

Kekurangan vitamin C bisa terjadi ketika kamu tidak mendapatkan cukup vitamin C dari makanan yang kamu konsumsi. Kekurangan vitamin C juga mungkin terjadi jika sesuatu menganggu kemampuan tubuhmu untuk menyerap vitamin C dari makanan. Misalnya, merokok mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin C.

Asam folic dan anemia defisiensi vitamin C diperlakukan dengan menambahkan supplemen diet dan meningkatkan nutrisi dalam dietmu.

Penyebab anemia defisiensi vitamin C

Credit: thehealthsite.com

Ketika tubuh tidak memiliki cukup vitamin C, kamu akan kekurangan vitamin C dan berisiko mengalami anemia defisiensi vitamin C. Hal ini disebabkan karena kekurangan gizi, hipertiroidisme, kanker, atau ketidakmampuan untuk menyerap zat besi. Selain itu, merokok juga bisa menguras cadangan vitamin C sebesar 30 persen.

Makan makanan yang tinggi vitamin C bersamaan dengan makanan yang kaya akan zat besi menciptakan lingkungan yang lebih asam dalam perut, dan bisa membantu menyerap zat besi. Orang dewasa biasanya menyerap antara 10 sampai 15 persen dari zat besi yang mereka konsumsi.

Selain itu, orang dewasa akan menyerap zat besi heme yang bisa diperoleh dari daging, zat besi non-heme yang lebih baik berasal dari tanaman dan penyerapannya tidak tergantung pada makanan lain. Penyerapan zat besi non- heme dipengaruhi oleh asupan makanan lain seperti vitamin C.

Orang- orang yang mendapatkan sebagian besar protein mereka dari sumber tanaman dan yang mengalami kekurangan vitamin C, memiliki risiko lebih tinggi terkena anemia. Sampai dengan 40 persen dari vegan cenderung mengalami kekurangan zat besi.

Jika kamu memiliki anemia defisiensi vitamin C, kamu mungkin mengalami pucat, lemah, denyut jantung yang cepat selama melakukan aktivitas fisik, merasa dingin, penurunan berat badan, diare, mudah marah, dan mati rasa atau kesemutan di tangan dan kaki.

Vitamin C dan pengobatan anemia

Credit: hellosehat.com

Jika kamu mengalami anemia defisiensi vitamin C, kamu bisa mengonsumsi vitamin C bersamaan dengan suplemen zat besi untuk memperbaiki kondisi tubuhmu. Sebaiknya, konsumsi zat besi dalam keadaan perut kosong, sehingga zat besi dapat menyerap dengan baik.  Dan konsumsi makanan tinggi vitamin C bersamaan dengan makanan tinggi zat besi untuk meningkatkan penyerapan.

Kamu bisa mengonsumsi vitamin C dari Enervon-C yang juga mengandung vitamin B kompleks untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu biar nggak gampang sakit. 

Atau Enervon Active yang mengandung vitamin C dan Zinc, untuk membuatmu tetap aktif dan tidak mudah lelah.

 

 

Featured Image - brilio.net