Anemia merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi. Anemia disebabkan karena kekurangan zat besi sehingga tubuh tidak dapat memproduksi Hemoglobin dan protein yang merupakan komponen penting dari pembentukan sel darah merah yang sehat.

Anemia bisa membuat kamu lemas, pucat, pusing, sakit kepala, hingga sesak napas. Salah satu cara mengatasi anemia adalah dengan minum suplemen vitamin C dan dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin C.

Vitamin C membantu penyerapan dan penyimpanan zat besi di hati, sehingga konsumsi suplemen vitamin C dapat menaikkan kadar hemoglobin karena zat besi tersebut akan diubah menjadi sel darah. Oleh karena itu, sebaiknya selalu cukupi kebutuhan vitamin C tubuh setiap hari, terutama bagi kamu yang memiliki anemia. Kebutuhan vitamin C untuk pria adalah sekitar 90 mg per hari, sementara wanita perlu 75 mg vitamin C setiap hari.

Makanan apa saja yang kaya akan vitamin C?

Credit: Jawapos

Berikut terdapat daftar beberapa makanan yang kaya akan vitamin C. Kamu dapat mencoba mengonsumsi makanan-makanan tersebut dengan pengolahan yang tepat.

  1. Jambu
  2. Paprika
  3. Pepaya
  4. Kiwi
  5. Jeruk
  6. Leci
  7. Brokoli
  8. Stroberi
  9. Toge
  10. Kol
  11. Bayam

Namun, kamu perlu berhati- hati dalam mengolah makanan yang mengandung vitamin C. Cara mengolah makanan yang salah dapat menurunkan kadar vitamin C sebanyak 50%-80%.

Hindari memasak buah dan sayur yang tinggi vitamin C dalam api yang panas, pastikan suhunya tidak terlalu panas (low heat) dan tambahkan sedikit air untuk mengurangi jumlah vitamin C yang terbuang.

Apakah ada cara lain dalam mengatasi anemia?

Credit: Hipwee

Cara lain dalam mengatasi anemina, yaitu mengubah kebiasaan pola makan dengan menambahkan konsumsi pangan yang memudahkan penyerapan besi. Hindari konsumsi makanan yang dapat menghambat penyerapan zat besi, seperti fitat, fosfat dan tanin (misalnya anggur, beri dan cokelat).

Selain itu, konsumsi buah atau sayuran yang mengandung vitamin C, dan minum multivitamin dari Enervon. Seperti Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B Kompleks, yang menjaga tubuhmu agar tidak mudah sakit. 

Atau Enervon Active, dengan kandungan vitamin C dan zinc-nya yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar selalu aktif dan tetap bugar sepanjang hari.

 

Featured Image - Honest Docs