Dalam sebuah teamwork, setiap anggota harus bekerja sama secara konsisten untuk menuju tujuan bersama. Namun sayangnya, tidak semua teamwork berfungsi sebagai sebuah kesatuan. Kadang- kadang, anggota tim yang kurang baik sering menyebabkan perselisihan.

Sebagai pemimpin atau bagian dari tim, mengetahui ciri- ciri anggota teamwork yang bisa menyebabkan masalah kedepannya dan dapat membantu mengatasi sebelum masalah itu terjadi. Berikut ini beberapa karakteristik anggota teamwork yang buruk. Coba perhatikan!

1. Tidak memiliki pertimbangan

Credit: rimma.co

Anggota teamwork teamwork yang tidak memiliki pertimbangan akan mana hal- hal penting yang harus dikerjakan dan mana yang tidak, bisa menyebabkan kinerja tim jadi bermasalah. Misalnya, anggota tim yang selalu melest dalam deadline ketika mengerjakan tugas, atau membiarkan rekan satu tim untuk berjuang sendiri.

Atau hal yang paling sederhana seperti tidak menjawab email atau menerima panggilan telepon, juga merupakan karakteristik anggota teamwork  yang buruk.

2. Kasar dalam teamwork

Credit: hrexecutive.com

Anggota tim yang buruk selalu menggunakan bahasa yang menyinggung dala berkomunikasi dengan tim mereka. Selain itu, mereka juga sering mencari kesalahan dan tidak sopan ketika menolak ide atau pendapat orang lain. Kurangnya apresiasi terhadap anggota tim lainnya juga menjadi salah satu faktor adanya perilaku kasar dari anggota tim.

3. Apatis

Credit: alowishus.com.au

Anggota teamwork yang buruk juga menampilkan sifat apatis dengan tidak mengambil peran aktif dalam diskusi tim. Sebagia bagian dari teamwork, setiap anggota harus berusaha untuk berkontribusi.

Anggota tim yang buruk menunjukkan ketidaktertarikan dalam kegiatan tim dan bergantung pada orang lain untuk membuat keputusan dan melaksanakan pekerjaan. Selain itu, anggota teamwork seperti ini juga tidak bisa mendengarkan informasi yang diberikan. Hal ini menunjukkan kurangnya minat dan fokus mereka terhadap suatu kegiatan tim.

4. Dominasi

Credit: dailymail.co.uk

Anggota tim yang buruk cenderung mendominiasi kegiatan tim, mencari kontrol atas setiap aspel. Biasanya, mereka akan melakukan banyak tugas yang bisa mereka lalukan, tetapi tanpa menghiraukan masukan atau dukungan dari rekan satu tim mereka.

5. Tidak bertanggung jawab

Credit: cnbc.com

Anggota teamwork yang buruk juga tidak bertanggung jawab atas perbuatan mereka. Sebaliknya, mereka akan mencari orang lain untuk disalahkan. Misalnya, ketika seorang anggota tim tidak memahami perannya, ia seharusnya mengajukan pertanyaan. Jika tidak, maka ia berisiko akan gagal.

Seorang anggota tim yang buruk tidak akan mengajukan pertanyaan, dan kemudian ketika ia gagal, ia akan menyalahkan kegagalannya pada rekan tim atau atasan. Atau ketika sebuah kesalahan terjadi karena keputusan yang kurang tepat, maka anggota tim yang buruk akan menyangkal dan tidak mau ikut bertanggung jawab.

 

Itulah beberapa ciri dari anggota suatu teamwork yang buruk. Apakah kamu menemukan salah satu ciri- ciri tersebut pada rekan kerjamu? Kalau iya, coba diperbaiki ya agar pekerjaanmu kedepannya semakin baik.

 

 

 

Featured Image - businessinsider.com