Percaya atau tidak, rasa sakit yang sering kita rasakan seringkali berasal dari pikiran yang tidak tercerna dengan baik. Atau istilah sehari- harinya, kebanyakan pikiran. Satu gangguan yang sering dialami oleh orang yang banyak pikiran adalah sakit kepala berlebihan.

Sakit kepala sendiri banyak macamnya. Ada yang terasa di bagian depan. Ini yang paling berhubungan dengan istilah banyak pikiran, karena bagian depan otak itu memang berkaitan dengan logika kita.

Ada juga yang menderita migrain atau sakit kepala sebelah. Nah, yang satu ini biasanya berkaitan dengan rasa khawatir. Sementara itu, gangguan vertigo lebih banyak berkaitan dengan keseimbangan kita.

Credit: alodokter.com

Untuk mengatasi sakit kepala yang berlebihan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Minum air. Sakit kepala seringkali disebabkan karena kita kekurangan cairan atau dehidrasi. Usahakan cukupi asupan cairan dalam tubuh, sehingga kita jadi lebih sehat dan terbebas dari sakit kepala.
  2. Dapatkan asupan antioksidan. Vitamin C yang kaya akan antioksidan dapat membantu meredakan sakit kepala yang berlebihan. Terutama kalau kita sering beraktivitas di luar ruangan, sehingga mudah terpapar polusi udara yang mengandung radikal bebas.
  3. Ubah pola makan. Perhatikan menu makanan. Apakah sudah sehat? untuk mengatasi sakit kepala, konsumsi sayuran hijau dan pisang yang kaya akan magnesium.
  4. Lakukan detoks atau berpuasa. Baik detoks atau berpuasa dapat membantu mengeluarkan racun- racun di dalam tubuh kita.

Selain dari segi fisik, kita juga bisa mengatasi sakit kepala melalui aspek psikis. Caranya dengan melepaskan hal- hal yang membebani pikiran kita. Buanglah “racun- racun” dalam pikiran. Benahi jiwa yang resah, lelah, dan pikiran yang kerap dipenuhi dengan hal- hal negative.

Berusaha untuk selalu positif dan ambil alih kendali hidup kita, sehingga kondisi emosi pun akan ikut terkendali. Dan segala sesuatu yang kita lakukan akan terasa lebih ringan.

Melakukan meditasi juga bisa membantu kita terlepas dari rasa cemas berlebihan, yang nantinya akan memicu sakit kepala berlebihan.

Dan yang tidak kalah penting, pastikan kita beristirahat cukup di malam hari, karena saat itulah tubuh mengisi kembali energi yang hilang dan memperbaiki sel- sel yang rusak. Saat tubuh bisa melakukan hal ini, keesokan paginya kita akan bangun dengan suasana hati yang cerah, badan menjadi segar, dan kepala pun terasa ringan tanpa gangguan sakit kepala.

 

 

 

Featured Image - doktersehat.com