Agar dapat lancar beraktivitas selama berpuasa, kamu perlu memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi di Bulan Ramadan. Santaplah makanan yang bernutrisi serta kaya akan serat agar perut terasa kenyang lebih lama. Apa saja makanan pemicu lapar yang perlu dihindari selama berpuasa? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya!

1. Makanan Bercita Rasa Manis

Kita memang dianjurkan menyantap makanan manis saat berbuka puasa. Akan tetapi, makanan dan minuman manis baiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan kala waktu sahur tiba. Hal tersebut tidak lain karena hidangan manis dapat menaikkan kadar gula darah.

Organ pankreas kabarnya akan melepas hormon insulin bila gula darah dalam tubuh telah meningkat. Ketika hormon insulin terlepas, glukosa akan mengalami penurunan hingga ke bawah batas normal. Hal ini akan berdampak pada munculnya rasa lemas, kantuk, serta capek. Oleh sebab itu, kurangi konsumsi makanan manis ketika sahur ya!

2. Hidangan yang Mengandung Kafein

Ketika sahur, kamu sebaiknya menjauhi makanan yang mengandung kafein seperti cokelat. Hindari juga minuman berkafein di sepanjang waktu sahur, misalnya seperti teh dan kopi. Sifat diuretik dalam kafein diketahui dapat menghilangkan cairan dalam tubuh selama berpuasa.

Makanan dan minuman berkafein juga sebaiknya diminimalisir ketika waktu berbuka tiba. Untuk menjaga pola hidup sehat, kamu disarankan menggantinya dengan asupan air putih sebanyak 8 gelas per hari. Dengan begitu, kondisi tubuh  dapat terjaga baik selama berpuasa.

3. Makanan Berlemak

Ada banyak contoh makanan berlemak yang menggoda selera di bulan Ramadan, misalnya seperti kulit ayam atau kentang goreng. Makanan-makanan ini baiknya tidak kamu konsumsi kala sahur lantaran mengandung lemak jenuh. Kamu bisa saja mengalami masalah lambung usai menyantap makanan berlemak, contohnya seperti rasa begah.

4. Makanan Bercita Rasa Pedas

Banyak orang menghidangkan makanan pedas saat waktu sahur tiba. Hal ini baiknya tidak kamu jadikan kebiasaan karena makanan pedas dapat meningkatkan asam lambung. Akibatnya, perut pun jadi terasa tak nyaman selama berpuasa.

Selain itu, ada alasan lain mengapa makanan pedas perlu dijauhi saat sahur. Usai menjajal makanan pedas, kamu bisa mengalami sakit perut, mulas, serta diare. Penyakit diare diketahui dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Hal ini tentu akan menganggu waktu berpuasa kamu.

5. Makanan yang Kaya Akan Garam

Kamu juga tidak direkomendasikan menyantap makanan dengan kandungan garam tinggi saat sahur. Pasalnya, makanan dengan kandungan garam tinggi dapat memperbesar risiko dehidrasi. Hal ini dipicu oleh terganggunya kemampuan tubuh dalam menyerap cairan. Bukan hanya itu, makanan yang mengandung garam cukup tinggi juga bisa meningkatkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Demikian 5 jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama berpuasa. Mengurangi konsumsi makanan-makanan ini akan membuat kamu berada dalam kondisi sehat di bulan Ramadan. Tetap semangat berpuasa ya teman-teman!

Source: detik.com

Feature Image - fona.com