Sebagai orangtua yang mengasuh anak di zaman serba mudah seperti sekarang ini memang menyenangkan. Jika kamu ingin mengetahui tentang sesuatu hal, tinggal klik, maka semua informasi bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Namun sayangnya, semua kemudahan ini sering menjadi boomerang bagi orangtua pada generasi milenial. Kemudahan ini sering membuat orangtua jadi tidak berpikir dua kali sebelum melakukan tindakan.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orangtua di era milenial ini. Jika tidak diperhatikan, kesalahan ini dapat berakibat buruk pada perkembangan si kecil, lho. Tentu sebagai orangtua, kamu tidak ingin gagal dalam mengasuh anak kan

Berikut ini beberapa kesalahan dalam mengasuh anak yang sering terjadi pada generasi milenial. Coba dihindari ya!

1. Terlalu sok tahu

Credit: pbs.org

Merasa semua kabar bisa didapat dengan mudah bukan berarti setiap informasi disebar tanpa di cek terlebih dahulu, lho. Atau merasa informasi sudah mudah didapat, jadi tidak memerlukan bantuan orang lain. Hal ini sudah jelas salah.

Meskipun informasi bisa diperoleh dengan mudah dan jelas, menanyakan atau mengecek kembali pada yang ahli dapat membantumu mendapatkan jawaban terbaik. Jadi, tidak ada salahnya mendiskusikan masalah pengasuhan anak dengan yang lebih ahli. Justru dengan begini, kamu dapat mengasuh anak dengan lebih baik lagi.

2. Mencoba untuk tampil sempurna

Credit: forbes.com

Segala sesuatunya harus jelas. Jangan menuntut diri sendiri untuk menjadi sempurna, termasuk dalam mengasuh anak. Setiap orang pasti memiliki kelemahan dan kelebihannya masing- masing, jadi tidak ada salahnya untuk terus belajar.

Jadilah orangtua yang baik, tanpa harus memaksakan diri untuk menjadi orangtua yang sempurna. Kalau kamu terus memaksakan hal ini, nanti malah jadi stress sendiri dan mengasuh anak jadi tidak maksimal, lho!

3. Kurang siap dengan segala kemungkinan terburuk

Credit: romper.com

Karena terlalu sok tahu, seringkali generasi milenial yang sudah menjadi orangtua kurang siap dengan kegagalan dan menghadapi kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Kehidupan menjadi orangtua tidaklah mudah.

Banyak yang tidak memahami hal ini, misalnya jika terjadi masalah serius setelah melahirkan, seperti postpantrum depression, baby blues, dan lain sebagainya. Dibutuhkan support system agar orangtua bisa tetap tenang dan semangat dalam menghadapi berbagai masalah. Dukungan bisa diperoleh dari keluarga atau kerabat dekat. Dukungan ini penting agar orangtua terhindar dari stress atau depresi.

 

 

Featured Image - headtopics.com