Adakah Pengganti Garam Yang Lebih Sehat?

Adakah Pengganti Garam Yang Lebih Sehat?

TAGS :
font size A Ǎ

Menghilangkan garam dalam menu makanan sepertinya mustahil untuk dilakukan. Apalagi, sebenarnya kandungan sodium dalam garam adalah mineral yang penting untuk tubuh.

Kita mungkin sering membaca berita tentang kebiasaan mengonsumsi garam berlebihan dan penyakit- penyakit yang akan timbul karena kebiasaan tersebut.

Idealnya, garam yang kita butuhkan dalam satu hari itu kurang dari 500mg. Jumlah ini sudah cukup untuk menormalkan kadar air, menjaga fungsi otot, dan menyeimbangkan kadar asam dalam darah. Sementara itu, kelebihan sodium dapat membuat cairan tubuh jadi tertahan, atau sering disebut ‘gemuk air’. Dan akibatnya, tekanan darah cenderung tinggi dan kaki menjadi mudah bengkak.

Contoh penyakit lainnya adalah gangguan penyempitan pembuluh darah. Gangguan ini berhubungan dengan gaya hidup yang serba praktis, yang membuat kita lebih sering mengonsumsi makanan kaleng atau snack kemasan tinggi sodium. Tidak hanya itu, makanan dari snack seperti ini, meskipun tidak terasa asinnya, tetapi dapat menyebabkan gangguan ginjal dan gangguan sindrom pra- haid (PMS).

Adakah Pengganti Garam Yang Lebih Sehat?

Credit: foodnavigator-asia.com

Lalu, kalau mau sehat kita harus bagaimana? Simple saja. Ganti garam yang biasa dikonsumsi. Garam yang sehat dan baik untuk dikonsumsi adalah yang masih mengandung magnesium, kalsium, zat besi, potasium, dan zink. Semua mineral ini dapat membantu keseimbangan pH dalam darah.

Sayangnya, garam meja yang selama ini kita gunakan sebenarnya sudah banyak diproses secara kimia. Pemanasan hingga suhu 1.200 derajat celcius menyebabkan mineral- mineral penting dalam garam jadi hilang. Selain itu, ada juga penambahan bahan lain seperti anti- caking dan flow agent dalam proses pembuatannya.

Begitu juga adanya kandungan soda dan lime, yang menghilangkan zat magnesium dalam garam. Padahal, magnesium berguna untuk menjaga metabolism tubuh tetap normal.

Jenis garam yang saya sarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah garam gunung atau rock salt. Jika masih ingin memilih garam laut, sebaiknya pilih garam yang diproduksi di lautan yang bebas polusi. Garam yang berkualitas tinggi bisa didapat di toko organik atau supermarket besar.

 

 

 

Featured Image - theconversation.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!